Jenis Makanan Untuk Burung Parkit

By On Monday, September 26th, 2016 Categories : Burung

Jenis Makanan Untuk Burung Parkit – Burung Parkit adalah jenis burung yang harganya terbilang murah serta suka dengan makanan yaitu berupa biji-bijian.

Burung ini termasuk kedalam jenis burung paruh bengkok.

Selain itu memiliki warna yang beragam, diantaranya ada warna kuning, hijau dan biru ke hijau-hijau an dengan banyaknya pilihan warna, maka banyak sekali yang membeli burung parkit untuk di jadikan hewan peliharaan khususnya hiasan, biasanya anak anak kecil juga menyukai burung parkit karena ukuran badan burung yang terbilang kecil serta lucu.

burung-parkit

Baca Juga : Cara Mudah Beternak Burung Merpati Potong Untuk Pemula

Untuk harga burung parkit anakan di jual kisaran Rp.20.000 kemudian burung parkit dewasa harganya berkisar hanya Rp 30.000 an saja harga yang sangat murah sekali melihat warna unik yang ada pada bulunya,

Macam-macam biji yang di sukai burung parkit adalah

  1. Milet
  2. Biji Padi
  3. Jagung muda

Namun untuk jenis pakan yang dapat menghasilkan parkit berkicau maka berikan pakan milet saja, sedangkan pola perawatan harian yang dilakukan hanya cukup menyediakan pakan seperti milet dan sediakan minuman saja. dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan sangkarnya juga, lalu bersihkan sangkar setiap 1 minggu sekali saja sudah cukup dan mandikan burung parkit 3 hari sekali  seminggu.

Dalam memilih pakan burung parkit seperti millet ataupun juga jewawut, maka kita dapat mencari yang terlihat cerah, segar dan padat. Karena bisa saja yang kamu beli adalah yang sudah lama dijual.

Cara mudah melihat apakah biji-bijian tersebut padat atau kosong yaitu dengan merendamnya di air. Jika terdapat biji-bijian ada yang mengapung maka langkah selanjutnya yaitu buang biji yang mengapung tersebut. Alasannya adalah karena biji itu kosong sehingga mengapung.

Berikanlah biji-bijian yang sudah direndam karena biji-bijian itu padat. Kemudian setelah melihat biji-bijian, apakah ada yang terendam atau tidak, jika ada maka kamu perlu menjemurnya di bawah sinar matahari hingga kering supaya tidak ada jamur.

Ada tips atau cara khusus disaat memilih pakan burung kesayangan kita tersebut:

1. Pilihlah makanan yang masih dalam keadaan segar atau yang masih fresh. ciri-cirinya adalah warna pakan seperti millet atau jewawut yang nampak cerah dan juga betul-betul berisi. Hindari makanan yang lama karena hal tersebut dapat mengurangi gizi dan mineral yang terdapat di dalam makanan tersebut.

2. Bila memilih pakan kiloan dari pedagang langsung maka ada baiknya pakan tersebut kita seleksi dengan cara direndam air sebentar hingga akhirnya biji-bijian yang kosong mengapung diatas sehingga bisa kita saring kemudian dibuang. Biji-bijian yang baik maka akan tenggelam. Setelah perendaman dilakukan segeralah kita saring dan jemur dengan panas matahari yang bertujuan agar pakan tersebut dalam keadaan kering dalam penyimpanan untuk terhindar dari bahaya penjamuran.

3. Cara lain yaitu setelah kita rendam/cuci biji-bijian yang tadi kita sangrai (digoreng tanpa minyak) sambil kita tambahkan sedikit garam mineral/dapur selain itu vitamin (supplemen tambahan). Hal demikianakan menambah nilai gizi pada makanan burung parkit tersebut.

4. Jika kita memilih pakan yang sudah jadi/ dengan bentuk kemasan, tinggal kita berikan saja secara langsung. Makanan tambahan berupa sayuran seperti tauge atau bisa juga jagung muda sangat disukai parkit. Makanan tersebut bisa kita berikan seminggu sekali untuk mengimbangi kecukupan gizi parkit.

5. Satu lagi yang tidak kalah pentingnya yaitu pemberian grid atau disebut juga batu mineral yang bisa diambil dari kulit sotong atau tumbuhan batu bata merah. Tujuan pemberian grid ini agar dapat memberi kebutuhan mineral untuk si parkit sekaligus bisa membantu proses pencernaannya. Dalam istilah perburungan yaitu dikenal dengan istilah ngasin/asinan.

6. Perlu diingat bahwa pakan yang berjamur sangat berbahaya untuk kesehatan burung parkit. Maka dari itu, perhatikan kondisi makanan burung parkit tersebut.

Baca Juga : Nama Jenis-Jenis Burung Pemakan Bangkai

Jenis Makanan Untuk Burung Parkit | ilmuhewan | 4.5