Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Jenis Makanan Jangkrik Untuk Pertumbuhan

By On Wednesday, October 18th, 2017 Categories : Jenis dan Macam, Pakan Hewan

Jenis Makanan Jangkrik Untuk Pertumbuhan – Memilih membudidayakan jangkrik untuk usaha memang sangat menguntungkan, apalagi sekarang permintaan jangkrik setiap harinya semakin meningkat.

Salah satu hal yang harus anda tahu adalah semakin cepat anda panen maka semakin menghemat waktu dan biaya untuk ternak.

Masa panen jangkrik tidak ditentukan oleh usia jangkrik melainkan dari seberapa cepat mereka tumbuh.

Pada umumnya jangkrik dapat dipanen ketika mereka sudah berusia 28 – 30 hari, tapi dengan memberikan makanan yang berkualitas proses panen bisa lebih cepat 3 – 6 hari yaitu ketika para jangkrik berusia 22 – 25 hari.

Baca Juga : Ciri-ciri Indukan Jangkrik Yang Unggul dan Berkualitas Baik

Dengan begitu penghematan waktu dan pakan bisa diperoleh.

Di sisi lain, jangkrik yang cepat panen memiliki berat badan yang maksimal, namun ketika mereka tumbuh lambat pakan yang ada pada tubuhnya akan terbuang bersama kotoran, mengingat mereka selalu membuang kotoran ketika mereka habis makan.

Guna mempercepat pertumbuhan jangkrik dengan hasil yang maksimal, maka anda dapat memberinya makan berupa :

Jenis pakan alami

Disebut pakan alami karena asalnya yang dari alam, seperti tumbuhan. Biasanya juga si jangkrik yang hidup di alam liar juga memakan tumbuh – tumbuhan, jadi jangan khawatir si jangkrik – jangkrik anda akan menolak pakan alami ini.

Anda dapat memberinya sayuran yang mengandung air  cukup banyak saat usia jangkrik sekitar 0 – 15 hari.

Lebih dari 15 hari anda dapat memberinya makanan berupa sayuran yang mengandung serat dan cukup air, pemberian pakan ini dapat berlangsung hingga masa panen.

Jika anda menginginkan panen dalam waktu cepat, anda dapat memberinya pakan berupa pepaya muda, namun perlu di iris tipis karena disesuaikan dengan kemampuan jangkrik dalam mencerna. dan juga dapat memberinya pakan berupa daun ubi, daun pepaya maupun daun ketela pohon yang masih segar.

Pemberian pakan sayuran ini juga memiliki fungsi sebagai pengganti minum, jadi pilihlah sayuran yang masih fresh bukan sisa – sisa sayuran.

Karena sayuran yang tidak termakan akan mengalami pembusukan, maka pastikan anda selalu membersihkan sisa – sisa sayuran dan menggantinya dengan sayuran baru.

Jenis pakan buatan

Pakan buatan memang dibutuhkan untuk mempercepat pertumbuhan si jangkrik, apalagi pakan buatan ini dapat membantu meningkatkan berat badan jangkrik sehingga nanti ketika di panen akan memiliki nilai ekonomis tinggi.

Pakan buatan atau nonalami ini bisa berupa pur, biasanya para peternak jangkrik menggunakan pur ayam yang mana diberikan sejak jangkrik berumur 1 hari hingga panen.

Anda dapat menggunakan pakan bermerk Phokpand 511 atau BR1 Wonokoyo. Tetapi sebelum pakan di berikan, pastikan anda akan melakukan penggilingan terlebih dahulu terhadap pakan hingga menjadi tepung.

Hal ini bertujuan juga untuk memudahkan pencernaan si jangkrik., baru setelah itu anda dapat langsung memberikannya.

Pilihlah pur ayam untuk jangkrik yang memiliki protein tinggi di atas 20 %, dengan begitu kebutuhan protein jangkrik anda dapat tercukupi dengan baik dan dapat mengurangi tingkat kanibalisme.

dan juga dapat memberikan tambahan pakan pur ikan agar protein jangkrik lebih tercukupi. Banyak peternak yang menjadikan pakan ini sebagai pakan utama ketika mereka berternak jangkrik.

Memang benar bahwa pakan menentukan pertumbuhan  jangkrik bisa cepat atau tidak, namun proses pembudidayan jangkrik juga harus disertai pemerhati terhadap suhu kandang dan lingkungan para jangkrik ini tinggal, karena mereka tidak dapat tinggal di lingkungan yang panas maupun dingin melainkan suhu sedang.

Baca Juga : Ciri, Karakteristik dan Klasifikasi Jangkrik

Loading...
Jenis Makanan Jangkrik Untuk Pertumbuhan | ilmuhewan | 4.5