Jenis makanan alternatif untuk ternak ikan gabus

By On Friday, September 29th, 2017 Categories : Perikanan

Jenis makanan alternatif untuk ternak ikan gabus – Pakan adalah salah satu hal terpenting dalam proses pembudidayaan ikan gabus, dengan pemberian pakan maka juga akan menentukan kualitas dari ikan gabus.

Namun, guna mengurangi biaya produksi untuk pakan yang berlebihan maka di perlukan pakan alternatif yang mana biaya pengeluaran untuk pakan tidak terlalu banyak tapi pakan yang diberikan ke ikan gabus memiliki kandungan nutrisi yang baik dan pastinya dapat membantu ikan gabus tumbuh dengan cepat.

Berikut ini beberapa jenis pakan untuk ikan gabus :

  1. Keong

Jenis pakan ini mengandung banyak sekali protein, sehingga bisa dimanfaatkan sebagai pakan alternatif ikan gabus, namun sayangnya ikan gabus tidak terlalu menyukai pakan dari keong.

Baca Juga : Cara Ternak dan budidaya ikan gabus channa untuk pemula

  1. Bekicot

Bekicot atau di sebut juga dengan siput adalah salah satu jenis pakan alternatif untuk ikan gabus yang mampu meningkatkan pertumbuhan ikan gabus secara cepat.

Selain itu ikan ini juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan juga ikan gabus menyukainya.

Sayangnya bekicot Sangat susah untuk di temukan di musim kemarau atau di luar musim penghujan, sehingga anda harus memutar otak kembali untuk bisa mengganti pakan ini.

  1. Ikan rucah

Ikan rucah adalah jenis pakan alternatif selanjutnya yang dap membantu pertumbuhan ikan gabus, dan untuk menemukannya anda dapat memperolehnya di tempat pelelangan ikan.

Harga untuk membeli ikan rucah ini juga terjangkau, sehingga bisa membantu menekan biaya pakan untuk ikan gabus.

Anda dapat memberikan pakan dengan cara memotong ikan menjadi berukuran kecil sesuai dengan ukuran ikan gabus, atau bisa juga anda langsung memberikannya kepada ikan gabus tanpa harus memotongnya.

  1. Nasi

Pakan alternatif selanjutnya adalah nasi, namun sayangnya nasi yang murah ini memiliki protein minim, sehingga sebaiknya tidak terlalu sering dijadikan pakan alternatif.

Tapi setidaknya nasi dapat dijadikan sebagai variasi pakan untuk ikan gabus. Cara pemberiannya bisa dengan mencampurkan dengan pelet ikan.

Anda juga bisa  menyiapkan pakan berupa pelet dengan kandungan protein sekitar 15 %,  lemak sekitar 15 % dan karbohidrat sekitar 10 %.

Pelet tersebut dapat dicampur dengan beberapa campuran dedak sekitar 20 %, jagung sekitar 10 %, teri sekitar 20 % dan ampas tahu sekitar 20 %.

Seluruh bahan di campur dan di rebus, baru setelah itu di giling hingga rata, di jemur hingga kering dan pakan siap untuk diberikan kepada ikan gabus.

Kebutuhan untuk 10.000 bibit ekor gabus bisa menghabiskan sekitar 2 Kg pakan setiap harinya.

Ikan gabus kecil  yang tinggal di alam liar, seperti sungai mereka sangat suka untuk memakan udang – udang berukuran kecil , plankton hingga dedaunan air, mereka juga akan memakan ikan – ikan yang memiliki tubuh berukuran lebih kecil.

Sehingga ikan gabus bisa dikatakan sebagai hama, namun ketika dibudidayakan, anda dapat memberinya pakan seperti pakan ikan lele ataupun patin yang pakan tersebut mengandung protein sekitar 30%.

Jadwal pemberian pakan kepada ikan gabus haruslah teratur, yaitu pada pagi, siang dan malam hari.

Pemberian pakan ini jangan sampek telat, karena jika telat pemberian makannya, maka si ikan gabus akan memangsa ikan gabus lainnya yang berukuran kecil, apalagi mereka di kenal sebagai ikan yang rakus atau kanibal.

Dari beberapa jenis pakan di atas, anda dapat memilih jenis pakan yang mudah anda peroleh guna memudahkan proses pemberian pakan pada ikan gabus.

Baca Juga : Biologi Ikan Gabus

Loading...
Loading...
Jenis makanan alternatif untuk ternak ikan gabus | ilmuhewan | 4.5