Jenis Kandang Yang Baik Untuk Lebah Madu

By On Friday, March 31st, 2017 Categories : Kandang

Jenis Kandang Yang Baik Untuk Lebah Madu  – mendapatkan hasil madu yang berkualitas tidak bisa mengesampingkan faktor lingkungan tempat pembudidayaan lebah.

Salah satu faktor penting tempat tinggal lebah adalah jenis kandang atau stup lebah madu.

Sebelum membuat sebuah stup atau kandang lebah madu yang baik. Perhatikan tentang bahan kandang dan juga penempatan posisi kandang.

Disarankan kandang lebah madu atau stup, terbuat dari bahan kayu yang tebal. Hal ini bermanfaat untuk menjaga kestabilan suhu lingkungan di sekitar kandang ternak lebah madu.

Suhu di malam hari yang terlalu ekstrim ataupun angin yang bertiup terlalu kencang, dapat mengganggu produktivitas lebah pekerja. Tentu saja hal ini sangat tidak diinginkan oleh para peternak lebah madu.

Nah, untuk itu mari kita ikuti bersama, apa saja yang diperlukan untuk membuat kandang yang baik untuk beternak lebah madu:

Jenis Kandang Yang Baik Untuk Lebah Madu

Kandang yang baik sebaiknya dibuat dari bahan kayu yang bisa stabil dari terpaan suhu ekstrim. Jenis kayu untuk stup lebah madu bisa dipakai dari kayu Kalimantan, kayu jati, atau kayu sengon.

Cara Membuat Stup Atau Kandang Ternak Lebah Madu

  1. Tebal papan kayu untuk stup sekitar 2 cm. Buat kotak stup dengan ukuran bagian dalam 47 x 37 x 25 cm. Sementara, di bagian depan, 37 x 24 cm, buat lubang di bagian bawah untuk lalu lintas lebah dengan diameter lubang tersebut 10 cm.
  2. Pada bawah kotak stup, di buat alas ukuran 54 x 41 cm. Di bagian depan ada tonjolan berukuran 3 cm. Fungsi tonjolan ini untuk transit lebah sebelum masuk ke dalam stup.
  3. Di bagian kedua sisi kotak yang berhadapan, buat ukuran lebah 37 cm dengan jarak 3 cm. Kemudian, dari atas bisa dipasang bilah dengan ukuran lebar 2 cm dan tebal 1,5 cm. Fungsi bilah ini untuk menggantung sarang lebah agar tidak diganggu serangga atau hama. Sekaligus, menjaga frame agar tetap tersusun rapi.
  4. Buat kotak stup dengan ukuran 47 cm x 37 cm x 26 cm. kotak ini bisa dipasang di atas kotak pengeraman.
  5. Letakkan kawat kasa dengan lubang ukuran 4,2 milimeter, di antara kotak pengeraman dan kotak stup. Ukuran kotak kawat kasa sekitar 51 cm x 41 cm. Kawat kasa berfungsi agar menjadi pembatas gerak sang ratu lebah tidak bisa naik ke sarang madu.
  6. Frame untuk sarang bisa dibuat dari papan kotak persegi dengan ukuran tonjolan 45 cm. kemudian panjang bawah 43 cm untuk sarang madu dan tingginya 20 cm. Kotak frame lebar 2 cm, tebal sekitar 1 cm.
  7. Pada sisi atas gantungan frame sebaiknya diberi filter kawat kasa untuk menghalangi lebah pekerja memasuki bagian tutup stup.
  8. Buat sirkulasi udara pada papan berupa lubang berfungsi untuk jendela, kemudian lapisi dengan kawat kasa.
  9. Jika kotak stup dibuat bersusun, jangan lupa memberi bilang sambungan antara kotak pengeraman dan kotak sarang madu. Fungsinya agar kotak tidak bergerak atau bergeser.
  10. Kotak sarang madu atau stup diposisikan agak tinggi dengan penyangga sekitar 30 cm dari permukaan tanah. Fungsinya untuk mengendalikan hama atau serangga pengganggu seperti semut.

Nah, demikian informasi mengenai Jenis Kandang Yang Baik Untuk Lebah Madu semoga memberikan manfaat dan tambahan wawasan.

Baca Juga : Cara Budidaya Lebah Madu

Jenis Kandang Yang Baik Untuk Lebah Madu | ilmuhewan | 4.5