Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Jenis-jenis Warna Yang Terdapat Pada Ayam Bangkok

By On Thursday, February 2nd, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Jenis-jenis Warna Yang Terdapat Pada Ayam Bangkok – Ilmuhewan.com – Ayam bangkok adalah salah satu ayam hasil persilangan yang kini sering kali di manfaatkan sebagai aduan sabung ayam.

Walaupun ayam ini hanya dijadikan sebagai ayam aduan, namun sebagian orang tertarik dengan ayam bangkok ini karena jenis warna bulunya yang menarik dan unik.

Berikut ini jenis – jenis Warna bulu ayam bangkok :

  1. Warna biring atau wiring

Pada umumnya masyarakat Indonesia memiliki ayam bangkok ini dengan warna bulunya wiring, yang mana warna dasar bulunya hitam.

Baca Juga : Ciri-ciri ayam Bangkok Aduan Yang Baik

Warnanya juga bercampur dengan warna merah ada kuningnya di bagian leher serta ekor. Pada umumnya yang beredar di masyarakat warnanya adalah kuning keemasan sehingga disebut sebagai ayam bangkok memiliki warna wiring kuning dan disebut ayam bangkok wiring galih jika warna pada rawisya berwarna merah tua da cokelat.

  1. Warna merah atau wangkas

Ayam bangkok yang berwarna merah atau wangkas akan memiliki warna dasar kuning agak kemerahan.

Ayam bangkok disebut wangkas emas jika warna bulu yang mendominan adalah warna kuning keemasan, sedangkan disebut wangkas geni jika warna yang mendominasi adalah merah gelap.

  1. Warna blorok atau brumbung

Pada umumnya ayam bangkok akan disebut berwarna blorok atau brumbung jika warna dasarnya putih dengan tutul hitam dan warna rawisnya merah.

Ayam bangkok akan disebut brumbun madu jika warnanya lengkap, yaitu warna putih, merah, hijau dan hitam, sedangkan pada rawisnya berwarna putih sedikit kemerahan.

Disebut ayam bangkok brumbun jalak jika memiliki warna yang dominan putih dibandingkan dengan warna lain.

  1. Warna kelabu atau klawu

Warna dasar pada klawu adalah abu – abu dan akan disebut sebagai ayam bangkok klawu kethek jika memiliki warna bulu di rawisnya gelap agak hitam. Akan disebut dengan kelabu api jika bulu pada rawisnya berwarna agak kemerahan lebih dominan.

  1. Warna hitam atau jragem

Warna dasar yang dimilikinya adalah warna hitam. Akan disebut ayam bangkok cemani jika memiliki badan, mata, paruh, bulu hingga lidahnya hitam.

Namun sangat susah ditemui jenis ayam berwarna cemani ini karena hanya keturunan ayam kampung jenis cemani asli saja dan perbandingannya tara 10000 : 1.

  1. Warna jali atau blirik

Jenis ayam bangkok berbulu dengan warna jali ini warnanya mirip dengan blorok, hanya saja terdapat campuran warna yang beragam berpola garis atau bintak. Namun, ayam bangkok jenis ini sangatlah langka sehingga banyak pecinta ayam bangkok membururnya.

  1. Warna putih

Ayam bangkok jenis ini pastinya memiliki warna dasar putih dan akan disebut dengan ayam bangkok Rawis Sea.

Namun, ada juga ayam bangkok jenis ini memiliki warna pada leher dan punggungnya seperti warna hitam, bos merah namun tetap warna putih yang mendominan.

  1. Warna Wido atau jalak

Memiliki warna dasar hitam dan rawis di leher serta pinggang cenderung berwarna putih, namun ada juga yang berwarna putih kelabu-abuan, putih kekuningan dan putih kehitaman.

Jenis ayam bangkok ini akan dikatakan istimewa jika warna dasarnya hitam berawis putih pada leher dan pinggang, dan kuku kaki, jalu, paruh hingga mata berwarna putih juga.

setelah anda tahu jenis warna pada ayam  bangkok di atas, anda menginginkan warna apa untuk calon ayam bangkok anda? Atau anda sudah memiliki ayam bangkok dengan warna di atas?

Baca Juga : Cara Memilik Indukan Ayam Bangkok Jantan dan Betina Yang Berkualitas Baik

Loading...
Jenis-jenis Warna Yang Terdapat Pada Ayam Bangkok | ilmuhewan | 4.5