Jenis-Jenis Vaksin untuk Unggas

By On Tuesday, June 27th, 2017 Categories : Info Lainnya

Jenis-Jenis Vaksin untuk Unggas – Vaksin adalah Bahan biologi yang mengandung mikroorganisme yaitu virus, bakteri dan protozoa yang telah dilemahkan atau dimatikan yang diformulasikan untuk infeksi buatan.

Vaksin tidak hanya berguna untuk manusia tapi juga untuk hewan termasuk unggas. Vaksinansi pada unggas sangat diperlukan karena vaksinasi merupakan salah satu program pencegahan yang efektif.

Yang harus diperhatikan dalam vaksinasi unggas adalah unggas harus dalam keadaan sehat, pemberian vaksin pada  unggas yang sedang sakit justru akan membahayakan kondisi unggas tersebut dan akan berujung pada kematian.

Baca Juga : Cara Vaksinasi pada Ayam

Untuk melakukan vaksinasi pada unggas, anda harus mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang peternakan unggas dan kesehatan unggas agar vaksinasi berhasil.

Ada beberapa fungsi vaksin yaitu sebagai berikut ini :

  1. Untuk menjaga system kekebalan tubuh unggas agar tidak gampang terserang penyakit.
  2. Untuk mengurangi kemungkinan serangan terhadap penyakit tertentu yang dapat menyerang unggas. Jika unggas terkena penyakit maka kemungkinan besar unggas lainnya agar ketularan, sehingga akan merugikan peternak unggas.

Meskipun penyakit pada unggas dapat disembuhkan namun lebih baik jika mencegah terjangkitnya penyakit tersebut dengan cara memberikan vaksin kepada unggas.

Mencegah penyakit pada unggas dengan memberikan vaksin,jauh lebih mudah dan hemat biaya daripada harus mengobati unggas yang sudah terlanjur terkena penyakit.

Ada beberapa keuntungan dengan melakukan vaksinasi kepada unggas yaitu sebagai berikut ini:

  1. Peternak dapat menekan biaya karena melakukan vaksinasi/pencegahan penyakit lebih murah dan mudah dari pada mengobati penyakit
  2. Kesehatan unggas akan lebih meningkat
  3. Tenaga kerja menjadi lebih efisien.

Jenis-jenis vaksin untuk unggas di pasaran sangat bervariasi dengam berbagai macam merek. Berdasarkan jenis antigennya, vaksin untuk unggas ada 3 jenis yaitu sebagai berikut ini:

  1. Vaksin protozoa

Vaksin Protozoa adalah vaksin yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit pada unggas yang disebabkan oleh protozoa.

Namun, vaksin protozoa ini jarang dikembangkan karena penyakit karena protozoa dampaknya tidak terlalu serius bagi unggas dan dapat diatasi dengan memberikan obat serta antibiotic.

Salah satu contoh vaksin protozoa adalah vaksin corisa.

  1. Vaksin Viral

Vaksin viral adalah vaksin yang lebih banyak dikembangkan ketimbang vaksin bacterial dan vaksin protozoa karena penyakit yang disebabkan virus tidak ada obatnya kecuali dengan diberikan vaksin atau meningkatkan antibody unggas terhadap penyakit viral tertentu. Salah satu contoh vaksin viral adalah Vaksin ND, Vaksin Gumboro dan Vaksin Al.

  1. Vaksin Bakterial

Vaksin bacterial merupakan vaksin yang mengandung antigen dari bakteri. Untuk menyembuhkan penyakit pada unggas yang disebabkan oleh bakteri, biasanya orang-orang menggunakan vaksin bacterial ini. Contoh vaksen bacterial diatantanya Vaksin Mareks dan Vaksin ILT

Selain vaksin berdasarkan jenis antigennya, ada juga vaksin unggas berdasarkan jumlah antigennya. Berdasarkan jumlah antigen, jenis vaksin dibedakan menjadi dua yaitu vaksin tunggal dan vaksin kombinasi, yaitu sebagai berikut ini :

  1. Vaksin Tunggal

Vaksin tunggal adalah vaksin unggas yang terdiri dari satu jenis antigen contohnya vaksin ND yang dikhsusukan untuk Penyakit ND saja.

  1. Vaksin Kombinasi

Vaksin kombinasi adalah vaksin unggas yang terdiri dari atas 2 atau lebih antigen contohnya adalah kombinasi vaksin ND dan Vaksin IB yang dikhususkan untuk mencegah kedua jenis penyakit pada unggas tersebut.

Itulah beberapa informasi mengenai vaksin pada unggas semoga informasi yang sudah dipaparkan diatas dapat memberikan kemanfaatan bagi pembaca.

Baca Juga : Alasan Anjing dan Kucing Harus di Vaksinasi

Loading...
Loading...
Jenis-Jenis Vaksin untuk Unggas | ilmuhewan | 4.5