Jenis-jenis Umpan Dalam Memancing

By On Saturday, March 18th, 2017 Categories : Info Lainnya

Jenis-jenis Umpan Dalam Memancing – Memancing merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang yang menggemarinya.

Bagi sebagian orang lainnya, memancing tidak hanya menjadi sebuah hobi, namun juga sebagai mata pencaharian untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Untuk menjadi pemancing yang profesional, dibutuhkan pengalaman yang cukup dalam hal memancing dan teknik-teknik tertentu agar hasil tangkapan dapat maksimal.

Teknik-teknik dalam memancing salah satunya adalah menentukan umpan yang tepat.

Umpan merupakan faktor yang paling penting untuk memancing, tanpa umpan maka kita tidak akan bisa menangkap hewan laut yang menjadi target kita saat memancing.

Tahukah anda ada berapa jenis dari umpan untuk memancing? Berikut ini adalah jenis-jenis umpan dalam memancing.

Umpan alami

Umpan alami adalah umpan yang terbuat dari bahan alami yang merupakan makanan ikan atau hewan laut sehari-hari atau yang biasanya disukai oleh hewan pancingan tersebut. Contoh dari umpan alami adalah udang, ikan dan pelet.

Umpan memancing berupa udang biasanya digunakan oleh pemancing yang ingin memancing di air tawar atau air payau yang berada di muara sungai.

Umpan memancing berupa ikan biasanya digunakan untuk memancing di laut, ikan tersebut bisa berupa ikan mati bisa juga berupa ikan hidup.

Sedangkan umpan pelet digunakan untuk memancing pada air tawar yaitu danau atau bisa juga pelet digunakan untuk memancing di kolam pemancingan.

Umpan buatan

Umpan buatan adalah umpan yang terbuat dari plastic atau bisa juga terbuat dari karet yang berbentuk seperti ikan asli dan digunakan pemancing untuk kebutuhan menangkap hewan pancingannya.

Dibagian depan umpan buatan ini terdapat plat besi seperti berbentuk lidah yang agak menjulur dimana agar ketika ada hewan pancingan yang ingin memakan umpan buatan tersebut, maka bibir hewan pancingan tersebut tersangkut disitu sehingga dapat ditangkap oleh pemancing.

Umpan buatan banyak digunakan oleh pemancing untuk menghemat biaya umpan selain itu umpan buatan juga bisa dipakai berulang kali tanpa harus membeli umpan yang baru.

Ada beberapa jenis umpan buatan, berdasarkan bahan baku yang digunakan, berdasarkan daya apung di air,berdasarkan posisi dari target ikan pada kedalaman air, berdasarkan bentuk, desain, pergerakannya di air dan tagert/ikan sasaran dan berdasarkan cara memainkannya.

Umpan berdasarkan bahan baku yang digunakan terdiri dari umpan mincing berbahan baku logam contohnya adalah spoon dan metal jig, umpan berbahan baku silicon yang dibentuk menyerupai ikan dan cumi, umpan berbahan baku non logam dan non plastic yaitu terbuat dari kayu dan lain sebagainya, bisa berbentuk ikan sarden, ikan kodok, dan sebagainya, umpan berbahan baku metal dan plastic.

Umpan berdasarkan daya apung di air terdiri dari floating type (yang mengambang di permukaain air), suspending type ( umpan yang setengah mengapung dan setengah tenggelam), sinking type ( terbuat dari bahan berat dan sangat cepat tenggelam).

Umpan berdasarkan posisi dari target ikan pada kedalaman air terdiri dari shallow type yaitu digunakan untuk menangkap ikan yang berada tidak terlalu dalam atau posisinya tidak terlalu di bawah dasar laut dan deep type yaitu umpan yang digunakan untuk memancing ikan yang berada di kedalaman air.

Jenis umpan buatan berdasarkan bentuk, desain pergerakannya di air dan target sasaran terdiri dari minnow, jig, konahead,popper,spoon, squid, spinner, flies, froggy, umpan kucir, vibra, propbaits, buzzbait,bladebaits, bentuk lain, lure light.

Dan jenis umpan buatan yang terakhir yaitu berdasarkan cara memainkannya terdiri dari jerkbait yaitu umpan buatan yang cara penggunaannya adalah dengan menyentak-nyentak, crankbait yaitu umpan buatan yang cara memainkannya adalah dengan mengandalkan gerak putaran rel pancing dan pullbait adalah umpan buatan yang cara memainkannya dengan cara di pull atau ditarik-tarik.

Itulah beberapa informasi mengenai jenis jenis umpan pancingan, semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk anda yang masih pemula dalam hal memancing.

Jenis-jenis Umpan Dalam Memancing | ilmuhewan | 4.5