Jenis-jenis Penyakit Hewan Yang Menular

By On Saturday, February 4th, 2017 Categories : Penyakit Hewan

 

Jenis-jenis Penyakit Hewan Yang Menular – Penyakit yang bersumber dari binatang dapat mengancam kehidupan manusia dan sangat perlu di antisipasi.

Tahukah anda apa saja penyakit-penyakit yang bersumber dari hewan dan dapat menular kepada manusia?

Berikut ini adalah 10 jenis penyakit-penyakit yang bersumber dari hewan dan dapat menular ke manusia:

  1. TBC

TBC atau Tubercolosa adalah penyakit yang menganggu pernafasan manusia yang dapat tertular dari satwa seperti orangutan dan siamang kepada manusia.

Baca Juga : Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Orf Pada Hewan Kambing

Penyakit TBC ini merupakan penyakit yang menyebabkan kematian terbesar dalam urutan kedua di Indonesia. Gejala dari  penyakit TBC ini adalah sesak nafas, menurunnya berat badan secara drastic dan batuk berdarah.

Penularan penyakit TBC ini sangat cepat dan bisa tertular dari kotoran satwa yang terhirup oleh manusia sehingga virus TBC yang ada di kotoran satwa tersebut dapat dengan cepat menular ke manusia.

  1. Hepatitis

Hepatitis adalah penyakit yang kecepatan penularannya 4 kali lebih cepat dari HIV. Penularan penyakit Hepatitis ini bisa dari gigitan atau juga cakaran binatang seperti kera dan monyet.

Gejala dari penyakit hepatitis ini adalah muntah, diare, perut kelihatan membesar, dan lain sebagainya.

  1. Rabies

Rabies adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang dapat ditularkan oleh anjing kepada manusia melalui gigitan anjing yang terkena virus rabies atau anjing gila tersebut. Penyakit Rabies ini dapat menyebabkan kematian.

Selain anjing, hewan lainnya yang dapat menularkan virus rabies ini adalah kucing dan kera. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit rabies ini adalah perubahan tingkah laku yang menjadi mudah marah dan lebih agresif, kesulitan bernafas, dan bahkan kelumpuhan.

  1. Anthrax

Anthrax adalah penyakit infeksi bakteri Bacillus Anthracis yang dapat tertular karena mengkonsumsi daging sapi atau kambing. Angka kematian jika tertular penyakit ini cukup tinggi.

  1. Herpes

Herpes adalah penyakit yang diakibatkan oleh virus yang dapat menyebabkan kulit di tubuh mengalami pelepuhan.

Penyakit ini dapat ditularkan dari hewan primate melalui cakaran atau gigitan. Penyakit herpes ini juga dapat menyebabkan kematian.

  1. Salmonnelosis

Salmonnelosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonnela yang bersumber dari hewan seperti ular, burung dan iguana.

Penyakit ini jika menular ke manusia, dapat menyebabkan rusaknya dinding usus, kerusakan otak bahkan pada wanita hamil dapat menyebabkan keguguran.

  1. Leptospirosis

Leptospirosis disebabkan oleh kuman yang dapat menyerang hewan dan juga manusia yang menular melalui luka yang terbuka yang terkena air kencing dan bisa juga menular dari makanan atau minuman yang dikonsumsi manusia.

Gejala dari penyakit ini adalah air kencing berubah menjadi merah, badan lesu dan lemah, mengalami depresi berkelanjutan, bahkan pada wanita hamil juga dapat menyebabkan keguguran.

  1. Psicatosis

Psicatosis adalah penyakit yang ditularkan melalui kotoran burung nuri dan kakak tua kepada manusia yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan pada manusia jika terhirup.

Gejala dari penyakit Psicatosis adalah gangguan pernafasan, tremor, badan terasa kaku sehingga susah untuk digerakan dan diare.

  1. Toxoplasmosis

Penyakit Toxoplamosis adalah penyakit yang dapat ditularkan oleh hewan seperti kucing  dan anjing, yang dapat menular ke manusia dan dapat menyebabkan kemandulan pada wanita bahkan keguguran pada wanita hamil.

Penularannya dapat melalui transpusi darah dan dari makanan atau minuman yang telah tercemar parasite toxoplasma.

  1. Malaria

Malaria adalah penyakit yang ditularkan oleh nyamuk anopheles betina yang menggigit manusia. Gejala dari penyakit malaria ini adalah dingin yang luar biasa, pusing, dehidrasi dan sesak nafas.

Baca Juga : Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Dactylogyrus Pada Ikan

Loading...
Loading...
Jenis-jenis Penyakit Hewan Yang Menular | ilmuhewan | 4.5