Jenis-jenis Penyakit Ayam yang Disebabkan Oleh Virus

By On Friday, June 16th, 2017 Categories : Penyakit Hewan

Jenis-jenis Penyakit Ayam yang Disebabkan Oleh Virus – Ayam merupakan salah satu jenis hewan yang paling banyak dijadikan peliharaan oleh masyarakat di Indonesia.

Uanggas yang satu ini memang memiliki banyak keuntunggan jika dipelihara karena daging dan telurnya yang sangat diminati oleh hampir semua orang, belum lagi ayam juga bisa dijadikan hewan peliharaan biasa atau hewan aduan bagi orang yang suka melakukannya.

Memelihara ayam juga dapat dikatakan cukup mudah karena binatang ini bisa makan apa saja, mulai dari biji-bijian, serangga, hingga cacing.

Baca Juga : Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Gumboro Pada Ayam

Sayangnya, peliharaan yang mudah tidak menjamin ayam bisa bebas dari segala penyakit berbahaya, beberapa jenis penyakit pada ayam yang disebabkan oleh virus di bawah ini juga harus diwaspadai karena bisa menjadi sangat berbahaya, bahkan mematikan.

Flu Burung

Hampir semua orang pasti tahu, atau setidaknya pernah mendengar penyakit flu burung.

Penyakit pada ayam ini bukan hanya membahayakan ayam itu sendiri, tapi juga untuk manusia yang ada di sekitarnya karena penyakit ini bersifat mematikan. Virus yang menyebabkan flu burung sendiri bernama Avian Influenza.

Ada tiga tipe virus ini, yaitu tipe A, B, dan C. Namun, virus yang menyerang ayam adalah virus Avian Influenza tipe A. Semua ayam yang terkena virus ini harus dimusnahkan dengan sesegera mungkin karena dapat menular dan menyebabkan kematian yang tinggi.

Adapun gejala yang terjadi pada ayam yang terkena virus Avian Influenza ini yaitu ayam menjadi sering batuk, sulit bernafas, mata berair, beberapa bagian di wajahnya timbul bercak, dan jengger ayam akan layu.

Cacar Ayam (Fowl Pox)

Jenis penyakit pada ayam yang disebabkan oleh virus yang selanjutnya yaitu cacar ayam. Penyakit ini disebabkan oleh virus Borroleta avium.

Ciri-ciri ayam yang terkena virus ini yakni munculnya luka di bagian tubuh ayam yang tidak berbulu, seperti kaki dan bagian kepalanya. Selain itu, penyakit cacar ayam ini juga menimbulkan luka serius pada saluran pernafasan ayam.

Hingga saat ini belum ada obat yang efektif untuk bisa menyembuhkan ayam yang terserang virus mematikan ini, namun upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya cacar ayam yaitu dengan melakukan vaksinasi pada ayam yang Anda pelihara secara rutin.

Tetelo (Newcastle Disease)

Ketiga, penyakit pada ayam yang disebabkan virus adalah tetelo atau biasa disebut juga dengan Newcastle disease. Virus yang menyebabkan penyakit ini sendiri dinamakan dengan irus Newcastle disease, yang berasal dari famili Paramyxovirus.

Tidak semua ayam yang terkena virus ini akan langsung sakit parah karena ada tingkatan yang membagi parah atau tidaknya penyakit tetelo yang menyerang ayam peliharaan, yaitu tingkat ringan, sedang, ganas, dan sangat ganas.

Untuk tingkatan sangat ganas, biasanya ayam sudah tidak terkontrol pergerakannya, kepala memutar-mutar, gangguan pernafasan, yang kemudian akan mengarah pada kematian.

Demikianlah beberapa jenis penyakit pada ayam yang disebabkan oleh virus. Ketiga penyakit tersebut memiliki penyabab, gejala, hingga penyembuhan yang berbeda satu sama lain.

Namun, penyakit oleh virus berbahaya tersebut juga memiliki persamaan, yaitu dapat dicegah dengan rutin melakukan vaksinasi pada ayam.

Vaksinasi itu sendiri sangat penting karena dapat menghilangkan virus-virus yang menyerang ayam peliharaan Anda. Untuk ayam yang sudah terlanjur terkena virus itu sendiri ada baiknya segera dipisahkan dengan ayam yang masih sehat, dan secepatnya ditangani karena virus-virus tersebut akan sangat cepat menular. Parahnya, bukan hanya ayam dan unggas lain yang dapat terkena dampaknya, tetapi juga manusia.

Baca Juga : Cara Vaksinasi pada Ayam

Loading...
Jenis-jenis Penyakit Ayam yang Disebabkan Oleh Virus | ilmuhewan | 4.5