Jenis-Jenis Pakan Burung Cucok Ijo yang Baik

By On Tuesday, August 2nd, 2016 Categories : Burung

Jenis-Jenis Pakan Burung Cucok Ijo yang Baik – Burung cucok ijo merupakan salah satu burung yang memang populer di Indonesia.

Harganya memang selangit, namun dibandingkan dengan lovebird, cucakrowo dan lainnya cucok ijo masih dapat ditolerir.

Walaupun begitu peminatnya masih banyak, dan pemelihara cucok ijo pun makin banyak.

Untitled

Selain untuk bertarung cucok ijo sudah banyak diternakan dan diindukan. Hal ini karena selera pasar yang semakin tinggi terhadap cucok ijo.

Pakan merupakan hal yang mendasar yang harus diketahui pemilik burung. Mungkin anda menjadi salah satu pemilik atau orang yang memiliki cucok ijo sekarang.

Namun, masih bingung harus memberikan pakan apa terhadap burung yang satu ini ? nah berikut beberapa tips dan ulasan yang bisa anda lakukan.

Phor yang bagus

Anda dapat memberi pakan pertama yaitu phor. Phor yang mahal tidak menjamin akan membuat cucok ijo anda selalu sehat, carilah yang cocok dengan cucok ijo anda.

Umumnya phor protein sedang dengan takaran 18%. Anda dapat mencarinya di toko makanan. Berikan sesekali saja jika makanan yang lain sudah tidak ada.

Banyak yang mengatakan bahwa pemberian phor tidak akan baik pada keadaan mentalnya. Selain itu bagi burung lomba pemberian phor akan mengurangi cara berkicau dan beraktifitas atau bertingkah.

Jika memang dalam keadaan kepepet atau terpaksa barulah phor menjadi pilihan yang dimasukan kedalam pakan.

Coktail buah yang sederhana

Makanan kedua yang dapat anda buat untuk cucok ijo adalah coktail. Ya, anda pasti tertawa bukan karena nama makanannya.

Sebenarnya coktail disini hanya campuran beberapa buah seperti pisang, pepaya dan juga dan juga apel. Lalu taruh dalam wadah dan berikan sedikit madu. Pakan untuk cucok ijo selesai.

Pisang kepok putih

Bagi manusia pisang kepok putih memang tidak semanis pisang kepok biasa namun belum tentu manis bagi lidah burung. Burung cucok hijau menyukai pisang kepok putih.

Sebenarnya hal ini sangat menguntungkan, karena tekstur pisang yang kenyal dan tidak lembek menjadikan burung mudah memakannya dan tidak membuatnya berantakan di kandang.

Selain itu pisang sendiri merupakan buah pemberi energi sama halnya seperti nasi atau gula pada manusia. Pisang ini dapat menjadi alternatif bagi burung cucok hijau anda.

Serangga

Apakah burung cucok hijau dapat diberikan serangga sebagai pakan ? tentu saja bisa. Burung akan senang jika diberi makan serangga.

Hal ini berkaitan dengan hukum alam burung yang tidak hanya memakan buah-buahan namun juga serangga. Jenis serangga yang dapat dimakan oleh cucok ijo adalah kroto, jangkrik, dan ulat hongkong. Porsi makan dapat disesuaikan setiap harinya.

Bagi yang tidak menyukai ulat hongkong, kecuali untuk rawatan lomba maka anda dapat menggunakan kroto saja sebagai pakan.

Umumnya memang untuk lomba pakan yang diberikan harus khusus dan bagus, namun untuk rawatan biasa rasanya tidak perlu dipaksakan.

Selama burung sehat dan nafsu makan baik serta bobot atau badan bertambah. Jika anda memberikan ulat hongkong, ada baiknya ditakar.

Karena ulat hongkong dapat menyebabkan bulu rontok. Cucok sendiri akan merontokan bulunya jika mengalami sterss.

Sama halnya seperti manusia cucok ijo pun dapat merasa bosan dengan makanan. Jangan lupa anda mengganti dan membersihkan makanannya setiap hari sehingga cucok ijo tidak akan merasa bosan dan kesal dengan makanan yang dikonsumsinya.

Baca Juga : Teknik dan Cara Memilih Indukan yang Baik untuk Burung Cucak Ijo

Loading...
Jenis-Jenis Pakan Burung Cucok Ijo yang Baik | ilmuhewan | 4.5