Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Jenis-jenis Makanan Untuk Ikan Nila

By On Monday, August 7th, 2017 Categories : Pakan Hewan

Jenis-jenis Makanan Untuk Ikan Nila – Makanan adalah salah satu terpenting dalam pertumbuhan ikan nila, terutama ikan nila yang telah di budi dayakan, karena jika makanan yang diberikan tidak mengandung gizi cukup, maka bisa jadi hasil panen akan kurang maksimal.

Pada umumnya ikan nila yang dibudidayakan akan diberi 2 jenis makanan, yaitu :

Makanan pokok

Makanan pokok atau makanan utama adalah salah satu makanan yang sangat terpenting bagi ikan nila. Biasanya mereka menggunakan pelet untuk makanan utamanya dengan tipe 781 sp, 781-2 dan FF999.

Baca Juga :

Jenis-jenis ikan nila

Jenis  Dan Cara pengobatan Penyakit Pada Ikan nila

Cara ternak dan budidaya ikan nila di kolam beton

Kandungan dan manfaat ikan nila untuk kesehatan

Ciri-ciri Ikan Hias Dengan Nilai Harga Yang Tinggi

Pelet diberikan 3 kali dalam sehari secara teratur pada pagi, siang dan sore hari.

Namun perlu di ketahui juga bahwa pemberian makanan pokok saja tidak akan menjadikan ikan nila yang di budidayakan akan tumbuh dengan baik, jadi sangat perlu juga memberikan pakan alternatif.

Makanan alternatif

Merupakan ke dua setelah makanan pokok untuk ikan nila. Di sisi lain, pemberian pakan alternatif dapat menghemat pengeluaran untuk beli pakan ikan, apalagi harga dari pelet cukup mahal.

Berikut ini beberapa pakan alternatif untuk ikan nila :

  • Limbah sayuran

Jika nada memiliki limbah sayuran yang cukup lumayan, maka jangan di buang karena dapat dimanfaatkan untuk pakan ikan nila hingga 20 %.

Namun ketika nada memberinya limbah sayuran, pilahlah terlebih dahulu mana yang memiliki kandungan gizi lebih banyak dan tidak akan mengotori kolam ikan nila.

  • Limbah roti

Anda juga dapat memberinya limbah roti juga sebagai pakan alternatif, untuk limbah roti sendiri bisa anda peroleh dari rumah anda sendiri atau dari cafe – cafe dan penjual roti di dekat rumah.

Walaupun pemberian pakan ikan nila dengan limbah roti disarankan, tapi pemberian ini di khususkan untuk kolam ternak yang airnya terus mengalir, karena ketika diberikan kepada ikan nila pada air menggenang, dikhawatirkan si ikan akan mati karena lapisan minyak yang ditimbulkan oleh roti.

Jika tetap diberikan pada ikan berkolam menggenang minyak tersebut akan menempel pada insang dan akhirnya mati.

  • Ampas kelapa

Setelah anda memasak yang menggunakan santan biasanya terdapat ampas kelapa bukan?

Namun jangan di buang begitu saja si ampas kelapa ini, apalagi ternyata ampas kelapa mengandung gizi yang baik untuk pertumbuhan ikan nila anda, seperti Protein.

Untuk mengaplikasikannya anda dapat langsung memberikan ampas kelapa tersebut pada ikan nila atau memberikannya setelah melewati proses fermentasi.

  • Azzola

Memang belum banyak yang mengenal tanaman azzola yang merupakan salah satu tumbuhan paku mengapung dari jenis suku Azzollaceae.

Banyak juga para peternak ikan yang belum tahu bahwa tumbuhan paku ini dapat dijadikan sebagai salah adu pakan  alternatif ikan nila, bahkan dia juga dijadikan salah adu pakan alternatif ikan lainnya, seperti gurame dan bawal.

Kandungan gizi pada tanaman azzola cukup banyak, seperti karbohidrat, lemak dan protein dengan kandungan tertingginya protein sebesar 33 %.

Menggunakan pakan azzola dapat menekan biaya untuk pakan sekitar 20 % untuk benih berbobot 1 kg, jika bobot ikan lebih besar maka penekanan dapat mencapai 25 – 30 %.

Dengan memberikan makanan dari pakan yang berkualitas dengan gizi yang cukup dapat menjadikan ikan nila memiliki kualitas dan kuantitas yang baik ketika mereka di panen, apalagi mencampurkan atau mengoplos pemberian pakan utama dan pakan alternatif juga dapat menekan biaya untuk pakan.

Loading...
Jenis-jenis Makanan Untuk Ikan Nila | ilmuhewan | 4.5