Jenis-jenis Makanan Untuk Hewan landak Mini

By On Sunday, June 4th, 2017 Categories : Pakan Hewan

Macam Makanan Hewan landak Mini – Landak mini adalah salah satu hewan peliharaan yang dapat di beri makan apa saja, namun bukan berarti asal makanan tanpa memperhatikan kandungan yang dimiliki oleh si bahan makanan.

Makanan dapat menentukan kehidupan si landak mini, baik kualitas hingga kuantitas.

Anda memang bisa memberinya makanan untuk para anjing atau kucing, mengingat makanan landak mini ini belum di produksi di Indonesia.

Namun , sebelumnya anda harus tahu makanan yang baik untuk landak mini itu seperti apa.

Mengandung protein

Protein adalah salah satu kandungan yang harus ada pada makanan landak mini, apalagi menurut penelitian landak mini dikenal sebagai hewan insektivora atau hewan pemakan serangga, jadi makanan yang diberikan harus berbasis daging.

Baca Artikel terkait :

Cara Budidaya dan Ternak landak Mini

Cara Membuat Kandang Landak Mini

Cara mengatasi landak mini yang tidak mau makan

Cara menjinakkan landak mini yang galak

Pilihlah sumber protein yang berasal dari hewan yang tepat, mengingat banyaknya sumber pakan untuk hewan peliharaan seperti domba, ayam, bebek, daging sapi hingga kalkun.

Anda harus memberikan pakan yang bersumber dari daging ini harus sesuai dengan kebutuhan si landak ya, jangan berlebihan atau kurang.

Mengingat landak mini adalah hewan pemakan serangga, maka anda bisa memberinya serangga sesekali, seperti jangkrik . Anda dapat memberinya secara bergantian dengan pakan lainnya seperti daging atau biji hingga buah.

Biji – bijian dan sumber lain yang mudah di cerna

Memberikan makanan yang berkualitas bisa saja memasukkan makanan yang dikonsumsi oleh manusia, untuk itu anda bisa memasukkan makanan yang bersumber dari sayuran, buah hingga biji – bijian dengan syarat mudah di cerna oleh para landak miniya.

Jangan memasukkan jagung dalam daftar pilihan makanan si landak minianda, karena jagung ini sulit dicerna, walaupun para jagung bisa di olah menjadi makanan yang mudah di cerna, tapi gizi yang dimilikinya menurun, sehingga para landak miniakan mengosumsi makanan berkuantitas cukup tapi kualitas gizi kurang.

Jangan memberi mereka makanan yang rendah nutrisi seperti beras ketan karena mengandung alkohol, sekam kacang yang mengandung banyak serat dan bubur bit yang memiliki serta dan gula berlebih.

Berikut ini bahan makanan yang harus di hindari untuk para landak mini anda :

Bahan pengawet.

Bahan pengawet memang perlu dihindari terutama bahan pangawet kimiawi. Anda bisa memilih pengawet dari vitamin E yang sering dimanfaatkan sebagai pengawet makanan, tapi jangan pilih yang BHT, BHA dan Ethoxyquin. Apalagi ethoxyquin di curigai karena di anggap sebagai karsinogen.

Bahan pemanis

Memang benar bahan pemanis akan menjadikan makanan menjadi manis dan membuat hewan lebih tertarik untuk mengonsumsinya.

Namun, perlu diketahui bahwa pemanis dapat meningkatkan kalori yang ekstra tapi mengandung sedikit gizi.

Bahan pewarna

Memberikan pewarna memang dapat menjadikan hewan lebih tertarik untuk mengonsumsinya, jika di bandingkan dengan warna cokelat yang polos maka warna warni dari makanan akan lebih menarik para landak untuk makan.

Namun, perlu diketahui, memilih makanan yang mengandung pewarna ini tidak memiliki manfaat bagi para hewan kesayangan anda, bahkan sebagian pewarna dapat menyebabkan beberapa gangguan penyakit.

Pada umumnya landak mini membutuhkan 70 – 100 kalor per hari, dan mereka bisa makan lebih dari kebutuhannya. Jadi anda perlu memperhatikan hal ini agar landak mini anda tidak obesitas atau berat badan berlebihan.

Anda juga dapat membuat makanan sendiri untuk landak mini anda dengan campuran pelet catfood atau dogfood dengan jumlah protein sekitar 28 – 30 % atau 2 kali dari jumlah FAT yang sekitar 15 – 16 %.

Anda dapat menambahkan ulat Jerman atau Hongkong 2 Minggu sekali. Hindari pengawet yang berbahaya dan pemanis Batan ya.

Loading...
Jenis-jenis Makanan Untuk Hewan landak Mini | ilmuhewan | 4.5