Jenis-Jenis Makanan Untuk Hewan Kerbau

By On Wednesday, May 10th, 2017 Categories : Pakan Hewan

Jenis-Jenis Makanan Untuk Hewan Kerbau – Pernah dengar kata – kata hidup untuk makan? Atau makan untuk hidup?

Ya, mungkin sebagian dari kamu sudah pernah mendengar kata – kata ini. Bahkan mungkin tertera jelas di cover catatan buku kamu.

Kata makanan sudah jelas merupakan satu aktifitas yang tidak bisa dilewatkan. Tentu juga merupakan sumber energi yang sangat besar, kan?

Bukan hanya manusia yang harus mendapatkan sumber protein yang melimpah, hewan seperti kerbau juga harus mendapatkan asupan yang baik agar tubuhnya semakin sehat dan dapat memproduksi susu yang baik pula.

Baca Juga : Cara Ternak Kerbau Untuk Pemula

Oleh karena itu bagi kamu yang sedang menggeluti dunia peternakan kerbau sebaiknya tahu apa saja sumber – sumber pakan yang dikonsumsi hewan – hewan ini.

Rumput Gajah

Atau yang lebih dikenal dengan Pennisetum purpureum ternyata memiliki nutrisi yang tinggi lho. Rumput yang juga dikenal dengan nama lain, Baru Cina ini mempunyai ukuran yang besar dan tumbuh tegak lurus.

Tanaman ini bisa tumbuh hingga 7 meter dengan ciri – ciri batang tebal dan keras, memiliki daun panjang serta berbunga seperti es lilin.

Tidak salah jika tanaman rumput ini sangat lah cocok untuk dijadikan bahan pakan hewan seperti sapi, kambing, gajah, kerbau dan lainnya.

Kandungan gizinya sendiri terdiri dari 19,9 % bahan kering, 10,2 % protein kasar, 1,6 % lemak, 34,2 % serat kasar, 11,7 % abu dan 42,3 % bahan ekstrak tanpa nitrogen (sumber wikipedia). Tanaman ini pun bisa tumbuh di permukaan tanah yang memiliki ketinggian 2000 m.

Rumput Raja

Banyak para peternak hewan menggunakan rumput raja ini sebagai bahan pakan hewan – hewan ternak mereka. Produksi rumput raja pun terbilang sangat lah tinggi, karena banyak dikembangkan oleh para peternak.

Tanaman ini sebenarnya hasil kawin silang antara rumput gajah dan pennisetum typhoides atau lebih dikenal dengan sebutan milet mutiara. Rumput raja ini pun berbentuk rumpun, tumbuh tegak, batang yang tebal dan keras, tinggi pun mencapai 4 meter.

Sama seperti rumput lainnya, rumput raja juga memiliki kandungan gizi yang cukup untuk para hewan ternak. 12,18 % bahan kering, 11,68 % protein kasar, 32,49 % serat kasar, 1,70 % lemak, 18,15 % abu, 66,4 % bahan ekstrak tanpa nitrogen.

Tanaman ini mudah sekali ditanam karena dapat tumbuh baik di dataran rendah sampai dataran tinggi dengan ketinggian 1.500 meter.

Rumput Benggala

Berbeda dengan rumput gajah dan rumput raja, rumput benggala tumbuh lebih pendek, yaitu 2,5 meter. Tanaman yang bernama latin Megathyrsus maximus ini merupakan salah satu jenis rumput biasa yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pakan ternak (sumber wikipedia).

Memiliki daun yang banyak serta memiliki batang rogga yang berdiameter 2,5 cm. Namun, istimewanya rumput benggala ini bisa hidup menahun lho.

Kandungan gizi di rumput benggala pun terdiri dari 18,37 % protein kasar, 27,40 % serat kasar, 3,81 % lemak, 3,81 % abu, 37,34 % bahan ekstrak tanpa nitrogen.

Rumput Setaria

Tanaman yang bernama latin Setaria sphacelata ini umumnya tumbuh di sekitar kita. Ini karena tanaman yang berbentuk pipih ini secara garis besar hidup di daerah negara – negara tropis.

Istimewanya rumput ini bisa dimanfaatkan sebagai pencegah erosi lho. Kandungan gizi pun terdiri dari 6 – 7 % protein kasar, 42,0 % serat kasar, 36,1 % bahan ekstrak tanpa nitrogen, dan 2,8 % lemak.

 

 

Rumput Lapangan

Rumput lapangan atau yang lebih dikenal dengan rumput liar ini hasil perkawinan antara beberapa rumput lokal. Jadi jangan heran jika kamu menemukan rumput ini di lingkungan sekitar kamu.

Karena kandungan protein kasar yang diproduksi oleh rumput lapangan sangat lah rendah maka kamu harus mencampurnya dengan konsentrat.

Kandungan gizinya antara lain 22,97 % bahan kering, 8,59 % protein kasar, 6,93 % lemak, 8,38 % abu, 36,38 % serat kasar, 48,31 % bahan ekstrak tanpa nitrogen.

 

Gamal

Pernah mendengar tanaman sejenis perdu ini? Nama latin dari Gamal adalah Gliricidia sepium. Namun ada juga yang menyebutnya lirisida, kelor laut dan cebreng.

Tanaman ini banyak manfaatnya untuk hewan ternak seperti kerbau. Dari vitamin A hingga vitamin B3 tersedia pada tumbuhan ini.

Istimewanya gamal dapat membasmi alang – alang di sekitar. Selain cocok dijadikan bahan pakan untuk hewan ternak, gamal juga ternyata dapat kamu konsumsi lho.

Tinggi dari tumbuhan yang juga bernama sama seperti Presiden Mesir, Gamal Abdul Nasser ini memiliki tinggi 2 hingga 15 meter serta berbatang besar.

Bukan hanya itu lho, ibarat manusia yang butuh cemilan begitu pula dengan kerbau. Berikan hewan ternak itu lembah pertanian seperti jerami padi, jerami jagung, jerami kacang buah dan jerami kedelai untuk membuatnya lebih gemuk dan sehat. Tentu tidak lepas dengan kandungan gizi yang tepat ya.

Baca Juga : Ciri dan karakteristik kerbau Jaffarabadi

Loading...
Loading...
Jenis-Jenis Makanan Untuk Hewan Kerbau | ilmuhewan | 4.5