Jenis-jenis makanan ikan Koi

By On Friday, April 7th, 2017 Categories : Pakan Hewan

Jenis-jenis makanan ikan Koi – Makanan juga memiliki peranan penting dalam kehidupan ikan Koi, karena jika salah sedikit memberi makan makan ikan Koi dapat mempengaruhi kehidupannya, misalnya pertumbuhan ikan Koi yang terhambat bahkan bisa jadi akan menjadikan ikan Koi mati dan peternak mengalami rugi.

Jenis pakan yang diberikan pada ikan Koi adalah :

  1. Pakan alami

Pakan alami merupakan pakan berasal dari sumber alam tanpa campuran bahan kimia, misalnya sayuran, buah – buahan dan beberapa hewan seperti udang, bekicot, cacing tanah.

Baca Juga : Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Ikan Koi

Pemberian pakan alami dap menyehatkan si ikan Koi dan dapat juga menghemat biaya pengeluaran. Anda dapat memberi makan ikan Koi dengan pakan alami ini 3 x sehari, namun jangan berlebihan ketika memberikan pakan, karena sisa pakan yang tidak habis dapat mengalami pembusukan pada kolam takutnya dapat menyebabkan hama dan penyakit menyerang ikan Koi.

Pastikan pemberian pakan secara benar, karena jika tidak dikhawatirkan dapat mengganggu pertumbuhan ikan Koi. Sebaiknya pakan yang memiliki harga tinggi diberikan kepada ikan Koi yang memiliki kualitas tinggi sehingga seimbang.

  1. Pakan non alami

Pakan nun alami merupakan pakan yang berasal dari bahan kimia seperti pelet. Pelet ini tidak boleh diberikan kepada ikan Koi secara berlebihan karena mengandung berbagai macam pengawet yang dapat memicu terjadinya berbagai macam penyakit dan akhirnya mati.

Beberapa kandungan yang harus ada pada pakan ikan Koi :

  1. Protein

Protein memiliki manfaat untuk pertumbuhan ikan Koi, yaitu guna memperbaiki jaringan yang rusak dan guna menghasilkan sperma dan telur dengan baik.

Protein sendiri harus terdiri dari 13 asam amino esensial pada diet Koi, namun protein ini juga memiliki kekurangan yang mana dapat menyebabkan ikan Koi tumbuh secara lambat dan jika berkelanjutan maka dapat menyebabkan deformasi tulang belakang. Protein alami bisa diperoleh dari cacing sutra dan protein berbentuk pelet sebaiknya presentasi proteinnya tinggi di atas 30 %.

  1. Lemak

Lemak menjadi salah satu sumber energi pada ikan Koi, selain itu si lemak ini juga memiliki peran sebagai penyedia fattycids dan komponen vital dari membran yang mengelilingi dinding sel pada keseluruhan.

Mereka dapat membuat hampir semua asam lemak kecuali asam linoleat dan linolenat yang memiliki peran penting dalam makanan.

Asam linolenat diperlukan oleh ikan Koi untuk proses pertumbuhan. Lemak yang dibuat mirip dengan cara pembuatan protein yang terikat bersama gliserol.

Lemak memiliki titik lebur rendah yang dapat dengan mudah di cerna oleh ikan Koi  dan akan menyebabkan gejala rusak jantung, sirip serta terjadi masalah hati ketika asam lemak esensial tersebut dihilangkan dari makanan.

Lemak alami dapat diperoleh dari kedelai, ikan, gandum. Asam lemak tersebut akan menjadi tengik ketika bersentuhan dengan udara dan disebut sebagi proses kimia oksida.

Hati ikan Koi merupakan organ utama penyimpan lemak, jika mereka diberi makan makanan basi dapat menyebabkan penyakit bahkan kematian.

  1. Karbohidrat

Karbohidrat menjadi sumber energi metabolisme tubuh ikan Koi, namun karbohidrat yang terlalu banyak dapat menyebabkan kemampuan hati dalam menyimpan zat glikogen menurun. Sumber makanannya dapat dari roti dan kacang polong.

  1. Vitamin

Vitamin memiliki peranan penting dalam pertumbuhan ikan Koi terutama pada masa pemijahan. Walaupun vitamin dibutuhkan sedikit dalam makanan namun jika kekurangan vitamin dapat menyebabkan gangguan klinis.

  1. Mineral

Mineral memiliki fungsi dasar sebagai pembantu proses metabolisme pada ikan Koi .

Baca Juga : Klasifikasi dan Anatomi Ikan Koi

Loading...
Loading...
Jenis-jenis makanan ikan Koi | ilmuhewan | 4.5