Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Jenis-Jenis Insektisida Golongan Organoklorin

By On Tuesday, December 27th, 2016 Categories : Insektisida

Jenis-Jenis Insektisida Golongan Organoklorin – Dengan pertumbuhan pertanian yang terus meningkat dari waktu ke waktu tentu berdampak positif.

Salah satu dampak positifnya adalah semakin beragamnya jenis tanaman yang dibudidaya. Sehingga ragam hasil tani pun semakin tinggi dengan berbagai opsi. Hal tersebut tentunya membuat gairah ekonomi pertanian semakin baik.

Sehingga bisa membuat para petani bisa mendapatkan dampak positifnya. Dimana salah satu dampak positifnya adalah keuntungan ekonomi yang tentunya bisa didapatkan.

Namun semua hal tersebut bisa diraih tentu dengan berbagai catatan. Salah satu catatan paling utama adalah hasil tanam yang harus baik dan juga dengan kualitas terbaik. Tentunya hal tersebut bisa dicapai apabila dalam proses pertanian tidak mengalami serangan hama.

Padahal apabila ditelisik belakangan ini, serangan hama terutama serangga selalu menjadi momok utama bagi para petani.

Tapi tentu masalah tersebut bisa diatasi dengan menggunakan insektisida untuk mengatur serangan hama tersebut. Seperti beberapa jenis insektisida yang selama ini sering digunakan:

  1. Insektisida Organofosfat

Sebenarnya Insektisida jenis ini juga hampir sama dengan jenis insektisida jenis lainnya. Yang menjadi titik pembeda adalah bahan pembuat dari Insektisida jenis Organofosfat ini.

Dimana ternyata Insektisida jenis ini dibuat dari molekul organic yang dicampur dengan bahan lainnya. Salah satu bahan utamanya adalah penambahan fosfat.

Dimana penambahan fosfat ini harus sesuai kadaran atau nantinya Insektisida Organofosfat ini malah berbalik menjadi racun.

  1. Insektisida Organosulfur

Seperti namanya yaitu sulfur atau belerang, Insektisida jenis ini menggunakan campuran belerang sebagai bahan utamanya.

Walaupun sebenarnya apabila ditelisik dari segi keefektifitasan maka sebenarnya Insektisida jenis ini tidak terlalu berbahaya bagi serangga.

Bahkan bagi sebagian serangga masih bisa bertahan hidup apabila disemprot dengan Insektisida jenis ini. Karena fungsi sebenarnya dari Insektisida jenis ini adalah untuk mengarantina hama yang masih belum parah.

  1. Insektisida Karbamat

Yang ketiga adalah jenis Insektisida Karbamat. Dimana bisa dibilang Insektisida jenis ini adalah Insektisida dengan keampuhan dalam mengusir hama yang paling utama. Hal tersebut tidak lepas karena kadar racun yang terkandung di dalamnya bisa dibilang sangat tinggi.

Sehingga membuat banyak jenis hama tidak akan bertahan lama apabila disemprotkan Insektisida jenis ini. Hal tersebutlah yang membuat Insektisida jenis ini banyak digunakan oleh banyak pihak. Apalagi juga dengan efek samping residu yang bisa dibilang masih pada tahap normal.

Namun ternyata Insektisida ini bukan tanpa kelemahan. Dimana kelemahan utama dari Insektisida jenis ini adalah tidak bisa bertahan apabila dalam kondisi cuaca yang basa.

Karena sudah dipastikan efeknya akan meluntur bahkan menghilang. Sehingga sebaiknya apabila ingin menggunakan Insektisida jenis ini untuk memperhatikan cuacanya juga.

  1. Insektisida Thiesonat

Insektisida jenis berikutnya yang ada baiknya untuk diketahui adalah Insektisida jenis Thiesonat. Dimana Insektisida jenis ini merupakan campuran dari senyawa SCN dan susunan molekul lainnya. Salah satu fungsinya adalah untuk menghambat pertumbuhan dari serangga yang menyerang tanaman.

Namun ternyata tidak semua Insektisida mengandung bahan yang aman maupun alami. Salah satu golongan Insektisida yang dicurigai memiliki bahan kimiawi dan juga berbahaya adalah Insektisida golongan Organoklorin.

Sehingga tentunya pengguanna insektisida golongan tersesbut harus diawasi bahkan apabila perlu diatur.

Namun masih ada sebagian orang yang tidak mengetahui tentang jenis-jenis insektisida yang termasuk golongan Organoklorin. Untuk itulah, berikut ini akan dijelaskan jenis-jenis Insektisida Golongan Organoklorin:

  • Insektisida Lindane
  • Insektisida Chlordane
  • Insektisida DDT
Loading...
Jenis-Jenis Insektisida Golongan Organoklorin | ilmuhewan | 4.5