BISNIS ONLINE GRATIS HASIL MELIMPAH KLIK DISINI

Jenis-jenis ikan nila

By On Monday, August 7th, 2017 Categories : Perikanan

Jenis-jenis ikan nila – Ikan nila adalah salahs atu ikan air tawar yang banyak kita temui baik di pasar maupun menjadi salah satu menu restoran.

Namun, ada juga ikan – ikan nila yang di jual di pasaran untuk di jadikan salah satu ikan penghias aquarium atau bisa dibilang ikan hias.

Berikut ada beberapa jenis ikan nila :

  1. Ikan nila gift

Ikan nila Genetic Improvement of Farmed TIlapias atau dikenal dengan sebutan ikan Gift adalah salah satu ikan yang pertama kali dikembangkan oleh ICLARM atau International Center For Living Aquatic Research Management sekitar tahun 1987 yang di dukung oleh Asia Development Bank dan Unites Nations Development Programe atau UNDP.

Baca Juga :

Jenis  Dan Cara pengobatan Penyakit Pada Ikan nila

Cara ternak dan budidaya ikan nila di kolam beton

Kandungan dan manfaat ikan nila untuk kesehatan

Ciri-ciri Ikan Hias Dengan Nilai Harga Yang Tinggi

Cara dan Langkah pemeliharaan indukan ikan nila dengan benar

Ikan in adalah hasil dari seleksi persilangan antara ikan nila dari beberapa negara, yaitu Kenya, Israel, Senegal, Ghana, Singapura, Thailand, Mesir dan Taiwan, sedangkan masuk di Indonesia sendiri pada tahun 1994.

Ikan nila gift mulai dikembangbiakan sejak tahun 1997 dan hingga sekarang sudah mencapai ke generasi ke – 6.

Mereka memiliki keunggulan yang cepat tumbuh, yaitu selama 5 – 6 bulan dan bobotnya bisa mencapai sekitar 600 gram per ekor dan untuk induk betina yang memiliki berat ini mampu bertelur hingga 2.000 – 3.000 butir dalam sekali pijah.

Selain itu mereka adalah ikan yang tahan dengan serangan hama dan penyakit jika dibandingkan dengan ikan nila lainnya.

  1. Ikan nila best

Ikan nila best atau ikan Nila Bogor Enhanced strain tilapias adalah salah satu ikan unggulan yang dihasilkan pada tahun 2008.

Ikan nilai best memang memiliki keunggulan tersendiri di antara jenis ikan nilai lainnya, seperti daya tahan tubuh yang lebih baik, mampu berkembang dengan cepat, yaitu selama 4 bulan panen.

  1. Ikan nila srikandi

Ikan ini salah satu ikan yang cocok untuk di budidayakan di perairan payau. Ikan yang di hasilkan oleh Balai Penelitian Pemuliaan Ikan dan di rilis pada tahun 2012 ini juga memiliki kelebihan dalam daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit.

  1. Ikan nila gesit

Ikan nila gesit adalah salah satu ikan yang mirip dengan ikan nila lokal dan banyak di budidayakan oleh para petani. Ikan ini memang secara genetik dijadikan sebagai ikan pejantan super saja.

Mereka mampu tumbuh secara cepat dan dapat tumbuh selama 4 – 5 bulan dengan panjangsekitar 8 cm dan bobot sekitar 500 – 600 gram / ekor.

  1. Ikan nila Nirwana

Ikan Nila ras wanayasa atau di singkat dengan ikan nirwana adalah ikan yang berasal dari Wanayasa, Purwakarta Jawa barat.

Ikan yang dikenalkan pada tahun 2006 ini banyak di sukai oleh para petani ikan yang mana bobotnya dapatmencapai 650 kg per ekor dalam waktu sekitar 6 bulan.

Ikan nirwana ini juga sangat cocok dimanfaatkan sebagai bahan baku olahan fillet mengingat daging yang dimilikinya tebal.

  1. Ikan nila hitam 69

Ikan nila ini memang didatangkan dari Taiwan, namun karena dalam waktu singkat sudah menyebar ke masyarakat di seluruh Indonesia dan banyak yang sudah akrab membuat nila hitam dikenal dengan ikan nila lokal.

Mereka memiliki warna tubuh hitam atau ke abu – abuan terutama bagian atasnya, sedangkan warna bagian bawah yaitu pada bagian dada dan perut memiliki warna yang agak putih kekuning – kuningan atau kehitaman.

Ikan nila hitam 69 adalah salah satu jenis ikan nila yang mudah berkembang biak  dengan cepat an mampu hidup pada air yang memiliki ph 5, sehingga mereka cocok untuk di budidayakan di berbagai tempat.

Loading...
Jenis-jenis ikan nila | ilmuhewan | 4.5