Jenis-Jenis Ikan Kakap yang Bisa Dibudidayakan

By On Friday, July 7th, 2017 Categories : Jenis dan Macam

Jenis-Jenis Ikan Kakap yang Bisa Dibudidayakan – Ikan kakap adalah jenis ikan yang selalu  hidup berkelompok dan biasanya habitat ikan kakap berada di sekitar karang, rumpon atau tandes.

Ikan yang satu ini umumnya memangsa ikan-ikan kecil dan juga udang. Bentuk tubuh yang dimilikinya yaitu bulat pipih memanjang dan mempunyai sirip di bagian punggung.

Di bawah perutnya, juga terdapat sirip. Ikan kakap ini dapat juga di budidayakan, lho. Nah, berikut ini merupakan jenis-jenis ikan kakap yang dapat dibudidayakan :

Kakap Merah

Nama lain daripada ikan kakap merah yaitu  Red Snapper, North American, atau Genuine Red. Ikan kakap merah ini dinamai Kellet, Darongan, atau Bambangan jika berada di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Baca Juga : Ciri dan Karakteristik Ikan Kakap Putih

Ikan ini dinamai Kakap Merah dan Bambangan jika berada di Jawa Barat dan Jakarta.

Jika berada di Madura, ikan ini dinamai Posepa. Ukuran ikan ini memiliki berat dengan rata-rata 4-10 kg, dan dapat mencapai 20 kg lebih. Rekor dunia yang pernah dicatat oleh ikan kakap merah ini yaitu memiliki berat hampir mencapai 50 pounds.

Ikan jenis tersebut hampir tersebar di sekitar lautan di dunia. Konsentrasi dari ikan kakap merah terpadat umumnya terdapat di lepas pantai hingga mencapai kedalaman 60 meter.

Kakap Cubera

Nama lain ikan ini yaitu Cuban Snapper, Cubera Snapper, dan Cuban Dog. Ukuran ikan ini mencapai berat rata-rata 15-25 kg, dan mampu mencapai 50 kg lebih.

Sifat dari ikan kakap jenis ini yaitu merupakan petarung sejati yang memanfaatkan ukuran serta kekuatannya serta semua rintangan yang ada di sekitarnya demi keuntungan untuk perlawanannya.

Kakap Domba

Nama lain daripada ikan kakap domba ini yaitu Muttonfish, Mutton Snapper, Reef King, dan Pargo. Ukuran yang dimilikinya dapat mencapai rata-rata 2,5 hingga 7,5 kg, da nada juga yang dapat mencapai 15 kg lebih.

Rekor dunia yang pernah dicatat oleh ikan ini yaitu memiliki berat hingga mencapai 28 pounds.

Sifat daripada ikan jenis ini adalah seekor ikan petarung yang kuat dikedalaman serta dapat menampilkan pesonanya tersendiri di tempat dangkal atau dapat juga melarikan diri di permukaan, dan kemudian turun dengan terus menerus untuk bertahan dengan cara memanfaatkan kekuatan dan sisi yang lebar daripada tubuhnya.

Kakap Batu

Nama lain dari ikan kakap batu ini yaitu Mangrove Snapper, Gray Snapper, Black Snapper, Caballerote, dan Mango. Jenis : Lutjanus Griseus. Ukuran yang dimilikinya yaitu rata-rata mencapai 1-3 kg, dan ada juga yang mampu mencapai 10 kg lebih.

Rekor dunia yang pernah dicatat oleh ikan ini yaitu mencapai berat hingga 17 pounds. Karakter daripada ikan ini yaitu pada saat ikan terpancing, ikan kakap batu tersebut akan melarikan diri dengan cepat dan kemudian akan melakukan pertarungan yang hebat hingga sampai ke sisi perahu.

Kakap Sutera

Nama lain daripada ikan kakap sutera ini yaitu Silk Snapper dan Yelloweye. Ukuran ikan ini dapat mencapai berat rata-rata 1,5 hingga 2,5 kg, sementara itu berat maksimum nya tidak diketahui.

Rekor dunia yang telah dicatat oleh ikan ini yaitu dapat mencapai berat sebanyak 18 pounds.

Kakap Sirip Hitam

Nama lain dari ikan kakap sirip hitam ini yaitu Black Snapper, Blackspot, Bahamas Red Snapper. Ukuran yang dimiliki oleh ikan kakap sirip hitam ini dapat mencapai rata-rata sekitar 1,5-2 kg, dan mampu mencapai berat sebesar 5 kg.

Kakap Ekor Kuning (Wakung Sawo)

Nama lain daripada ikan kakap ekor kuning/wakung sawo ini yaitu Yellowtail Snapper, Flag, Tail dan Rabirubia. Ukuran yang dimilikinya yaitu mencapai berat rata-rata 0,5-1,5 kg, serta mampu mencapai 4 kg.

Rekor dunia yang pernah dicatat oleh ikan kakap ekor kuning ini yaitu mencapai 8 pounds. Sifat daripada ikan ini yaitu ikan ini merupakah salah satu ikan petarung yang seru bagi kelas piranti yang berimbang dengan berat ikan, serta juga merupakan salah satu ikan yang terbaik jika dibandingkan diantara ikan-ikan karang yang lainnya.

Baca Juga : Cara Mudah Pemijahan Ikan Kakap Putih

Loading...
Loading...
Jenis-Jenis Ikan Kakap yang Bisa Dibudidayakan | ilmuhewan | 4.5