Jenis-jenis Ikan Cupang yang Harus Diketahui

By On Sunday, March 13th, 2016 Categories : Perikanan

Jenis-jenis Ikan Cupang yang Harus Diketahui – Ikan cupang terkenal dengan keindahan siripnya, bentuk dan warna yang menarik serta gerakan tubuh yang tenang dan berwibawa.

Beberapa jenis ikan cupang dikenal sebagai ikan petarung yang suka menyerang dan agresif. Kebnayakan ikan cupang yang dipelihara ialah ikan cupang hias dan ikan cupang adu.

Menurut sejarahnya, habitat asli ikan cupang ini tersebar di seluruh wilayah Asia Tenggara, meliputi Thailand, Indonesia, Kamboja, Brunei, Malaysia dan Singapura. Ikan cupang berasal dari spesies Betta Splendens.

Untitled

Pehobi ikan cupang biasanya mengenal beberapa jenis dari ikan cupang. Mereka pun memberi sebutan ikan tersebut dengan nama-nama yang indah.

Baca Juga : Teknik dan Cara Budidaya Ikan Sepat Untuk Pemula

Misalnya, Serit (Crown tail), Cagak (Double tail), Bulan Separuh (Halfmoon), Laga (Plakat)dan beberapa jenis hasil persilangan lainnya.

Penamaan nama ikan tersebut berdasarkan bentuk tubuh dan sirip yang dimiliki ikan cupang hias. Selain itu masih ada banyak jenis dari ikan cupang hias. Sebagaian kecil dari mereka adalah hasil persilangan.

Klasifikasi ilmiah ikan cupang

Menurut klasifikasi ikan cupang secara ilmiah termasuk dalam keluarga Osphronemidae, genus Betta dan spesies Betta Splendens.

Hingga saat ini telah diketahui ada 73 spesies ikan cupang yang terdapat dalam alam, menurut Fish Identifcation.

Spesies tersebut dikelompokan untuk tujuan konservasi, penyilangan (brending) dan kemudahan budidaya.

Hingga saat ini sudah ada lebih dari 13 komplek ikan cuang dan yang paling populeradalah Splendens complex. Dari presilangan spesies ini dengan spesies lain menghasilkan 5 spesies, yaitu:

  • Betta mahachai
  • Betta imbellis
  • Betta stiktos
  • Betta smaragdina
  • Betta splendens

Biasanya ikan cuang yang beradar di pasaran berasal dari kelompok Splendens complex. Dari jenis ini yang paling populer ialah Betta splendens atau sering disebut Siamese fighting fishi.

Dari hasil persilangan Betta splendens menghasilkan jenis-jenis ikan cupang yang amat menarik.

Jenis ikan cupang

Para pehobi dan penyilang ikan cupang mengelompokan jenis ikan cupang berasarkan bentuk dan warna yang dimilikinya.

Setiap hasil persilangan akan melahirkan ikan cupang yang memiliki karakter dan bentuk yang khas. Jenis ikan cupang yang populer ialah:

  • Serit (Crown tail)

Ikan cupang serit menjadi populer karena variasi keindahannya. Ikan jenis ini juga disebut ekor mahkota. Jika ikan dibalik menghadap keatas, serit-serit pada ekor akan terlihat seperti mahkota raja. Jenis ikan cupang serit ini juga memiliki banyak varian, seperti jenis serit tunggal dan serit ganda.

  • Petarung (Plakat)

Ikan cupang petarung biasanya digunakan sebagainiakn aduan. Sirip yang dimiliki pendek sehingga memberi kesan kokoh dan kekar. Gerakannya pun terlalu anggun namun terlihat lebih sangar.

  • Bulan separuh (Halfmoon)

Ikan cupan jenis ini memiliki sirip dan ekor yang seolah menyatu dan membentuk setengah lingkaran. Jika ikan dilihat dari samping, sirip ikan ini membentuk seperti bulan sebelah.

Ikan cupang bulan separuh ini memiliki varian warna yang beragam. Seperti warna merah menyala, kuning dan beberapa varian yang lainnya.

  • Raksasa (Giant)

Ukuran terbesar dari ikan jenis ini mencapai 12 cm. Oleh sebab itu ikan ini di sebut raksasa. Ikan jenis ini merupakan hasil persilangan ikan cupang petarung dengan jenis ikan yang lainnya.

  • Cagak (Double tail)

Ekor ikan jenis ini memiliki ekor yang terelah dua seperti bercagak dua. Sehingga ikan ini disebuut jenis cagak. Ikan ini bisa dibilang jarang ditemui di pasaran karena cukup sulit untuk dikembangkan.

Baca Juga : Bagaimana Cara Budidaya Ikan Nilem?

Jenis-jenis Ikan Cupang yang Harus Diketahui | ilmuhewan | 4.5