Jenis Jenis Hormon yang ada Pada Hewan

By On Wednesday, January 3rd, 2018 Categories : Info Lainnya

Disini saya akan membahas tentang Jenis jenis Hormon yang ada Pada Hewan. Semoga kalian dapat memahami dan hafal tentang apa yang akan saya jelaskan secara singkat, padat, dan jelas.

Supaya kalian bisa lebih mudah tentang apa yang saya jelaskan berikut.

Pengertian

Sebelum membahas tentang jenis hormone pada hewan. Kita harus tahu apa itu hormon. Hormon adalah zat yang ada di dalam tubuh, zat ini dibawa oleh organ organ tertentu untuk menjadi pelancar dari kerja organ tersebut.

Kelenjar ini disebut dengan kelenjar ductless atau kelenjar tanpa saluran. di dalam tubuh memiliki bermacam jenis hormon.

Baca Juga : Manfaat dan Kandungan Gizi Ikan Kuro

Tidak hanya manusia, tumbuhan dan hewan juga memiliki hormon. Hormon hormon ini gunanya sangat penting bagi kehidupan mahluk hidup.

Jenis Jenis Hormon

Sesuai dengan judul diatas disini saya akan menjelaskan hanya jenis jenis hormon yang ada pada hewan. Lalu apa saja hormon yang ada pada hewan.

Hormon pada hewan ada tiga jenis yaitu hormon Steroid, Hormon Lipid, dan Hormon Peptida. Dari ketiga itu masih ada sub sub hormon yang lebih banyak lagi.

1). Hormon Steroid

Hormon ini berasal dari kolesterol tubuh hewan. Beberapa sub di hormon steroid adalah hormon seks dan beberapa hormon korteks adrenal.

  • Hormon testosterone

Seperti hormon seks pada pria. Testosterone, dan sebagian lainnya di hasilkan oleh sel Leydig. Hormon ini berguna untuk mengatur perkembangan karakteristik sekunder seksual laki laki. Seperti manusia hewan juga bisa mengalami perubahan suara, rambut lebih lebat, tulang semakin kuat pada masa pertumbuhan. Hal ini dapat terjadi saat hewan jantan mengalami pubertas.

  • Hormon estrogen

Sama seperti manusia wanita, hormon ini bagi hewan betina berguna untuk mengatur perkembangan karakteristik sekunder seksual betina. Contoh seperti suara semakin melengking, bulu mata semakin lentik, itu pada hewan betina. Mirip seperti manusia bukan.

  • Hormon progesterone

Ini juga dimiliki hewan betina. Gunanya untuk mengatur proses kehamilan pada hewan betina.  Dari ovulasi, kemudian hamil, dan melahirkan.

  • Glukokortikoid

Hormon ini berfungsi merangsang gluconeogenesis. Hormon ini juga ikut merangsang gangguan lemak yang ada pada jaringan adipose, menghasikan sintesis protein.

  • Mineralkortikoid

Berfungsi sebagai penyerap natrium yang ada di dalam ginjal. Hormon ini juga bisa meningkatkan volume darah dan tekanan dalam tubuh.

2. Hormon Lipid

Berasal dari makro molekul yaitu lemak. Mampu mengirimkan sinyal atau impuls terhadap organ dan sel di sekitarnya.

  • Hormon eikosanid

Hormon yang di produksi oleh lipid.  Berfungsi memproduksi fungsi tubuh. Mampu menetralisir rasa sakit di dalam tubuh dan bisa juga menjadi pengontrol pembekuan darah dan pengontrol tekanan darah.

  • Hormon asam amino

Hormon ini memang berasal dari asam amino. Jika dalam skala banyak disebut neurotransmitter. Yang dapat masuk dalam hormon ini adalah tiroid dan medulla adrenalin.

  • Hormon Tiroid

Dimamakan T3 triodotomine atau T4 yaitu Tiroksin. Fungsinya merangsang oksigen oksigen dalam tubuh untuk pernafasan. Mampu meningkatkan metabolism tubuh hewan.

  • Hormon medulla adrenal

Hormon ini adalah hormon yang dapat memicu hewan untuk berlari, atau bisa disebut hormon darurat. Untuk merealisakikan, hormon ini keluar dalam tubuh dan di kirim ke otak kemudian di salurkan ke otot supaya terangsang untuk berlari.

3. Hormon Peptida

Hormon ini berasal dari asam amino ikatan polimer, sehingga sedikit mirip dengan asam amino. Fungsi dari hormon ini adalah pengatur metabolism dalam tubuh hewan. Hormon yang termasuk hormon peptide adalah hormon insulin dan glucagon

  • Hormon insulin

Fungsi dari hormon ini adalah membantu asupan glikolisis, glukosa dan glikogenesis. Terletak di otot dalam darah serta hati. Hormon ini juga membantu asupan lemak pada tubuh hewan.

  • Hormon glucagon

Fungsinya membawa glikogenesis dan glukoneogenesis yang ada di dalam hati.

Selain jenis hormon di atas, pada hewan juga memiliki hormon lainnya. Yaitu jenis hormon berdasarkan lokasinya

  • Hormon ekdison

Berfungsi untuk mengontrol proses pergantian kulit, contohnya seperti ular jika pada hewan.

  • Hormon juvenile

Hormon ini berfungsi untuk menghambat proses metamorfosis pada hewan, dikarenakan tempat dan lingkungan tidak cocok untuk melakukan metamofosis.

  • Hormon GH

Berfungsi untuk merqangsang pertumbuhan pada hewan. Jika hewan itu terlalu besar maka bisa disebut gigantisme.

  • Hormon neuropeptide

Hormon ini ditemukan yang memiliki takson rendah, sehingga tidak memiliki tulang belakang. Fungsinya untuk merangsang dan regrenerasi pada hewan.

Demikian penjelasan dari saya tentang Jenis jenis Hormon yang ada Pada Hewan. Semoga bisa di fahami dan semoga bermanfaat.

Baca Juga : Pengertian, Jenis, Mekanisme Kerja dan Keuntungan Memberikan Probiotik Pada Hewan

Loading...
Loading...
Jenis Jenis Hormon yang ada Pada Hewan | ilmuhewan | 4.5