Jenis Jenis Cacing Yang Bisa Digunakan Untuk Pakan Burung

By On Tuesday, November 22nd, 2016 Categories : Pakan Hewan

Jenis Jenis Cacing Yang Bisa Digunakan Untuk Pakan Burung – Cacing adalah salah satu jenis hewan yang menjijikkan namun mempunyai banyak manfaat yang luar biasa untuk keseimbangan lingkungan dan juga kesehatan.

Dalam bidang pertanian, cacing tanah dimanfaatkan untuk menyuburkan tanah karena keberadaan cacing tanah dapat meningkatkan populasi mikroba dalam tanah yang menguntungkan tanaman.

Dalam bidang pengobatan, cacing dipercaya dapat menyembuhkan penyakit demam, typus, nyeri sendi dan lain-lain.

pakan-cacing

Baca Juga : Cara Merawat Burung Merak Yang Baik Dan Benar

Dalam bidang peternakan, kandungan protein, lemak dan mineral cacing tanah dapat dimanfaatkan untuk  pakan ternak seperti unggas, ikan dan udang.

Cacing ternyata juga dapat diolah menjadi kosmetik yakni sebagai pelembab kulit dan bahan baku pembuatan lipstik.

Bagi para pencinta burung, cacing juga dapat dimanfaatkan untuk pakan burung kesayangan mereka. Kandungan protein cacing yang cukup tinggi, sekitar 72%, sangat berguna untuk perkembangan dan pertumbuhan burung peliharaan.

Cacing juga mempunyai kandungan gizi lain seperti Arginin (10,7%), Trosin (2,25 %) yang sangat baik bila diberikan pada burung kicauan seperti cendet, kenari, jagal papua, prenjak, ciblek, cicilin dll.

Berikut ini adalah jenis-jenis cacing yang bisa digunakan untuk pakan burung :

  1. Cacing Tanah

Cacing tanah yang mempunyai nama latin Lumbricus Terestris banyak dijumpai di tanah tanah pekarangan yang lembab dan tidak terlalu kering. Biasanya banyak terdapat di bawah pohon pisang atau timbunan kotoran sapi.

Untuk mendapatkan cacing tanah, bisa dilakukan dengan cara menggali tanah yang ada cacingnya menggunakan sekop maupun cangkul.

Agar lebih mudah pencarian bisa dilakukan menggunakan campuran air sabun lalu siramkan ke tanah yang kemungkinan ada cacingnya. Tunggulah beberapa saat, cacing nanti akan muncul dengan sendirinya.

  1. Cacing Bayam

Cacing dengan nama latin Eisenia Sp ini banyak ditemui di pekarangan rumah yang terdapat tanaman sayuran bayamnya.

Sesuai dengan namanya, tempat tinggal cacing bayam adalah di daun-daun bayam yang sudah membusuk. Bentuk tubuh Cacing Bayam sangat panjang mencapai 25 cm.

Jika cacing ini akan diberikan pada burung peliharaan, sebaiknya di potong-potong kecil terlebih dahulu.

  1. Cacing Merah

Cacing merah mempunyai nama latin Lumbricus Rubellus. Cacing ini banyak diumpai di sungai dan got-got dangkal yang di bawahnya terdapat tanah halus. Cacing Merah harganya tergolong mahal karena banyak yang membutuhkannya.

Sebelum memberikan cacing pada burung, yang harus dipeehatikan adalah kebersihan cacing itu sendiri. Sebaiknya cacing harus dibersihkan kemudian dijemur sebentar serta dipotong kecil-kecil baru diberikan pada burung.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Murai Agar Memiliki Ekor Panjang

Jenis Jenis Cacing Yang Bisa Digunakan Untuk Pakan Burung | ilmuhewan | 4.5