Jenis-jenis Burung Tledekan

By On Sunday, August 6th, 2017 Categories : Burung

Jenis-jenis Burung Tledekan – Burung tledekan adalah salah satu burung yang berkeluarga dengan burung sikatan, dan burung ini dikenal juga oleh masyarakat dengan sebutan burung sulingan dengan nama latin cyornis.

Banyak yang mengatakan bahwa habitat aslinya adalah negara Korea, Jepang, China dan Rusia, yang mana mereka harus bermigrasi karena habitat aslinya sedang mengalami musim dingin, sehingga mereka mencari tempat yang kondisinya lebih hangat, seperti negara di dekat khatulistiwa termasuk Indonesia.

Burung yang hidup di daerah yang memiliki ketinggian sekitar 5.000 – 35.000 kaki ini biasa membuat sarang yang berasal dari lumut atau serabut lainnya dan dibentuk mirip piala.

Biasanya mereka akan menempatkan sarang – sarang tersebut pada bebatuan Ayn berlumut, pohon busuk yang berongga atau batang – batang pohon.

Baca Juga :

Daftar Harga burung Tledekan terbaru

Tips dan Trik Dalam Perawatan Burung Tledekan

Cara Memilih Bakalan Burung Tledekan

Daftar Hewan Yang Hampir Punah Di Indonesia

Cara Ternak dan Budidaya Burung Macaw untuk Pemula

Ada beberapa burung tledekan yang membuat sarang di atas tanah namun kebanyakan mereka membuat sarang di atas pepohonan.

burung tledekan ini memiliki suara yang merdu bagaikan suara seruling yang sedang dimainkan.

Mereka adalah burung petarung yang mana dapat emosi ketika bertemu dengan burung tledekan lain, sehingga suara mereka akan terdengr lebih emosi.

Ada berbagai macam jenis tledekan yang di kenal di masyarakat , seperti :

  1. Tledekan gunung Jawa

Sebenarnya masyarakat memberinya nama tldekan gunung Jawa ini dikarenakan mereka lebih sering atau biasa mencari makan di daerah pegunungan dan sering di temukan di pulau Jawa.

Pada umumnya ciri dari burung tledekan Jawa ini adalah bulu pada kepala bagian atas, punggung hingga ekor memiliku warna biru gelap.

Terlihat tampak Orange warna pada bagian dada hingga perut dari burung tledekan gunung.

Kabarnya burung tledekan gunung Jawa ini memiliki suara yang lebih mengkristal jika dibandingkan dengan burung tldekan lainnya, seperti tledekan laut.

  1. Burung tledekan gunung Kalimantan

Burung satu ini jika di lihat sekilas mirip sekali dengan burung tledekan gunung Jawa yang mana memiliki warna biru tua pada bagian kepala, punggung hingga ekor.

pada bagian dada dan perut juga bulunya berwarna Orange, namun, ketika anda memperhatikannya secara detail warna yang dimiliki oleh burung tledekan gunung Kalimantan ini warna pada dada dan perut lebih gelap atau lebih terangan burung tledekan gunung Jawa.

  1. Burung tledekan laut

Burung tledekan ini memiliki nama lain tledekan bakau yang dikarenakan sering ditemui di tepian laut maupun di hutan bakau.

Warna bulu yang dimilikinya juga mirip dengan tledekan gunung Jawa maupun Kalimantan, hanya saja tledekan laut ini memiliki warna biru pas bagian kepala, punggung, ekor dan dada, sedangkan bagian perut warnanya Orange keputihan.

Anda dapat menemukan burung ini di Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan dan Karimun Jawa.

  1. Burung tledekan biru putih

Masyarakat menyebutnya tledekan biru putih dikarenakan hampir semua bulu – bulunya memiliki warna biru kecuali pada bagi perut hingga pantatnya yang memiliki warna putih.

Di Indonesia burung tledekan di bagi menjadi 2, yaitu tledekan biru muda dan tledekan Ninon, namun sering kali masyarakat menjumpai burung tledekan biru dibandingkan dengan burung tledekan Ninon.

  1. Burung tledekan kembang

Warna bulu yang mendominasi burung tledekan kembang adalah warna hitam dan warna putih hanya ditemukan pada bagian sayap dan bagian dadanya bulu – bulu memilih warna Orange.

Warna putih pada sayapnya mirip dengan warna yang ada pada burung Acer atau burung decu.

Loading...
Jenis-jenis Burung Tledekan | ilmuhewan | 4.5