Jenis-jenis Burung Tali Pocong (Seriwang Asia)

By On Thursday, June 29th, 2017 Categories : Jenis dan Macam

Jenis-jenis Burung Tali Pocong (Seriwang Asia) – Asian Paradise Flycatcher atau yang lebih dikenal dengan nama burung Seriwang yang berasal dari Asia merupakan salah satu jenis burung kicau endemik benua Asia.

Di beberapa daerah di Indonesia, burung Seriwang Asia ini sering disebut dengan burung tali pocong atau burung tali mayit.

Julukan tersebut diberikan karena burung ini memiliki ekor yang panjang dan berwarna putih seperti tali pocong. Burung yang memiliki nama ilmiah Terpsiphone Paradisi ini memiliki panjang tubuh mencapai 22 cm, sedangkan burung tali pocong jantan memiliki panjang hingga 30 cm.

Baca Juga : Ciri-ciri Burung Perkutut yang Membawa Keberuntungan

Keunikan burung kicau yang satu ini terletak pada ekornya yang panjang yaitu mencapai 24 hingga 30 cm. Ekornya yang panjang membuat burung Seriwang Asia terlihat seperti burung Murai Batu.

Namun terdapat pula perbedaan antara kedua burung tersebut, burung Murai Batu memiliki jenis warna yang berbeda dengan burung Seriwang Asia atau burung tali pocong.

Burung seriwang Asia ini dapat ditemukan di hutan Asia dan berbagai wilayah lainnya khususnya di daerah penyebarannya seperti Cina, Turki, India, Indonesia, Korea dan Srilanka.

Di Indonesia sendiri, burung ini tersebar mulai dari Jawa, Kalimantan, Sumatera dan Nusa Tenggara. Untuk di daerah Kalimantan sendiri, burung ini cukup umum ditemukan di hutan-hutan dataran rendah dengan ketinggian mencapai 1200 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Sedangkan di Jawa hanya terbatas pada hutan dataran rendah dengan ketinggian di bawah 800 mdpl.

Burung Seriwang Asia dikenal sebagai jenis burung kicau yang sangat berisik, hal ini disebabkan karena kicauan burung ini cukup tajam. Burung kicau endemik Asia ini gemar memakan serangga.

Selain serangga, burung ini juga suka memakan ulat dan buah-buahan kecil yang memang makanan tersebut dapat ditemukan di hutan. Burung Seriwang Asia betina dapat menghasilkan telur antara 3 hingga 4 butir.

Telur dari burung Seriwang Asia ini berwarna cokelat yang hampir mirip dengan telur ayam, bedanya telur dari burung Seriwang Asia terdapat bercak kemerahan. Burung Seriwang Asia ini memiliki beberapa spesies, berikut di antaranya.

Terpsiphone Leucogaster

Burung Seriwang Asia atau burung Tali Pocong dengan spesies Terpsiphone Leucogaster memiliki bulu berwarna putih, sedangkan jambul dan kepalanya berwarna hitam.

Iris mata dari spesies burung ini berwarna hitam dan sayapnya juga berwarna hitam pada beberapa bulunya.

Terpsiphone Paradisi

Berbeda dengan jenis Terpsiphone Leucogaster, spesies burung Seriwang Asia yang satu ini memiliki punggung dan ekor berwarna cokelat tembaga, sedangkan perut dan dada dari spesies Terpsiphone Paradisi berwarna putih.

Iris mata dari spesies burung Seriwang Asia yang satu ini juga berbeda dengan spesies Terpsiphone Leucogaster, spesies burung Seriwang Asia ini memiliki iris mata berwarna cokelat dengan titik hitam.

Burung Seriwang Asia dengan jenis Terpsiphone Paradisis ini juga memiliki jambul pada kepalanya yang berwarna hitam. Kaki dari burung ini terbilang cukup pendek sehingga saat bertengger tubuhnya terlihat tegap.

Terpsiphone Paradisi Betina

Jika burung Seriwang Asia dengan jenis Terpsiphone Paradisi memiliki punggung dan ekor berwarna cokelat tembaga, untuk spesies paradisi betina memiliki punggung berwarna cokelat sedangkan pada bagian dada dan perutnya berwarna putih kusam. Berbeda dengan spesies paradisi jantan, burung paradise betina memiliki ekor yang lebih pendek.

Itulah beberapa jenis atau spesies dari burung Seriwang Asia atau di Indonesia dikenal dengan sebutan burung tali pocong atau tali mayit.

Baca Juga : Ciri dan Karakteristik Burung Perkutut Majapahit

Loading...
Loading...
Jenis-jenis Burung Tali Pocong (Seriwang Asia) | ilmuhewan | 4.5