Jenis Jenis Burung Merak dan Daerah Asalnya

By On Friday, November 11th, 2016 Categories : Burung

Jenis Jenis Burung Merak dan Daerah Asalnya – Burung Merak merupakan salah satu jenis burung yang masih berfamily dengan ayam hutan.

Burung ini dinobatkan sebagai salah satu burung terindah di dunia karena memiliki bulu yang berwarna-warni dan juga mahkota yang eksotik di kepalanya.

Terdapat banyak perbedaan yang signifikan antara Burung Merak Jantan dan Burung Merak Betina.

jenis-burung-merak

Baca Juga : Cara Melatih Burung Jalak Hongkong Agar Rajin Gacor

Untuk Burung merak yang berjenis jantan mempunyai ukuran tubuh yang lebih besar dibanding dengan Burung merak berjenis kelamin betina.

Sedangkan bulu ekor dari merak jantan sangat panjang mencapai 300 cm sementara bulu ekor betina panjangnya hanya 50 cm  saja. Merak jantan juga mempunyai jambul yang menjulang tinggi serta tegap keatas.

Daerah perkembangan burung merak tidak hanya ada di Indonesia saja, namun habitatnya berkembang luas di seluruh dunia.

Seperti jenis burung lainnya, burung merak juga terdiri dari banyak jenis yang sesuai dengan daerah asalnya. Jenis-jenis Burung Merak dan asalnya diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Merak Biru

Burung Merak Biru mempunyai nama latin Pavo Cristatus dan merupakan salah satu jenis burung merak yang unik karena sebagian besar bulu ditubuhnya didominasi oleh warna biru yang mencolok.

Di atas kepala burung merak biru terdapat jambul yang berdiri tegak membentuk kipas dan berwarna biru pula. Merak Biru jantan yang sudah dewasa ukuran tubuhnya lumayan besar dengan panjang mencapai 230 cm.

Daerah Asal dari Burung Merak Biru adalah dari India, namun populasinya sudah menyebar  ke Pakistan, Sri Lanka, Nepal dan Bangladesh. Sekarang ini spesies Merak Biru sudah terancam punah sehingga sangat dilindungi.

  1. Merak Hijau

Nama latin dari Burung Merak Hijau adalah Pavo Mucitus. Burung Merak ini memiliki bulu yang  berwarna dominan hijau dengan campuran warna keemasan.

Merak Hijau jantan dewasa ukurannya sangat besar, dengan panjang hampir 300 cm dan penutup ekor yang sangat panjang pula.

Sedangkan yang betina ukurannya lebih kecil dari yang jantan. Bulu-bulunya juga kurang mengkilap, berwarna hijau agak keabu-abuan tanpa dihiasi bulu penutup ekor. Keistimewaan dari burung merak hijau ini adalah kepandaiannya terbang yang tidak dimiliki oleh jenis burung merak lainya.

Populasi Merak Hijau banyak tersebar di Jawa Indonesia, India, malaysia, bangladesh dan  juga Republik Rakyat Cina.

  1. Merak Kongo

Merak kongo mempunyai nama ilmiah Afropavo congensis. Burung merak jenis ini yang jantan memiliki bulu yang berwarna biru gelap dengan dihiasi warna hijau dan juga ungu mengkilap.

Kulit bagian lehernya berwarna merah dan dikepalanya terdapat jambul tegak yang berwarna putih. Sedangkan Burung Merak Kongo betina berwarna coklat, dengan bulu-bulu sayap  berwarna hijau mengkilap dan pada kepalanya terdapat jambul yang berwarna coklat.

Sesuai namanya burung merak jenis ini berasal dari Kongo di benua afrika. Sama seperti merak jenis lainnya, merak Kongo sekarang ini termasuk jenis burung yang langka dan di lindungi.

Demikian ulasan tentang Jenis-Jenis Burung Merak dan daerah asalnya, Semoga dapat bermanfaat.

Baca Juga : Cara Membedakan Burung Kolibri Jantan dan Betina Dengan Mudah

Loading...
Jenis Jenis Burung Merak dan Daerah Asalnya | ilmuhewan | 4.5