Jenis-jenis burung lovebird dengan harga jual tinggi

By On Friday, July 29th, 2016 Categories : Burung, Info Lainnya

Jenis-jenis burung lovebird dengan harga jual tinggi – Memang tidak dapat dipungkiri bahwa banyak orang yang memelihara lovebird karena memang banyak yang membisniskan burung loverbird.

Nah, salah satunya mungkin anda. Burung lovebird merupakan burung yang banyak dibudidayakan karena berbagai keunikan dan menguntungkan.

Nah, apa saja jenis burung lovebird yang ada, ini dia ulasannya.

Untitled

LoveBird dan keunikannya

Siapa yang tidak kenal burung berparuh bengkok satu ini. Begitu melihatnya pasti banyak orang menyukainya baik karena warna dan kicauannya.

Lovebird merupakan burung dari afrika yang ketenarannya tidak perlu diragukan lagi. banyak yang mengatakan bahwa burung lovebird juga merupakan burung monogami, jika pasangannya mati maka pasangannya yang lain akan jatuh sakit.

Namun faktanya breeder banyak yang membiarkan satu jantan dapat kawin dengan beberapa betina. Jenis dan spesies lovebird lumayan banyak, karena burung ini cukup mendunia.

  1. Lovebird muka salem

Jenis muka salem memang cukup lucu. Warna hijau kuning pada tubuh umumnya menjadi ciri khas burung jenis ini. Muka salem banyak ditemukan di gurun namib di sebelah barat daya afrika.

Matanya berwarna merah dan sayapnya berwarna hijau kebiruan. Ukuran panjang tubuh 15 cm dengan panjang sayap rata-rata 106 mm dan panjang ekornya mencapai 52 mm.

  1. Lovebird madagaskar

Lovebird madagaskar berukuran lebih mungil. Bobot tubuhnya hanya 30-50 gram saja. Jenis lovebird satu ini lebih dominan memiliki warna hijau saja sehingga lebih mudah membedakannya.

Jantan dan betina burung ini juga lebih mudah, seperti warna abu dikepalanya menandakan jantan dan warna hijau di kepala betina dikepalanya menandakan betina. Burung ini sangat jarang di tanah air karena asalnya sesuai dengan nama jenisnya dari madagaskar, Afrika.

  1. Lovebird muka merah

Lovebird muka merah sesuai namanya. Burung ini memiliki warna merah pada kepalanya. Di tanah air terkenal dengan burung labet merah.

Namun untuk jenis betina kepalanya lebih berwarna oren dibandingkan dengan merah. Ukurannya mencapai 15 cm.

Selain itu burung jenis ini memiliki penyebaran yang luas dibandingkan dengan jenis lain. Namun burung ini merupakan jenis burung yang sulit dibudidayakan, sehingga jenis ini agak jarang ditemukan di tanah air.

Populasi burung ini bisa ditemukan di daerah pesisir pantai Afrika tengah hingga bagian barat Ethiopia.

  1. Loverbird kacamata topeng

Anda mungkin merasa lucu bukan dengan namanya. Nama kacamata topeng diambil karena memang bentuk fisik wajahnya yang berbeda warna dengan tubuhnya sehingga terlihat seperti mengenakan topeng.

Dengan wajah hitam dan tubuh hijau bukan hal yang sulit untuk mengenali burung ini. Ia dapat tumbuh memanjang hingga 14,5 cm.

Baik betina ataupun jantan sama warnanya. Warna yang menghiasi bulunya ini hampir tidak bisa dibedakan. Burung ini pertama kali ditemukan di timur laut tanzania. Dan dibudidayakan pertama kali di kenya. Namun tak berselang lama banyak diperdagangkan.

  1. Lovebird abisinia

Hampir seluruh burung lovebird berwarna hijau dan sedikit kekuningan. Termasuk jenis ini dengan perpaduan antara warna hijau dan sedikit hitam pada tubuhnya.

Namun pada lovebird jantan diwajahnya terdapat warna merah yang menjadi ciri khasnya. Wilayah penyebaran burung ini sekitar Ethiopia.

Ada banyak jenis lainnya untuk lovebird, ada jenis kacamata pipi hitam, kacamata nyasa dan kacamata fisher. Nama yang didapatkan untuk setiap masing-masing jenis lovebird berasal dari ciri fisik yang ada pada loverbird tersebut.

Baca Juga : Bagaimana Cara Menjodohkan Burung LoveBird?

Jenis-jenis burung lovebird dengan harga jual tinggi | ilmuhewan | 4.5