Jenis-jenis burung kacer

By On Saturday, July 15th, 2017 Categories : Jenis dan Macam

Jenis-jenis burung kacer – Burung kacer memang salah satu burung yang dikenal dengan suaranya yang merdu dan mampu menirukan suara burung – burung yang ada di sekitarnya.

Pada umumnya burung kacer ini memiliki warna yang didominasi oleh warna hitam.

Karena suara dan tampilannya yang berbeda itu, membuat banyak pencinta burung tertarik untuk memilikinya, tapi sebelum membelinya, alangkah baiknya jika mengetahui terlebih dahulu jenis – jenis dari burung kacer, sehingga memudahkan anda ketika membelinya.

Berikut ini ada beberapa jenis burung kacer, diantaranya :

Burung kacer Poci atau Sumatra

Burung kacer Sumatra ini adalah salah satu burung kacer yang penyebarannya di pulau Sumatra dan banyak yang mengenalnya dengan sebutan burung kacer poci.

Baca artikel Terkait :

Cara Menjodohkan Burung Kacer Anakan

Ciri Dan Karakteristik Burung Kacer

Cara Membedakan Burung Kacer Betina dengan Jantan

Cara Ternak dan Perawatan Burung Kacer

Daftar Harga Burung Kacer  Terbaru

Jenis burung kacer Sumatra ini bisa dikatakan banyak peminatnya dengan ciri kepala, leher, punggung, sisi luar ekor dan dada memiliki warna hitam, dan sebagian dada, perut hingga ekor dalamnya memiliki warna putih.

Mereka memiliki kicauan yang bernada keras, pandai menirutkan burung yang ada disekitarnya dan terdengar nyaring.

Mereka akan lebih terlihat memukau ketika mereka membuka ekor dibarengi mengoceh dan burung kacer ini sangat cocok untuk tingga di tempat yang memiliki iklim tropis.

Burung kacer lokal atau Jawa

Burung ini dikenal dengan sebutan Seychelles Magpie Robin yang mana penyebarannya di mulai dari Seychelles – Afrika, Pulau Jawa dan Kalimantan.

Burng kacer lokal atau Copycus Sechellarum ini hampir seluruh badannya berwarna hitam keculai pada sayap – sayap mereka terdapat sedikit warna putih. Burung kacer ini masyarakat menyebutnya kacer jawa dikarenakan penyebaran kebanyakan di pulau Jawa.

Burung yang dikenal pandai dalam menirukan suara burung yang ada disekitarnya sehingga ketika mendengarkan mereka mengoceh nyaman rasanya.

Kacer madagaskar

Burung kacer selanjutnya adalah burung kacer madagaskar yang memiliki nama latin Copsychus Albospecularis yang memiliki perawakan mirip dengan burung kacer poci.

Burung madagaskan ini memiliki 3 jenis spesies, yaitu Albospecularis, Inexpextatus dan Pica, hanya saja ketiga jenis spesies burung kacer madagaskar tersebut penyebarannya ahanya di Madagaskar – Afrika.

Burung ini memiliki kemampuan mengoceh yang menghasilkan suara merdu, sehingga tidak juga kalah dengan ocehan burung kacer – kacer lainnya.

Pada umumnya burung kacer madagaskar memang mirip dengan burung Poci, namun ketika diperhatikan burung madagaskar ini memiliki warna hitam yang lebih mengkilap atau terlihat seperti warna kebiru – biruan pada bagian leher atas, punggung hingga ekor atas.

Burung kacer kalimantan

Pada umumnya burung kacer kalimantan memang mirip dengan burung kacer sumatera, hanya saja warna hitam pada badannya yang membedaknnya.

Para burung kacer kalimantan ini memiliki warna hitam pada bagian kepala hingga dada bagian bawah atau bagain yang hampir ke perut.

Burung ini memang bisa meniru suara burung lain yang da disekitrnya ketika mereka mengoceh, hanya saja mereka akan mengembungkan pada bagian lehernya, sehingga akibat yang ditimbulkan adalah mereka cepat lelah dan staminannya di kuras habis oleh leher yang mengembung tersebut, alhasil ketika burung kacer kalimantan di ikutkan lomba mereka akan mengalami mudah lelah.

Burung kacer Blorok

Burng kacer selanjutnya adalah burung kacer Blorok yang merupakan hasil persilangan antara burung kacer Jawa dengan burung kacer Sumatera.

Mereka memiliki suara yang lantang nan merdu serta dikenal dapat menirukan ocehan burung yang ada disekitarnya. Burung kacer blorok ini dikenal karena corak pada tubuhnya yang terlihat blorok yang mana menjadi ciri khas dari burung kacer blorok ini.

Loading...
Loading...
Jenis-jenis burung kacer | ilmuhewan | 4.5