Jenis-jenis Burung Candet Dan Tips Membedakan Kelain Jantan atau Betina

By On Wednesday, September 28th, 2016 Categories : Burung

Jenis burung Cendet dan cara membedakan jenis kelamin – Burung Cendet adalah salah satu jenis burung kicau yang mempunyai suara kicau yang terdengar indah dan cukup bervariasai.

Burung Cendet sendiri dikenal memiliki beberapa nama lain semisal burung pentet atau toet. Si Toet ini bersifat teritorial dan cenderung agak galak.

Maka dari itu tak jarang jikalau anda sendang hendak memegang si burung Cendet/pentet yang masih liar, maka bisa-bisa tangan anda terkena serangan patuknya.

q

Baca Juga : Cara Mudah Menangkap Burung Parkit Agar Tidak Tergigit

Tetapi jika pun anda ingin memelihara Cendet sedari ia masih berusa piyikan/anakan, maka sifat galaknya tadi akan dapat anda hilangkan. Bahkan burung Cendet akan cenderung lebih lenjeh jikalau ia melihat kita.

Jenis Cendet

  1. Burung Cendet Abu-abu Besar (Lanius Excubitor)

Bisa dikatakan Cendet Abu-abu Besar ini berpostur tubuh relatif lebih besar dari genus Lanius lain semisal cendet jawa. Mungkin ini memang sudah disesuaikan dengan nama ilmiahnya, yakni Lanius Excubitor.

Saat ia menginjak usia dewasa, panjang tubuh dari ekor hingga kepalanya bisa sampai 25 cm. Selain itu, ciri dari warna bulu abu-abu serta kombinasi sedikit warna hitam dan putih pada bagian tubuhnya juga mudah untuk dikenali.

  1. Burung Cendet Abu-abu Kecil (Lanius Minor)

Sekilas jika anda lihat dari segi ciri dan juga motif warnanya hampir sama, namun pada ukuran tubuh Cendet Abu-abu Kecil ini tidak lebih besar dari si Lanius Excubitor.

Selain itu perbedaan juga bisa Anda lihat di bagian sayap. Yang mana, kombinasi dai warnanya tidak begitu mencolok. Sebab si burung yang bernama ilmiah Lanius Minor ini hanya memiliki kombinasi warna hitam dan sedikit bagian warna putih.

  1. Burung Cendet Kepala Merah (Lanius Senator)

Jika anda lihat dari warna fisiknya, tentu burung Cendet Kepala Merah ini agak berbeda dengan sejenisnya. Untuk dapat mengenalinya tidak begitu sulit, sebab motif dan warna untuk burung yang nama ilmiahnya Lanius Senator ini sangat berbeda.

Warna bulu dibagian kepalanya merah dan si sayapnya bewarna coklat dengan paduan kombinasi warna merah.

  1. Burung Cendet Cokelat (Lanius Christatus)

Sementara itu Cendet Cokelat adalah salah satu keluarga lanius yang notabenya juga sangat mudah untuk dikenali.

Pada dasarnya cirinya hampir sama dengan yang lain, yakni memiliki motif warna pada wajah yang menyerupai bentuk “topeng bandit”. Hanya saja perbedaanya hanya warna bulu yang hanya sebatas mempunyai satu kombinasi warna cokelat.

  1. Burung Cendet Hitam Putih (Lanius Collaris)

Untuk jenis cendet bernama ilmiah Lanius Collaris ini, mungkin dapat dibilang paling ganas. Mengapa demikian?

karena di habitat aslinya Cendet Leher Hitam cukup dikenal selalu kelaparan dan selalu mengintai calon mangsanya di balik semak belukar.

Bahkan orang-orang barat menjulukinya sebagai “burung algojo”. Dikarenakan kepandaianya dalam berburu mangsa semisal serangga besar, kadal dan beberapa burung-burung kecil.

Tetapi apakah anda tau? di balik dari karakter dan sifat alaminya yang giras dan cukup galak, burung Cendet menyimpan kandungan pesona yang cukup menawan yaitu pada suara kicauan burungnya.

Burung Cendet/pentet mempunyai suara pekikan yang terdengar melengking tajam dan nyanyian ini cukup bervariastif yang mencakup beberapa nada-nada harmonis.

Panjang tubuh dari burung Cendet berkisar antara 20-25 cm, dengan ciri khas pada ujung paruh burung yang mengait.

Ciri Burung Cendet Jantan

  • Bulu berwarna hitam bagian pipi Cendet jantan terlihat berwarna hitam mencolok/lugas.
  • Bentuk kepala burung Cendet jantan terlihat sedikit lebih datar/ceper.
  • Ketika masih anakan, burung Cendet jantan mempunyai warna hitam pada bagian ekornya.
  • Di bagian supit, Cendet jantan punya bentuk supit yang kecil dan juga Motif garis dari bulunya tidak beraturan.

Ciri Burung Cendet Betina

  • Bulu berwarna hitam burung Cendet betina terlihat berwarna semu/tidak terlalu lugas.
  • Bentuk kepala si burung Cendet betina terlihat cukup bulat/menggelembung.
  • Ketika ia masih anakan, warna hitam pada bagian ekor tidak nampak
  • Pada bagian supit burung, Cendet betina punya bentuk supit yang cukup besar dengan motif bulu garis teratur menyerupai kembang/bunga.

Baca Juga : Cara Gampang Dalam Mengatasi Burung Kutilang Dewasa Miyik

Jenis-jenis Burung Candet Dan Tips Membedakan Kelain Jantan atau Betina | ilmuhewan | 4.5