Jenis-jenis Burung Branjangan

By On Thursday, June 8th, 2017 Categories : Daftar TOP

Jenis-jenis Burung Branjangan – Burung ini adalah salah satu burung yang mempunyai keunikan tersendiri di spesiesnya. Ada lebih dari 7 macam jenis suara burung yang berbeda – beda dapat ditirunya.

Ya, burung ini adalah jenis burung yang dapat memasterkan burung – burung lainnya. Kecerdasan ini lah yang membuatnya menyabet gelar si cerdas.

Uniknya lagi branjangan juga mampu terbang secara vertikal dan bahkan terbang di tempat. Bush lark atau yang lebih dikenal dengan sebutan burung semak sering nampak pada musim panen tebu dan kedelai.

Lucky you, jika tengah tinggal di daerah Jawa sana maka kamu akan sering menemukannya. Di daerah Jawa lah branjangan sering ditemukan.

Baca Artikel Terkait :

Jenis-Jenis Makanan Terbaik Untuk Burung Branjangan

Daftar Harga Burung Branjangan Terbaru

Cara Membedakan Si Burung Branjangan Jantan dan Betina Dengan Mudah

Cara Mudah Dalam Menjinakkan Burung Branjangan Liar Di Hutan

Mengapa Burung Branjangan malas Untuk Berbunyi?

Tapi branjangan ini tidak hanya terdiri dari satu jenis saja lho.

Branjangan Jawa Barat

Bingung memilih branjangan yang paling berkualitas? Branjangan Jawa Barat solusinya. Selain mempunyai suara yang melengking dan kristal ternyata burung ini juga suaranya sangat jernis. Sapan adalah penghasil branjangan yang mempunyai kualitas terbagus.

Branjangan memiliki jambul patent dan ukuran rata – rata 12 cm hingga 13 cm. Ini adalah ukuran burung branjangan yang sering ditemukan di daerah Sapan. Bukan hanya itu warna bulunya juga lebih cenderung ke hitam dan ukuran badan yang lebih kecil dibandingkan dengan branjangan luar daerah lain.

Branjangan Jawa Tengah

Hingga sampai kapanpun pesona Yogyakarta tidak akan pernah pudar. Pusat jajanan yang oke sampai jalanan yang sudah mulai mendunia, yaitu Marlioboro akan selalu diserbu turis lokal hingga turis mancanegara. Tapi ternyata Yogyakarta juga terkenal dengan burung branjangannya yang bersuara keras dan kristal serta dapat dimasteri dengan mudah lho.

Burung yang sering didapat di daerah Wates dan Kulon Progo ini banyak disukai oleh para pecinta burung karena corak warnanya yang sedikit lebih terang dan jika dibandingkan dengan burung branjangan  Jawa Barat. Ukuran tubuhnya pun 12 cm hingga 14 cm saja.

Branjangan Jawa Timur

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa penghasil branjangan terbaik ditemukan di daerah Jawa. Daripada branjangan Sumatra dan NTT, branjangan Jawa lebih banyak diincar oleh para penggila burung. Kualitas branjangan dari Jawa ini pun sudah jempolan dan terkenal di seluruh Indonesia.

Nah, seperti branjangan Jawa timur ini yang berwarna batik lebih cerah dibagian coklatnya. Jika kamu tidak terlalu jeli mengamati burung jenis ini, maka sekilas akan tampak mirip dengan branjangan Jawa Tengah. Padahal, sudah jelas kedua jenis ini berbeda.

Tapi tunggu dulu bagi kamu yang sudah ingin menjatuhkan pilihan pada si branjangan Jawa Tengah ini, karena kamu harus pintar membedakan mana yang jantan dan betina. Sekilas mungkin terlihat sama, tapi sebenarnya yang membedakannya hanya bagian jambul dan suaranya saja lho.

Jantan contohnya mempunyai jambul lebih tinggi dibandingkan dengan si betina. Sementara untuk suara si branjangan sama – sama memiliki suara yang keras, tapi si betina lebih terputus – putus dan kurang bervariasi.

Usahakan untuk tidak membeli dalam karung ya. Walau bagaimana pun membelinya langsung di pasar akan lebih mudah mengenali kekurangan dan kelebihan yang ada pada burung tersebut lho.

Jangan sampai ketika sudah membelinya harus berakhir dengan kekecewaan karena burung ternyata tidak mempunyai jiwa petarung alias pengecut.

Kamu bisa mendapatkannya di pasar terdekat dengan harga yang bervariasi. Tapi ingat, sebelum memutuskan untuk membelinya alangkah baiknya jika perhatikan isi dompet juga ya.

Semakin besar branjangan maka kemungkinan besar harga yang ditawarkan pun akan lebih mahal. Jadi persiapkan isi dompet kamu ya.

Jenis-jenis Burung Branjangan | ilmuhewan | 4.5