Jenis Investasi untuk Anak Muda

By On Wednesday, December 18th, 2019 Categories : Bisnis

Jenis Investasi untuk Anak Muda – Investasi memang terdengar jauh dari kalangan anak muda. Anak muda umumnya lebih tertarik untuk membelanjakan uangnya guna keperluan konsumtif.

Investasi pun terdengar sebagai kegiatan yang hanya bisa dilakukan oleh yang memiliki modal yang besar. Namun saat ini banyak tersedia pilihan investasi yang bisa dilakukan oleh pemula dan tentunya anak muda yang baru merintis karir.

Jenis Investasi untuk Anak Muda

Beberapa jenis investasi bahkan tak memerlukan modal terlalu besar. Beberapa investasi anak muda antara lain:

  • Investasi Reksadana

Reksadana adalah sebutan untuk tempat menghimpun dana yang didapat dari pemodal atau investor. Dana tersebut kemudian akan diproses menjadi investasi oleh manajer investasi dan diproses ke dalam berbeagai jenis investasi seperti saham, obligasi atau deposito.

Keuntungan memilih investasi reksadana adalah modal yang tak terlalu besar dan pengelolaan oleh profesional dan manajer investasi serta terdaftar pada OJK sehingga pemodal tak perlu khawatir dana yang diberikan akan hilang.

Saat memutuskan untuk mencoba berinvestasi dengan reksadana, beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain mengenai kecenderungan investor dalam menoleransi risiko.

Kecenderungan ini bisa dikaitkan dengan profil risiko, ada yang dapat menolerir kehilangan banyak modal dan ada yang lebih cenderung mempertahankan investasi pokok. Selanjutnya adalah menentukan jangka waktu investasi.

Investasi pada reksadana memiliki jangka waktu yang berbeda-beda mulai dari kurang dari setahun hingga 5 tahun bahkan lebih.

Yang terpenting adalah dengan menggali informasi sebanyak mungkin mengenai proses investasi yang akan dijalani.

  • Investasi Emas

Melakukan investasi pada emas memang terdengar kuno. Namun hingga saat ini, investasi emas masih menjadi andalan terutama karena kemungkinan untuk naik sangat tinggi, walaupun ada kemungkinan untuk anjlok. Untuk saat ini, harga emas mencapai Rp 669.579/g. Harga yang lumayan untuk investasi. Investasi emas bisa dilakukan di bank sehingga cocok bagi yang tak ingin ribet dengan proses investasi lain. Investasi emas tak perlu melulu membeli emas dan menyimpannya di dalam rumah.

Karena hal ini tentu akan berisiko bagi keamanan rumah. Investasi emas dapat dilakukan dengan berinvestasi emas di bank atau di perusahaan finansial lain.

  • Investasi Properti

Investasi properti memang masih tergolong mahal, namun disaat harga tanah kian melambung, investasi properti adalah salah satu investasi yang menjanjikan.

Kuncinya adalah pandai melihat dan memperkirakan keadaan tanah atau wilayah properti tersebut dalam selang beberapa tahun ke depan.

Selain itu, bila properti yang dibeli berada di kawasan yang strategis, maka bisa pula dijadikan sebagai sumber penghasilan pasif, bisa dengan cara mengubahnya menjadi penginapan harian atau disewakan.

Loading...
Loading...
Jenis Investasi untuk Anak Muda | ilmuhewan | 4.5