Jenis Hewan Yang Melakukan Reproduksi Dengan Membelah Diri

By On Sunday, May 28th, 2017 Categories : Info Lainnya

Jenis Hewan Yang Melakukan Reproduksi Dengan Membelah Diri – Semua makhluk hidup di bumi melakukan reproduksi atau yang juga disebut berkembang biak bertujuan untuk mempertahankan spesiesnya.

Termasuk salah satunya hewan, hewan memiliki cara bereproduksi atau berkembang biak yang sangat banyak. Mulai dari bertelur, beranak bahkan ada yang membelah diri.

Pasti sebagian orang tidak mengetahui jika ada hewan yang berkembang biak dengan membelah diri. Hal ini dikarena hewan yang melakukan reproduksi dengan membelah diri, bukanlah hewan yang umunya dijumpai manusia sehari-hari.

Baca Juga : Pengertian dan Jenis Bakteri Gram Positif

Arti dari mebelah diri sendiri adalah salah satu cara reproduksi eseksual atau tidak melalui proses kawin. Lalu apa saja jenis hewan yang melakukan reproduksi dengan cara membelah diri? Berikut simak informasi selengkapnya.

1. Paramecium

Paramecium adalah salah satu jenis hewan ber sel satu yang termasuk ke dalam jenis siliata. Siliata adalah makhluk hidup yang bergerak menggunakan sillia atau yang sering disebut dengan rambut halus.

Hewan ini memiliki bentuk tubuh yang menyerupai sandal. Habitat asli paramecium berada di air.

2. Protozoa

Hewan ber sel satu lain yang bereproduksi dengan cara membelah diri adalah protozoa. Protozoa merupakan hewan yang kasat mata manusia jika melihatnya tanpa menggunakan alat bantu mikroskop.

Protozoa hidup di tempat yang berair atau basah. Sel protozoa terdiri dari dinding sel, sitoplasma (cairan sel) dan ini sel (nucleus).

Reproduksi protozoa ditandai dengan membulat dan memanjangnya inti sel. Setelah inti sel cukup panjang, sitoplasma bagian tengah akan mengecil.

Setelah itu, inti sel terpisah menjadi dua dan sitoplasma akhirnya terputus dan terpisah sehingga terbentuklah protozoa baru hasil dari reproduksi membelah diri tadi.

3. Amoeba

Amoeba merupakan salah satu hewan uniseluler yang melakukan pembelahan diri untuk bereproduksi. Pembelahan diri yang dilakukan oleh amoeba termasuk dalam kategori pembelahan diri biner yaitu pembelahan diri dari satu makhluk hidup secara langsung menjadi dua sel anak.

Pembelahan diri biner sendiri memiliki lima jenis yaitu pembelahan ortodoks, melintang, membujur, miring dan strobilasi.

Amoeba sendiri tergolong dalam jenis yang mengalami pembelahan diri biner ortodoks, selain itu juga ada hewan lain yaitu Rhizopoda.

Contoh pembelahan melintang terjadi pada Paramecium, pembelahan membujur terjadi pada Euglena, pembelahan diri miring terjadi pada Dinoflagellata dan sedangkan pembelahan diri strobilasi mengahasilkan individu baru dari bagian tubuh induk yang lepas, contohnya adalah cacing pita.

4. Plasmodium

Hewan jenis ini melakukan reproduksi dengan cara pembelahan diri ganda, yaitu pembelahan diri berulang. Sehingga saat melakukan satu kali pembelahan diri dari satu individu dapat menghasilkan lebih dari dua individu.

Demikian beberapa jenis hewan yang masuk dalam kategori reproduksi membelah diri. Pada sebagian besar kasus, hewan-hewan tersebut akan melakukan reproduksi membelah diri apabila kondisi lingkungan hidup mereka menguntungkan.

Tahapan dari produksi membelah diri sendiri dibagi menjadi replikasi DNA, pembesaran sel induk, pemisahan DNA dan yang terakhir adalah memisahkan diri.

Pada tahap pemisahan DNA juga terjadi pemisahan dua kromosom yang dikendalikan oleh protein tertentu yang terbentuk di dekat lokasi pembelahan. Sehingga saat pada tahap pemisahan diri dan menjadi individu baru yang bersel tunggal, keduanya akan memiliki kromosom yang sama.

Dari jenis-jenis hewan yang sudah disebutkan tadi tentunya masih banyak lagi hewan yang bisa anda temukan dalam proses membelah diri. Semoga informasi ini dapat membantu anda.

Baca Juga : Teknik Pemanfaatan Bakteri Bacillus

Loading...
Loading...
Jenis Hewan Yang Melakukan Reproduksi Dengan Membelah Diri | ilmuhewan | 4.5