Jenis Hewan Bearded Dragon

By On Saturday, May 13th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Jenis Hewan Bearded Dragon – Bearded dragon adalah salah satu jenis reptil yang banyak dijadikan hewan peliharaan. Meskipun memiliki bentuk yang menyeramkan, bearded dragon tidak termasuk ke dalam jenis binatang buas.

Kadal ini juga mudah dipelihara karena termasuk hewan omnivora yang bisa makan apa saja, baik sayuran maupun serangga.

Jenis-jenis bearded dragon yang dapat dijadikan hewan peliharaan juga banyak, seperti yang akan disebutkan di bawah ini.

Jenis Bearded Dragon

  1. Pogona Vitticeps (Central Bearded Dragon)

Jenis bearded dragon yang pertama adalah Pogona vitticeps atau yang biasa disebut dengan central bearded dragon, yaitu salah satu jenis kadal yang banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan maupun penghuni kebun binatang.

Pada usia dewasa, panjang central bearded dragon bisa mencapai 60 cm dengan panjang ekornya bisa lebih dari setengah panjang tubuhnya sendiri. Jenis bearded dragon yang satu ini juga memiliki banyak variasi warna seperti coklat kemerah-merahan, coklat muda, merah, kuning, putih, dan oranye.

Kelebihan utama dari central bearded dragon adalah kemampuannya dalam memanjat karena pada dasarnya kadal ini memang memiliki habitat asli di pegunungan berbatu dan hutan.

  1. Pogona henrylawsoni (Rankin’s dragon)

Selanjutnya, jenis bearded dragon lainnya yaitu Rankin’s dragon. Bearded dragon yang satu ini memiliki nama ilmiah Pogona henrylawsoni.

Hampir sama dengan central bearded dragon, jenis reptil yang satu ini juga banyak dijadikan hewan peliharaan karena bentuknya yang menarik.

Panjang tubuh rankin’s dragon pada usia dewasa umumnya dapat mencapai kurang dari 30 cm dan sudah termasuk panjang ekornya.

Berbeda dengan central bearded dragon, warna tubuh rankin’s dragon cenderung lebih gelap yaitu cokelat tua ataupun kehitaman. Habitat aslinya sendiri yakni di tempat kering, panas, dan berbatu.

  1. Pogona Barbata (Eastern bearded dragon)

Jenis kadal bearded dragon yang ketiga adalah eastern bearded dragon yang memiliki nama ilmiah Pogona barbata. Seperti central bearded dragon dan rankin’s dragon, eastern bearded dragon juga spesies asli Australia.

Ukuran tubuh pada eastern bearded dragon jantan dewasa bisa mencapai 60 cm, sedangkan untuk jenis betinanya sendiri biasanya hanya berkisar 50 cm.

Keunikan dari jenis bearded dragon yang satu ini adalah bentuk kepalanya yang besar dan segitiga. Meskipun pada umumnya warna eastern bearded dragon adalah abu-abu gelap, ada juga jenis kadal ini yang memiliki warna cokelat kemerahan, cokelat kekuningan, maupun cokelat kehijauan.

  1. Pogona Minor (Western bearded dragon)

Jenis bearded dragon yang terakhir adalah western bearded dragon atau yang lebih mudah dikenal dengan nama ilmiahnya, yaitu Pogona minor.

Kadal ini juga ditemukan pertama kali di Australia, khususnya di wilayah barat Australia. Itu juga yang menjadi alasan kenapa jenis bearded dragon ini disebut dengan western bearded dragon.

Berbeda dengan jenis bearded dragon yang lainnya, ukuran western bearded dragon cenderung lebih kecil, yaitu sekitar 38 cm saja. Begitu juga ukuran kepalanya yang kecil.

Itulah beberapa jenis bearded dragon yang dapat Anda jadikan sebagai hewan peliharaan. Meskipun memiliki nama dan bentuk fisik yang sedikit berbeda satu dengan lainnya, semua jenis hewan bearded dragon yang telah disebutkan di atas sebenarnya mempunyai karakteristik yang sama, yaitu hewan reptil omnivora dan memiliki kemampuan memanjat yang sama-sama hebat.

Begitu juga untuk perawatannya, baik central bearded dragon, eastern bearded dragon, western bearded dragon, maupun rankin’s dragon memiliki cara pemeliharaan yang sama.

Baca Juga : Cara Ternak dan Mengembangbiakkan Naga Jenggot (Bearded Dragon)

Jenis Hewan Bearded Dragon | ilmuhewan | 4.5