Jenis filter atau penyaringan akuarium dan bagaimana cara memilih filter yang baik

By On Sunday, September 10th, 2017 Categories : Perikanan

Ilmuhewan.com – Buat para penggemar ikan, pasti ingin agar kualitas ikan yang kita pelihara bagus, dan sehat.

Karena itu dibutuhkan juga alat-alat yang mendukung perawatan ikan agar ikan menjadi sehat dan nyaman. Akuarium dan tempat pemeliharaan ikan seperti kolam jelas harus dijaga kesehatan, kenyamanan dan keseuaian dengan jenis ikan tertentu.

Di dalam menempatkan dekorasi juga perlu diperhatikan hal-hal yang teknis seperti apakah cocok dengan ikan yang dipelihara.

Tidak semua ikan cocok dengan semua jenis habitat, karena itu kita mengenal ikan-ikan yang bisa hidup di air yang kadar garamnya tinggi, dan ikan-ikan jenis air tawar yang hidup di sungai atau danau.

Baca Juga : Fakta dan tips budidaya ikan black ghost

Nah untuk akuarium sendiri kita pasti memerlukan filter atau saringan akuarium.

Filter atau saringan akuarium merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menyaring kotoran dan bahan kotor masuk ke dalam alat filter dan mengatur sirkulasi air di dalam akuarium.

Tentunya peranan filter di dalam akuarium sangat penting. Bayangkan apabila di dalam suatu akuarium tidak terdapat filter. Air akan cepat kotor dan harus sering dikuras.

Lalu seperti apa jenis filter atau saringan akuarium dan bagaimana cara memilih filter yang baik. Berikut jenis filter atau penyaringan akuarium dan bagaimana cara memilih filter yang baik.

Jenis filter atau penyaringan akuarium ada 3 tipe, yaitu:

Filter tipe mechanical

Filter tipe mechanical merupakan proses penyaringan yang akan membuang bahan yang tidak dibutuhkan  dari air.

Jadi cara yang dilakukan adalah dengan menekan air agar melewati suatu media yang akhirnya akan menyaring bahan yang kotor dari air. Dan ternyata filter tipe mechanical bsia dibuat dari busa, kardus atau batuan tanah.

Ada persepsi yang salah dari filter tipe mechanical, di mana semakin besar jenis penyaring maka akan bisa memelihara jumlah yang lebih besar.

Ternyata filter tipe mechanic akan bercampur dengan bahan yang harus dibuang tersebut, dan menjadikan air akan kotor dalam beberapa saat sehingga saringan kehilangan fungsinya.

Filter tipe chemical

Untuk tipe chemical, filter akan menyaring bahan-bahan kimia yang tidak diperlukan di dalam air. Filter tipe chemical akan menjadi indikator dari tingkat atau kadar di dalam air, seperti kadar asam ataupun racun yang mungkin ada di dlaam air.

Nah, filter tipe chemical sebenarnya bisa dijadikan tolak ukur kebersihan air, dan bsia membantu menjaga kebersihan air jika difungsikan dengan benar.

Filter tipe biological

Dan untuk tipe biological, ternyata di dalam air terdapat proses oksidasi yang akan meninggalkan sisa residual nitrogen.

Harus ada jenis bakteri yang bisa menghilangkan bakteri jahat dan Ammonia, yang bisa menyebabkan tanaman dan ikan yang ada di dalam air menjadi keracunan.

Untuk tipe penyaringan sendiri berdasarkan alat dan peletakannya di akuarium, ada berbagai jenis, mulai dari yang ada pompanya, disimpan di samping atau di bawah, dengan berbagai kombinasi dari ketiga tipe filter mechanical, chemical dan biological.

Dan ada juga tipe filter yang bisa diletakan sebagian di luar, ada yang semuanya harus di dalam akuarium.

Berikut tips bagaimana cara memilih filter yang baik.

  1. Kita harus tahu kebutuhan dari ikan, apakah butuh saringan tipe mechanical, chemical atau biological, atau kombinasi dari kedua atau ketiga tipe filter. Ukuran pompa juga bisa disesuaikan dengan besarnya akuarium dan jumlah air yang ada di dalam akuarium.
  2. Kita bisa bertanya kepada pakar ikan mengenai filter jenis apa yang harus diambil, dan berkonsultasi.
  3. Kita juga harus mencari alternatif lain saringan seperti beberapa tumbuhan yang bisa memfilter proses oksidasi dan ikan sapu-sapu yang bisa membersihkan zat timbal.

Itu tadi jenis filter atau penyaringan akuarium dan bagaimana cara memilih filter yang baik.

Baca Juga : Panduan dan Cara Budidaya Ikan di Akuarium Untuk Pemula

Loading...
Loading...
Jenis filter atau penyaringan akuarium dan bagaimana cara memilih filter yang baik | ilmuhewan | 4.5