Jenis dan Macam Kelinci yang Bisa Dibudidayakan

By On Thursday, February 11th, 2016 Categories : Ternak Hewan

Jenis dan Macam Kelinci yang Bisa Dibudidayakan – Kelinci merupakan hewan herbivora berkaki empat yang memiliki bulu yang amat lucu. Bacak orang tertarik untuk memeliharanya.

Bahkan ada pula yang tertarik untuk membudidayakannya. Tidak banyak orang mengetahui bahwa kelinci memiliki banyak jenisnya. Selain untuk dipelihara, saat ini kelinci digunakan untuk dikonsumsi. Kelinci yang dikonsumsi biasanya memiliki tubuh yang berukuran besar.

Sedangkan kelinci yang dipelihara tubuhnya berukuran lebih kecil dan lucu. Berikut ini beberapa jenis kelinci yang daat dibudidayakan.

  • Kelinci Anggora

Untitled

Kelinci anggora merupakan kelinci yang berasal dari benua Eropa, lebih tepatnya Turki. Kelinci ini amatlah lucu. Ia memiliki bulu yang tebal dann menyelimuti seluruh bagian tubhnya menyerupai wool.

Di benua Eropa rata-rata kelinci ini dibudidayakan untuk dimanfaatkan bulunya. Bulunya yang halus dan lebat dapat dimanfaatkan untuk menjadi wool. Namun di Indonesia kelinci jenis ini hanya digunakan sebagai hewan peliharaan saja.

Baca Juga : Panduan Singkat Cara Budidaya Kroto

Sebenarnaya kelinci anggora memiliki 8 jenis, yakni Satin Anggora, French Anggora, England Anggora, Chinese Anggora dan lain sebagainya. Ciri-ciri dari semua jenis kelinci anggora ini hampir mirip. Dari semua jenis ini memiliki bulu yang tebal dan warna yang bervariasi. Ada yang berwarna putih, hitam, coklat bahkan pelagi.

  • Kelinci Lop

Untitled

Kelinci ini memiliki keistimewaan tersendiri. Keistimewaan kelinci ini terletak pada telinganya. Biasanya telinga pada kelinci posisinya tegak, namun telinga pada kelinci lop menggantung dari pengkal kepala hingga pipi. Telinga kelinci lop mirip dengan telinga pada anjing.

Kelinci lop juga memiliki jenis yang beraneka ragam. Varietas kelinci ini adalah English Lop, Dwarf Lop, Holland Lop dan lain sebagainya. Diantara semua jenis kelinci tersebut, kelinci jenis English Lop lah yang paling terkenal.

  • Kelinci Rex

Untitled

Kelinci Rex berasal dari negeri Prancis. Kelinci ini mulai muncul pada pada kegiatan International rabbit Show yang diadakan di paris pada tahun 1924. Sejak saat itu kelinci rex mulai di gemari hingga ke benua Amerika.

Kelinci ini dibudidayakan untuk dimanfaatkan dagingnya. Karena ukuran kelinci ini cuku besar dibanding jenis kelinci yang lainnya.

Selain itu bulu kelinci rex juga dimanfaatkan untu bahan jaket dan aksesoris pakaian. Seperti kelin lainnya, jenis kelinci rex juga memiliki banyak varietas, seperti White Rex, Blue Rex, Dalmatian Rex dan lain sebagainnya.

  • Kelinci Polish

Untitled

Kelinci polish memiliki ukuran tubuh yang kecil. kelinci polish juga tak kalah dengan jenis kelinci yang lainnnya. Ia juga memiliki bulu yang halus dan lebat.

Kelinci jenis ini memiliki keistimewaan pada daun telinganya yang memiliki warna yang unik. Warna daun telinga kelinci ini antara lain merah delima, biru dan juga hitam.

  • Kelinci American Chinchilla

Untitled

Kelinci jenis ini memiliki ukuran tubuh yang amat bervariatif. Ada yang berukuran kecil dan ada pula yang berukuran besar bahkan berukuran raksasa.

Biasanya kelinci jenis ini yang berukuran raksasa merupakan hasil perkawinan silang. Misalnya perkawinan silang antara Standard Chinchilla dengan Flemish Giant.

  • Kelinci Tan

Untitled

Kelinci Tan awalnya merupakan kelinci yang hidup di alam bebas dan penakut. Namun setelah dikembangkan, kelinci ini tumbuh dengan memiliki tubuh yang gagah dan amat menarik.

Kelinci ini juga memiliki warna bulu yang bervariatif. Ada yang berwarna hitam, biru, coklat dan juga putih. Ada pula yang memiliki perpaduan warna hitam dan coklat tua.

Baca Juga : Penjelasan dan Mengenal Lebih Jauh Semut Rangrang Penghasil Kroto

Loading...
Jenis dan Macam Kelinci yang Bisa Dibudidayakan | ilmuhewan | 4.5