Jenis dan Macam Burung Nuri Yang Ada di Indonesia

By On Sunday, September 18th, 2016 Categories : Burung

Jenis dan Macam Burung Nuri Yang Ada di Indonesia – Indonesia terkenal dengan aneka ragaman jenis satwanya. Termasuk ribuan bahkan puluhan ribu spesies burung yang hidup di alamnya.

Burung nuri cukup banyak kita temui di sekitaran kepulauan maluku. Namun banyak dari para penggemar burung kicau yang belum tahu tentang jenis jenis burung nuri yang ada di indonesia.

Sebenarnya indonesia sendiri memiliki setidaknya lebih dari 10 jenis nuri akan tetapi masyarakat umum hanya mengenal jenis burung nuri yang asalnya dari maluku saja.

jenis-burung-nuri

Burung nuri di indonesia termasuk kedalam jenis burung yang dilindungi. Hal ini dikarenakan maraknya perburuan liar. Ini menjadikan burung tersebut mulai punah.

Jenis burung yang termasuk burung nuri di dunia, paling banyak terdapat di wilayah indonesia. Kurang lebih ada setidaknya 40 % dari burung nuri dunia berada di negara indonesia.

Untuk makanan si burung nuri bisa berupa jenis nektar, buah buahan semisal pisang dan juga pepaya. Di bawah ini setidaknya kami jabarkan 10 macam jenis burung nuri yang berasal dari negara indonesia.

Burung Nuri-ara salvadori

Burung yang satu ini memiliki nama latin Psittaculirostris salvadorii. burung nuri yang ini hanya hidup secara bebas di wilayah bagian barat laut Papua. Nuri-ara salvadori termasuk jenis burung yang sudah mulai langka.

Burung Nuri Jenis Raja Ambon

Ia memiliki nama latin Alisterus amboinensis. Meskipun julukanya adalah ‘Raja Ambon’, sebenarnya burung yang satu ini dapat juga ditemukan di luar daerah Ambon, termasuk di daerah bagian barat Papua. Jumlah populasi burung jenis ini di alam bebas masih relatif aman.

Burung Nuri Jenis Telinga Biru

Jenis Nuri yang hidup bebas hanya di wilayah Pulau Seram ini memiliki nama latin “Eos semilarvata”. Meskipun untuk daerah penyebarannya bisa dikatakan sangat terbatas, populasi dari burung nuri jenis telinga biru tergolong masih belum terlalu mengkhawatirkan.

Burung Nuri Jenis Sayap Hitam

Burung yang juga dikenal dengan nama “Nuri merah biak” ini memiliki nama dalam kalimat latin “Eos cyanogenia”.

Burung ini bisa kita temukan hidup bebas di area pulau Teluk Cenderawasih. Sayangnya jumlah dari  populasi mereka saat ini sudah mendekati angka yang rentan akan kepunahan.

Burung Nuri Tanimbar

Punya nama latin “Eos reticulata”. Daerah penyebaran dari burung nuri tanimbar bisa dikatakan terbatas di wilayah Babar dan juga Kepulauan Tanimbar (termasuk daerah Yamadena dan Larat), dan juga sebagian Nusa Tenggara Timur. Saat ini populasi dari burung ini terhitung mendekati terancam punah.

Burung Nuri Maluku

Ada 2 sub-spesies dari si nuri yang mempunyai nama latin “Eos bornea” atau “Eos rubra” ini. Keduanya tak lain adalah burung endemik yang berasal dari wilayah Maluku Selatan. Saat ini jumlah populasi mereka bisa dibilang masih tergolong tidak begitu terancam punah.

Burung Nuri Kalung Ungu

Mempunyai nama latin “Eos squamata”. Ada 3 sub-spesies burung nuri jenis ini yang mendiami wilayah yang berbeda-beda tetapi mereka tetaplah berada di wilayah Maluku Utara hingga sebagian Papua barat. Populasi mereka saat ini jumlahnya masih tergolong belum terlalu terancam.

Burung Nuri Talaud

Burung bernama latin “Eos histrio” ini di Sulawesi dikenal dengan sebutan nama “Sampiri”. Ada tiga sub-spesies dari burung nuri yang berasal dari jenis ini yaitu challengeri Talautensis, Salvadori, dan juga Histrio.

Burung Nuri Hitam

Punya nama latin “Chalcopsitta atra”. Nuri jenis ini memiliki 3 cabang subspesies yang memiliki wilayah penyebaran yang berbeda tapi masih berada di sekitaran wilayah Pulau Papua. Populasi mereka kini tergolong masih aman atau beresiko rendah.

Burung Nuri-kate Geelvink

Bernama latin Micropsitta geelvinkiana. Adalah spesies burung endemik asal Teluk Cenderawasih, Papua. Pupulasinya tergolong hampir terancam punah dengan sebab berbagai hal.

Baca Juga : Pengertian, Ciri-Ciri, Klasifikasi dan Peranan Aves (Burung)

Jenis dan Macam Burung Nuri Yang Ada di Indonesia | ilmuhewan | 4.5