Jenis dan Macam Burung Kenari Gloster

By On Thursday, September 29th, 2016 Categories : Burung

Jenis dan Macam Burung Kenari Gloster – Berbicara tentang burung kenari, pasti tak akan ada habisnya dikarenakan kenari memang salah satu dari jenis burung kicau yang mendapat tempat yang tersendiri dihati para penggemar dan pecinta burung.

Salah satu dari sekian banyak jenis kenari, yang cukup banyak diminati adalah jenis burung kenari gloster.

Memang, jika kita lihat dari segi harganya jenis ini masih relatif kalah mahal jika dibandingkan dengan jenis kenari yorkshire yang sudah terkenal dengan harganya yang dapat mencapai angka nominal yang fantastis.

knari-bloser

Namun jenis kenari yang satu ini tidak kalah menarik untuk dikoleksi. Sebab, jenis burung yang satu ini juga memiliki keunikan serta ciri khasnya sendiri didepan mata para penghobi burung.

Baca Juga : Cara Mengetahui Burung Kenari Betina dan Jantan Siap Kawin

Burung cantik yang satu ini termasuk terkategorikan lincah serta kuat dan juga bahkan katanya jenis ini memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat jika dibandingkan dengan jenis yang lain semisal burung kenari jenis yorkshire.

Bila kita melihat lihat dari segi fisik, memang jenis burung kenari gloster mempunyai bentuk postur tubuh yang relative kecil dibandingkan dengan jenis burung kenari yang lainnya.

Postur tubuh yang burung kenari yang paling panjang saja katanya hanya dapat mencapai 11 cm. Namun yang menjadi daya tarik serta keunggulan dari jenis burung ini adalah tentang keturunannya.

Hal ini dikarenakan menurut beberapa usaha pengamatan yang telah dilakukan antara tahun 2008 sampai dengan 2009 keturunan dari jenis ini memiliki postur tubuh yang hampir mendekati sempurna dengan kenari gloster yang berasal dari daerah asalnya yakni memiliki ciri-ciri postur tubuh yang berbentuk cenderung bulat seperti bola dan juga helai bulunya yang merebak.

Jenis burung yang satu ini memiliki suara kicau yang menawan sehingga tidak mengherankan bila banyak kalangan yang menjadikanya sebagai burung mediator untuk memaster burung.

Ciri-ciri dari burung kenari jenis gloster adalah sebagai berikut :

  • Secara umum berukuran tidak lebih dari 11 cm.
  • Bertubuh cukup gemuk, pendek, dan kecil.
  • Bulunya memiliki warna kuning kecuali dibagian sayap kenari yang memiliki warna putih kehijauan.
  • Bulu yang terdapat di bagian ekor berwarna putih kehijauan.
  • Ada kenari yang berjambul, ada juga yang tidak berjambul.

Burung kenari gloster mempunyai ukuran tubuh yang sama dengan burung kenari fife fancy. Akan tetapi hal yang membedakan adalah bentuk dari kepala dan juga mahkotanya.

Kenari gloster tergolong jenis burung yang kuat dan mudah untuk dibudidaya serta dikembangbiakkan, dan sebenarnya suara kicauannya pun relative cukup indah. Namun suaranya bisa dibilang sedikit berombak-ombak dan lebih keras.

Sebenarnya kenari jenis ini mempunyai dua versi jenis. Yaitu versi gloster consort dan juga versi gloster corona.

Umumnya di penangkarang sering menggabungkan dua versi itu agar seimbang ketika bereproduksi serta faktor genetikanya bisa sesuai.

Namun yang menjadi catatan disini, apa sih perbedaan dari keduanya? Bila anda belum tau, anda bisa menyimak yang di bawah ini.

Versi Gloster Consort

Kategori versi ini tidak memiliki Crested sehingga ia disebut dengan gloster consort.

Versi Gloster Corona

Kategori versi ini memiliki Crested sehingga ia disebut gloster corona, perbedaan dari kedua versinya mungkin tentang memiliki crested ataupun tidak. Namun diantara keduanya ternyata lebih unggul yang versi corona.

Sebab, kategori versi ini lebih mudah untuk dibudidayakan atau diternak bila diberikan asupan pakan yang berkualitas, tingkat pencahayaan yang cukup, serta lingkungan yang nyaman.

Demikian informasi tentang jenis burung kenari gloster yang bisa kami berikan, semoga informasi ini bisa berguna dan juga bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih, see you next post!

Baca Juga : Cara Merawat Telur Kenari Agar Menetas Dengan Sempurna

Loading...
Jenis dan Macam Burung Kenari Gloster | ilmuhewan | 4.5