Jenis Dan Macam Burung Beo Yang Layak Dipelihara

By On Friday, January 20th, 2017 Categories : Burung

Jenis Dan Macam Burung Beo Yang Layak Dipelihara – Jenis Dan Macam Burung Beo Yang Layak Dipelihara  – Burung beo merupakan salah satu spesies burung peliharaan yang menjadi incaran kalangan pecinta satwa kicau.

Dengan warna bulu yang indah dan menarik, ditambah keahlian untuk menirukan bunyi atau suara, menjadikan burung beo memang sangat layak dijadikan peliharaan di rumah.

Konon, suara burung beo yang unik juga dapat menjadi salah satu alternatif penghilang stres bagi sang pemilik jika sedang suntuk atau tidak ada aktivitas di rumah.

Baca Juga : Keuntungan dan Kerugian Memelihara Burung Kicauan

Pada awalnya, burung beo adalah jenis burung yang banyak dijumpai di daerah Asia Selatan, tepatnya di sekitar India, Sri Lanka serta Himalaya.

Namun, seiring dengan perubahan iklim dan waktu, burung beo juga berpindah atau bermigrasi ke seluruh Asia, hingga sampai Asia Tenggara seperti Malaysia, Filipina dan Indonesia.

Burung yang kerap dikenal dengan sebutan tiong emas atau gracula ini juga masih satu golongan dengan burung jalak. Di Indonesia sendiri, burung beo lebih mudah ditemui di hutan-hutan tropis yang ada di Pulau Jawa.

Habitat burung beo

Habitat atau tempat tinggal yang paling disukai burung beo di alam liar adalah ranting pepohonan dengan naungan daun-daun yang rindang.

Burung beo juga senang tinggal di daerah berhawa sejuk dan kering, antara ketinggian lebih dari 2 ribu meter di atas permukaan laut.

Pulau Jawa yang dianggap strategis dan memiliki hutan tropis yang lebat, menjadi sarang aneka spesies burung kicau yang cukup memadai.

Ada banyak tempat untuk bersarang serta cukup air dan makanan. Tidak heran apabila, burung beo liar masih cukup banyak ditemukan di alam bebas, selain dibudidayakan oleh para peternak burung beo.

Jenis Dan Macam Burung Beo Yang Layak Dipelihara

Bisa jadi dari semua tipe dan macam burung beo yang ada di alam semesta, semua layak untuk dipelihara oleh manusia karena bersifat cerdas dan penurut. Namun, ada beberapa di antara jenis burung beo yang memang sudah populer dan dikembang biakkan oleh para peternak di tanah air, yaitu:

4 Jenis Dan Macam Burung Beo Yang Layak Dipelihara

  1. Burung Beo Gracula Religiosa
  2. Burung Beo Enggano, Gracula Enganensis
  3. Burung Beo Nias, Gracula Robusta
  4. Dan Yang Terakhir Adalah Beo Dari Habitat Asli Di Srilanka, Yakni Beo Srilanka, Gracula ptilogenys.

Sementara itu, sub spesies jenis dan macam burung beo yang layak dipelihara, di antaranya:

  1. Burung Beo Dari Kep. Batu Dan Mentawai
  2. Burung Beo Nikobar
  3. Burung Beo Indocina
  4. Burung Beo Pulau Pelawan, Filipina
  5. Burung Beo Bastar, India Tengah
  6. Burung Beo Kep. Sunda Besar Dan Kecil
  7. Burung Beo Dari Pulau Flores.

Makanan burung beo

Untuk memenuhi kebutuhan burung beo agar tetap ternutrisi dan cepat menirukan suara atau bunyi, burung beo butuh asupan makanan dari buah-buahan segar serta sayuran.

Sebisa mungkin sayuran dan buah-buahan yang dipilih untuk makanan burung beo harus yang berdaging tebal dan tekstur lembut seperti pisang, pepaya dan sebagainya.

Selain, buah dan sayur, burung beo juga senang memakan serangga-serangga kecil seperti belalang, capung, telur semut, jangkrik dan sebagainnya.

Nah, itu dia ulasan tentang Jenis Dan Macam Burung Beo Yang Layak Dipelihara. Setelah Anda mengetahui jenis dan burung beo apa yang cocok untuk dipelihara, silakan membeli burung beo ataupun mencoba membudi-dayakan sendiri. Good luck!

Baca Juga : Mengapa Burung Betet Bisa Berbicara?

Jenis Dan Macam Burung Beo Yang Layak Dipelihara | ilmuhewan | 4.5