Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Jenis dan Macam Ayam Buras

By On Friday, February 12th, 2016 Categories : Ternak Hewan

Jenis dan Macam Ayam Buras – Ayam buras merupakan sebuah istilah yang berasal dari kata “bukan ras”. Biasanya masyarakat menggunakan sebutan ini untuk menyebut semua jenis ayam yang bukan dari golongan ayam ras.

Namun di Indonesia, ayam buras terkenal dengan sebutan ayam kampung. Padahal jenis ayam buras sangatlah variatif, bukan hanya ayam kampung.  Hingga saat ini belum ada teori atau seumber deskripsi yang pasti akan asa-usul dari ayam buras ini.

Banyak yang menduga bahwa ayam buras ini berasal dari ayam hutan (Gallus gallus) yang telah disomestikasi. Ada beberapa ayam yang telah didomestikasi secara lokal, namun ada pula yang didatangkan dari negara lain. Saat ini telah banyak ayam busa hasil persilangan.

Untitled

Ayam buras ini memiliki masa pertumbuhan yang amat lambat dan memiliki berat tubuh yang amat kecil jika dibndingkan dengan jenis ayam ras.

Baca Juga : Jenis dan Macam Ayam Broiler

Jadi sangatlah tidak cocok jika dijadikan ladang untuk berbisnis atau ternak komersial. Namun ada beberapa orang yang tertarik menjadikan ayam buras sevagai ternak komersial.

Sebagian besar alasan mereka ialah karena banyaknya permintaan konsumen akan daging dan telur ayam buras. Ayam buras ini sebenarnya lebih cocok dipelihara secara subsisten dan hobi. Hal tersebut merupakan kekurangan yang dimiliki ayam buras.

Selain memiliki kelemahan, ayam buras juga masih memiliki kelebihan. Bebrapa jenis ayam buras, terutama ayam buras lokal memiliki kelebihan yang lebih unggul dari pada jenis ayam buras yang lainnya.

Kelebihan tersebut anatara lain pemeliharaan yang amat mudah dan juga kandangnya bisa menyesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar, tanpa harus ada persyaratannya.

Selain itu ayam ini lebih tahan terhadap penyakit dan harga jual daging dan telurnya yang cukup tinggi. Ini dikarenakan masa pemeliharaan ayam buras yang cukup lambat dibandng dengan jenis ayam yang lain.

Walaupun di Indonesia ayam buras terkenal dengan ayam kampung, ternyata ayam buras ini memiliki beragam jenis. Bahkan bisa dibilang jenis ayam buras lebih variatif dibandingka dengan ayam ras. Berikut ini berapa jenis ayam buras yang dipelihara di Indonesia, baik untuk hobi atau ternak komersial.

  • Ayam Kampung

Jenis ayam kampung ini mengkin lebih populer dati pada jenis ayam lainnya. Biasanya ayam ini diternakan secara komersial untuk dimanfaatkan daging dan juga telurnya.

Jenis ayam kampung ini mengalami masa pertumbuhan yang cukup lambat. Ketika ayam ini berumur 2 bulan, besarnya masih sebesar kepala orang dewasa. Ayam ini akan siap untuk dilempar kepsaran jika telah berusia diatas 8 bulan, bahkan ada juga yang lebih dari 12 bulan.

Begitu juga dari segi produktivitas ayam kampung. Ayam dapat bertelur ketika berusia lebih dari 6 bulan. Hasilnya pun juga tidak begitu banyak, bisa terhitung hanya 115 butir telur di setiap tahunnya.

  • Ayam Kate

Ayam kate juga jnis ayam yang cocok untuk dipelihara sebagai hobi. Bobot ayam ini sekitar 350 gram. Oleh sebab itu ayam ini disebut sebagai ayam terkecil di dunia.

Sebagai ayam hias, ayam ini berpotensi untuk dikembangkan secara komersial. Bahkan hasil persilangannya menghasilkan ayam yang sangat unik.

  • Ayam Arab

Ayam arab memiliki ukuran fisik yang lebih kecil dibanding dengan ayam kampung lokal. Namun hasil produktvitas telur yang cukup banyak, sekitar 225 per tahun.

Ayam ini tidak cocok untuk dijadikan sebagai usaha ternak, kerana tidak memiliki naluri mengerami. Saat ini banyak melakukan persilangan ayam ini dengan ayam kampung untuk mendapatkan hasil yang unggul.

  • Ayam Pelung

Ayam pelung memiliki masa pertumbunhan yang cukup cepat dibandingkan dengan jenis ayam buras lain. Berat ayam pelung dewasa mencapai 5-6 Kg dan tinggi 40-50 Cm. Ayam ini cocok untuk dipelihara sebagai hobi karena memiliki suara kokok yang khas.

  • Ayam Kedu

Seperti halnya jenis ayam yang lain, ayam ini diternak untuk dimanfaatkan daging dan juga telurnya. Ayam ini memiliki bentuk yang khas.

Ayam kedu memeliki variestas seperti, ayam kedu hitam, kedu putih dan juga kedu campuran. Produktivitas ayam ini juga terbilang lambat. Hanya dapat memproduksi telur sebanyak 25 butir per tahun. Beratnya pun amat kecil, hanya 1,5-2 Kg.

  • Ayam Bangkok

Ayam bangkok merupakan jenis ayam petarung. Sangat cocok untuk dipelihara sebagai hobi. Ayam bangkok jantan memiliki badan yang tegap, dada yang tegak dengan tulang dada jantan. Sedangkan ayam bangkok betina dijadikan keunggulan rasnya.

Baca Juga : Teknik dan Cara Budidaya Ikan Nila

Loading...
Jenis dan Macam Ayam Buras | ilmuhewan | 4.5