Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Jenis dan Macam Ayam Broiler

By On Friday, February 12th, 2016 Categories : Ternak Hewan

Jenis dan Macam Ayam Broiler – Pada awalnya jenis ayam broiler tidaklah cukup terkenal seperti saat ini. Mulanya ayam broiler dikenalkan di Indonesia sekitar tahun 1950.

Mulanya kebutuhan akan daging ayam dipenuhi dengan daging ayam buras atau ayam kampung. Ayam jenis ini memiliki tekstur yang cukup keras, jadi sukar untuk dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Selain itu budidaya ayam kampung tidak dapat memenuhi kebutahan konsumsi daging ayam. Hal itu dikarenakan produksinya yang cukup lama. Ayam berumur sekitar 8 bulan baru bisa dipanen.

Untitled

Dengan alasa kebutuhan akan protein hewani haruslah tetap dipenuhi, pada tahun 1980 pemerintah mulai gencar untuk mempromosikan ayam broiler sebagai pengganti ayam kampung.

Baca Juga : Jenis dan Macam Kelinci yang Bisa Dibudidayakan

Awalnya masyarakat Indonesia sukar untuk menerima kehadiran ayam broiler. Namun seiring dengan berjalannya waktu masyarakat pun bisa menggemari ayam broiler.

Ayam broiler merupakan salah satu jenis ayam ternak yang dapat dimanfaatkan dagingnya. Ayam ini tumbuh amat pesat. Ketika ayam ini berusia 40 hari sudah dapat dikonsumsi oleh manusia. Unggas dengan nama latin Gallus gallus domesticus ini memiliki tekstur daging yang empuk.

Jenis ayam ini dikembangbiakkan dan diternakan secara industrial. Ada dua level dalam pembudidayaan ayam broiler. Level tersebut antara lain:

  • Budidaya indukan (Parent Stock)

Pada level ini dilekukan oleh industri berskala besar. Di level ini memerlukan keahlian khusus dan harus ditunjang dengan peralatan yang canggih. Pada level ini ayam broiler bertugas menjaga dan memperbaiki kualitas strain.

  • Anak ayam (Day Old Chicken/DOC)

Yang dimaksud dengan level kedua atau level anak ayam ialah hasil dari budidaya indukan. Hasilnya berupa anak ayam yang memiliki kualitas baik. Kemudian hasil tersebut didistribusikan ke peternak ayam untuk dibesarkan.

Saat ini banyak orang melirik ayam broiler sebagai ladang bisnis. Menurut para pembisnis ayam broiler, bertenak ayam broiler sangatlah mudah. Karena sudah ada industri besar yang menyediakan bibit, pakan, obat-obatan hingga pemsaran ayam tersebut.

Di masa yang modern saat ini banyak berkembang teknologi penyilangan genetika. Hal ini juga mempengaruhi perkembangan strain ayam broiler yang dinamis. Ada masa dimana strain ayam broiler lebih unggul dibandingkan dengan strain lain. Namun ada kalanya strain ini mengalami kekurangan. Namn seiring berjalannya waktu strain mengalami peningkatan kualitas.

Ada beberapa jenis strain ayam broiler yang bisa dijadikan sebagai ternak atau dibudidayakan. Jenis ayam tersebut ialah:

  • Cobb

Strain cobb berfokus pada pengembangan untuk memperbaiki performa rasio pemberian makanan (Food Convertion Ratio, FCR). Strai ini dikembangbiakkan untuk memiliki pembentukan daging pada dada.

Keunggulan dari jenis train ini ialah mudah untuk beradaptasi di lingkungan tropis dan juga panas. Karena keramahan lingkungannya untuk berkembang biak, strain ini telah dikembangkan di lebih dari 60 negara.

  • Ross

Strain ros dikembangkan dengan tujuan untuk memiliki (Food Convertion Ratio, FCR) yang efisien. Strain jenis ini tumbuh dengan sangat cepat serta memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik.

Pengembangan genetik pada strain ini adalah untuk memiliki kaki yang kuat untuk menopang badan yang cukup besar.

  • Hybro

Pengembangan strain hybro berfokus pada pada pengembangan daya hidup. Strain jenis ini memiliki peforma yang bagus untuk hidup di area tropis.

Selain itu jenis ayam ini mampu menangkal penyakit ascites. Hasil pengembangan strain jenis ini berfokus pada pengembangan genetik pada hasil karkas.

Baca Juga : Teknik dan Cara Budidaya Ikan Nila

Loading...
Jenis dan Macam Ayam Broiler | ilmuhewan | 4.5