Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Jenis dan Komposisi Pakan Sapi Perah Paling Baik

By On Thursday, January 25th, 2018 Categories : Pakan Hewan

Jenis dan Komposisi Pakan Sapi Perah Paling Baik – Untuk menghasilkan ternak yang baik, perlu diperhatikan pemberian pakan pada ternak yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan biologis ternak, baik untuk kebutuhan pokok maupun untuk produksi.

Kebutuhan pokok tersebut merupakan kebutuhan untuk mempertahankan bobot badan ternak. Sedangkan kebutuhan produksi untuk memproduksi air susu, pertumbuhan, dan reproduksi.

Oleh karena itu, kebutuhan pakan terutama bagi sapi perah sangat penting untuk meningkatkan produksi air susu yang berkualitas.

Baca juga : Cara Mudah Dalam Membuat Sendiri Pakan Sapi

Jenis Pakan Sapi Perah yang Baik

1) Pakan Hijauan

Berdasarkan kondisinya, adapun jenis pakan hijauan terbagi menjadi 3 katagori, yaitu antara lain hijauan segar, hijauan kering, dan silase. Adapun penjelasannya sebagai berikut :

  • Hijauan Segar

Tanaman yang termasuk ke dalam kategori hijauan segar meliputi rumput-rumputan seperti Rumput gajah (Pennisetum purpureum), Rumput Raja (King grass), setaria, benggala (Pennisetum maximum), rumput lapang dan tanaman BD (Brachiaria decumbens)), kacang-kacangan (leguminosa) seperti lamtoro, turi, gamal dan tanaman hijau lainnya.

Adapun rumput yang baik untuk pakan sapi yakni rumput gajah, rumput raja (king grass), daun turi, daun lamtoro.

  • Hijauan Kering

Tanaman yang termasuk ke dalam kategori hijauan kering umumnya berasal dari hijauan segar yang sengaja dikeringkan dengan tujuan agar pakan dapat tahan disimpan lebih lama.

Tanaman yang termasuk dalam hijauan kering antara lain jerami padi, jerami kacang tanah, jerami jagung, dan lain sebagainya.

Pakan jenis ini biasanya digunakan pada musim kemarau. Pakan jenis hijauan ini tergolong jenis pakan yang mengandung serat kasar tinggi.

  • Hijauan Silase

Apabila tanaman hijauan segar yang kemduian diawetkan dapat menjadi silase. Secara singkat pembuatan silase ini dapat dilakukan dengan menimbun tanaman hijauan yang akan dibuat silase dalam suatu wadah yang kemudian ditutup rapat, sehingga terjadi proses fermentasi.

Hasil dari proses fermentasi tersebut yang kemudian disebut silase. Selain itu, pakan sapi fermentasi ini juga dapat menggunakan hijauan dari sisa makanan ternak.

Pakan fermentasi sangat baik dalam meningkatkan kebutuhan gizi pada sapi dan nutrisi yang diperlukan. Adapun jenis-jenis fermentasi yang baik bagi ternak sapi :

  • Tangkai jagung kering, biasanya digunakan sebagai bahan utama dalam membuat pakan fermentasi bagi ternak sapi.
  • Jerami, jenis pakan ini merupakan salah satu limbah yang mempunyai banyak manfaat sebagai pakan fermentasi untuk diberikan kepada sapi ternak. Selain itu pembuatan dengan jenis pakan ini lebih mudah untuk difermentasi.
  • Rumput, biasanya rumput yang dijadikan sebagai fermentasi adalah yang sudah berusia tua. Sebaiknya rumput yang sudah tua tidak langsung dibuang begitu saja namun bisa diolah dan dibuat untuk pakan fermentasi.

2). Pakan Konsentrat

Selain pakan hijauan juga terdapat pakan ternak sapi konsentrat yang merupakan jenis pakan campuran dan biasa diberikan kepada hewan ternak, seperti kambing ataupun sapi.

Pakan konsentrat ini mengandung gizi yang cukup tinggi yang diperlukan sapi serta baik bagi pertumbuhan sapi. Jenis pakan konsentrat untuk sapi perah tentunya mengandung komposisi yang berbeda dari komposisi untuk sapi pedaging.

Komposisi Pakan Sapi Perah

Adapun komposisi pakan secara khusus untuk sapi perah yakni dedak padi dapat diganti dengan pollard sekitar 25%, tepung jagung sebanyak 25%, bungkil kelapa sebanyak 25%, bungkil kedelai/bungkil kacang tanah/bungkil biji kapuk sebanyak 20%, kemudian sisanya bisa meliputi ampas tahu, garam dapur, kapur, tepung tulang yang masing-masing kurang lebih sebanyak 1%. Dari persentase tersebut, dapat dikatakan kebutuhan bahan kering sudah tercukupi.

Pemberian pakan dengan komposisi tersebut dapat dilakukan ketika pagi dan sore hari setengah jam sebelum sapi diperah agar kualitas susu tetap terjaga.

Selain pemberian pakan, sebaiknya juga tidak lupa untuk selalu memberikan air minum yang cukup agar produksi susunya banyak. Air minum yang diberikan sebanyak 4 liter untuk 1 liter susu yang dihasilkan atau 10% dari berat badan setiap harinya.

Baca juga : Jenis rumput pakan ternak sapi

Loading...
Jenis dan Komposisi Pakan Sapi Perah Paling Baik | ilmuhewan | 4.5