Jenis dan daftar harga marmut terbaru

By On Monday, July 3rd, 2017 Categories : Harga Hewan

Jenis dan daftar harga marmut terbaru – Marmot adalah sejenis hewan pengerat yang termasuk ke dalam familia sciuridae (bajing) dengan genus Marmota.

Marmot berasal dari bahasa latin yaitu mures monti yang artinya tikus gunung. Marmot umumnya hidup di daerah pegunungan Eropa atau di Amerika Serikat.

Marmut biasanya membuat sarang di dalam tanah dan selama musim dingin akan melakukan hibernasi.

Marmot merupakan hewan social yang suka berinteraksi satu sama lain. Marpmot berkomunikasi satu sama lain dengan sesama marmot dengan cara bersiul dengan nyaring, terutama jika marmot merasa ada bahaya. Makanan utama marmot adalah rerumputan, buah beri, lumut daun, lumut kerak dan bunga.

Baca Juga : Cara membedakan marmut betina dan jantan

Ada beberapa contoh spesies marmot yaitu Marmota flaviventris yang berasal dari Kanada Barat Daya dan Amerika bagian Barat, Marmot tanah yang berasal dari Amerika Utara, Marmota Caligata yang berasal dari Amerika Utara, Marmota bobak yang berasal dari Eropa Tengah dan Asia Tengah, Marmot Austria yang berasal dari Austria, dan lain sebagainya.

Di Indonesia, marmot dikenal juga sebagai guinea Pig. Bagi sebagian orang di Indonesia Marmot merupakan hewan pengerat yang lucu dan menggemaskan dan tak heran jika marmot dijadikan hewan peliharaan di Indonesia.

Marmot sifatnya tidak agresif dan cenderung tenang sehingga sangat cocok untuk dipelihara.

Ukuran marmot lebih besar dari hamster pada umumnya namun lebih kecil dari kelinci. Marmot sangat mudah untuk dirawat dan  tidak membutuhkan perawatan khusus seperti hewan peliharaan lainnya.

Ada beberapa jenis marmot yang umum di pelihara di Indonesia yaitu sebagai berikut ini :

  1. Marmut Abyssinian

Marmut Abyssinian adalah marmot yang memiliki bulu yang acak-acakan dan bulunya terlihat seperti dikuncir.

  1. Marmut American

Marmut American merupakan marmot yang paling banyak dijadikan peliharaan di Indonesia. Ciri khas dari Marmut American adalah bulunya pendek dan kelihatan klimis.

  1. Marmut Peruvian

Marmut Peruvian merupakan marmot yang memiliki bulu yang panjang dan membutuhkan perawatan ekstra untuk menjaga bulunya tidak rontok serta agar tidak mudah kotor.

  1. Marmut Sheltie

Marmut Sheltie merupakan marmot yang memiliki bulu yang panjang sama halnya seperti marmot Peruvian namun bulunya lebih rapid dan teratur.

  1. Marmut Teddy

Marmut teddy bulunya seperti boneka teddy bear namun marmot Teddy ini termasuk langka di Indonesia.

  1. Marmut Texel

Marmut Texel merupakan marmot yang memiliki bulu yang unik yaitu ikal dan lebat. Butuh perawatan yang ekstra agar bulunya tetap bagus. Jenis Marmut Texel ini sama seperti Marmut Teddy yaitu langka di Indonesia.

  1. Marmut White Crested

Marmut White Crested atau biasa disebut juga American Crested merupakan marmot yang memiliki ciri khas terdapat bulu berwarna putih di bagian atas kepalanya berbentuk seperti mahkota.

  1. Marmut Skinny

Marmut Skinny adalah marmot yang seperti kucing sphinx karena tidak memiliki bulu seperti halnya marmot jenis lain. Di Indonesia belum terlalu banyak yang memelihara Marmut Skinny ini namun di luar negeri Marmut Skinny ini sangat di gemari.

Harga marmot beranekaragam tergantung jenisnya, untuk marmot jenis local harganya sekitar 30 ribu hingga 60 ribu, marmot hias jenis longhair 350 rb hingga 600 rb, marmot yang jenisnya langka seperti texel, skinny, teddy harganya berkisar 1 juta hingga 2 juta.

Jika anda tertarik untuk menjadikan marmot sebagai hewan peliharaan, anda dapat membelinya di toko hewan peliharaan terutama toko yang khusus menjual marmot.

Baca Juga : Cara membedakan hamster dan marmut

Loading...
Loading...
Jenis dan daftar harga marmut terbaru | ilmuhewan | 4.5