Jenis dan Daftar Harga Burung Macaw

By On Friday, June 30th, 2017 Categories : Harga Hewan

Jenis dan Daftar Harga Burung Macaw – Pernahkah kalian menonton film animasi terkenal yang berjudul “Rio”? Di film tersebut, mengangkat tentang kisah petualangan yang menceritakan jenis burung langka yang bernama Blu.

Tokoh Blu tersebut merupakan burung jenis macaw biru (Blue Spix’s Macaw), yang berasal dari negara Brazil. Membicarakan tentang burung macaw, ternyata burung macaw sendiri diyakini berasal dari Amerika, tepatnya di Amerika Selatan.

Burung jenis ini mulai menyebar ke daerah Eropa pada saat Columbus membawa burung macaw kembali ke negara beliau.

Burung Macaw merupakah salah satu burung yang berukuran besar yang banyak dipelihara sebagai salah satu jenis burung peliharaan. Burung macaw tersebut dipelihara  tidak hanya sebagai burung kicau, akan tetapi sebagai burung hias yang dinikmati keindahan warna serta aksinya.

Burung yang seperti ini hampir mirip seperti kebanyakan burung berparuh bengkok lainnya, dan burung macaw merupakan salah satu burung yang cerdas serta dapat dilatih baik untuk menghafal majikannya, terbang bebas dan kembali (free flight), ataupun untuk melakukan beberapa atraksi yang tidak biasa dilakukan oleh burung yang lainnya.

Burung macaw adalah burung yang memakan biji-bijian, paruh yang dimilikinya kuat sehingga burung ini dapat memecahkan beberapa jenis biji yang memiliki kulit keras.

Selain itu, burung macaw juga memakan sayuran dan buah. Nah, berikut ini merupakan beberapa jenis burung macaw yang dapat kita temukan :

  1. Blue & Gold Macaw

Burung macaw jenis ini merupakan salah satu burung macaw yang paling populer dikalangan pencintanya, dikarenakan burung ini banyak sekali dijual di petshop atau toko yang menjual burung.

Burung macaw ini mampu bertumbuh hingga 90 cm. Sesuai dengan namanya, burung yang satu ini memiliki warna biru serta kuning yang dominan di seluruh tubuhnya.

Jika di alam liar, burung ini tinggal di hutan yang berpa padang rawa-rawa atau tempat yang dekat dengan sumber air. Burung macaw ini di Indonesia lebih dikenal dengan nama burung macaw biru-kuning atau araarauna.

Untuk harganya sendiri, dimulai dari Rp. 5 juta per ekornya.

  1. Green Winged Macaw

Burung jenis ini memiliki warna hijau bergaris yang terletak di bagian sayapnya.

Jika diperhatikan secara sekilas, maka burung ini akan mirip seperti burung macaw jenis Scarlet. Burung ini juga termasuk ke dalam burung macaw yang cukup langka. Hal tersebut dikarenakan siklus reproduksinya yang ternyata sangat lambat.

Burung jenis Green Winged Macaw ini mampu bertelur pada saat mereka berumur sekitar 6 tahun dan sekali mereka bertelur, mereka dapat menerapkan satu maupun dua butir telur, kemudian burung ini akan bertelur lagi setelah 9 bulan kemudian. Green Winged Macaw ini dibandrol dengan harga sekitar Rp. 5 – 10 juta per ekor.

  1. Military Macaw

Dinamakan Military Macaw, karena burung jenis ini memiliki wajah yang menyerupai orang yang sedang serius dan juga tegas. Burung jenis yang satu ini memang sedikit mirip dengan Buffon Macaw, akan tetapi bentuk kepala jenis burung ini lebih panjang dan warna pipi yang dimilikinya berwarna merah serta terlihat garang. Harga untuk seekor Military Macaw ini dimulai dari Rp. 8 juta per ekor.

  1. Scarlet Macaw

Jika kalian sudah biasa melihat pameran burung atau atraksi-atraksi burung yang menghadirkan burung-burung beparuh bengok, maka jenis burung Scarlet Macaw ini tidaklah asing bagi kalian.

Warna yang dimilikinya juga bermacam-macam yang membuat burung jenis ini menjadi primadona bagi para pencintanya.

Burung Scarlet Macaw ini termasuk burung yang populer dan banyak sekali dicari orang karena warna yang dimilikinya sangat cerah, serta dapat dengan mudah dijinakkan.

Harga untuk burung Scarlet Macaw ini dibandrol dari harga Rp. 8 juta per ekornya.

Baca Juga : Cara Ternak dan Budidaya Burung Macaw untuk Pemula

Loading...
Loading...
Jenis dan Daftar Harga Burung Macaw | ilmuhewan | 4.5