Jenis dan Ciri Khusus Hewan Kelelawar

By On Sunday, November 20th, 2016 Categories : Info Lainnya

Jenis dan Ciri Khusus Hewan Kelelawar – Kelelawar termasuk jenis mamalia yang satu – satunya bisa terbang dan hidup ditempat yang gelap dan lembab seperti di gua – gua.

Hewan ini tergolong jenis hewan nokturnal, yaitu hewan yang aktif mencari di malam hari. Sedangkan pada siang harinya kelelawar akan tidur dengan posisi kepalanya berada di bawah.

Kelelawar mempunyai fungsi pendengaran yang tajam dan akurat karena kelelawar dikenal mempunyai kemampuan yang disebut dengan ekolokasi yaitu memanfaatkan gelombang bunyi atau suara ultrasonik.

ciri-kalelawar

Baca Juga : Ciri-Ciri Jenis Kelamin Burung Gelatik Jantan dan Betina

Dalam mencari  mangsanya kelelawar memanfaatkan kemampuan ekolokasi tersebut, dimana gelombang suaranya dikeluarkan lewat mulut dan hidung.

Pada saat gelombang suara tersebut mengenai sebuah benda atau sebut saja mangsa maka gelombang itu akan kembali memantul ke kelelawar sehingga kelelawar tersebut bisa mengetahui dimana lokasi, bentuk dan juga ukuran mangsanya

Jenis Kelelawar

Kebanyakan kelelawar yang sering dilihat adalah kelelawar yang berwarna hitam. Namun  ternyata ada jenis kelelawar lain dengan warnanya yang putih.

Kelelawar yang bertubuh putih ini biasa hidup sendirian dan sering dikenal dengan kelelawar hantu. Selain itu juga terdapat kelelawar pemancing, yaitu kelelawar yang biasa memakan jenis ikan dan biasanya kelelawar ini menunggui mangsanya diatas permukaan air. Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan dijelaskan mengenai jenis-jenis kelelawar.

  1. Kelelawar pisang

Kelelawar pisang adalah jenis kelelawar yang paling banyak ditemukan di perkebunan pisang dan menjadi kelelawar yang unik karena mempunyai moncong yang panjang dan termasuk kelelawar dengan moncong yang paling panjang jika dibandingkan dengan moncong kelelawar jenis lainnya. Kelelawar jenis pisang ini dapat ditemukan di wilayah bagian barat Meksiko.

  1. Kelelawar Hantu

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kelelawar ini adalah kelelawar dengan warna putih dan mempunyai kebiasaan hidup sendirian, berbeda dengan kebiasaan kelelawar lain yang senang hidup berkelompok. Kelelawar jenis hantu ini bisa ditemukan di Meksiko, Brazil dan juga Karibia di hutan hujan tropis.

  1. Kelelawar Chapin’s

Kelelawar jenis ini adalah kelelawar yang mempunyai bulu-bulu panjang menyerupai rambut, dan khusus untuk kelelawar yang jantan biasa akan mengeluarkan bau aneh yang berguna untuk menarik perhatian si kelelawar betina saat musim kawin. Biasanya kelelawar ini hidup di hutan hujan daerah Afrika bagian tengah.

  1. Kelelawar Bermuka Kerutan

Kelelawar bermuka kerutan adalah jenis kelelawar yang kebiasaannya memakan buah-buahan dan dapat ditemukan daerah Meksiko dan juga Amerika Tengah.

Kelelawar ini dinamai kelelawar bermuka kerutan karena tubuhnya yang agak kelihatan seperti dalam keadaan telanjang dan memiliki keriput dengan lipatan yang tampak besar pada kulitnya.

  1. Kelelawar Berkepala Palu

Kelelawar jenis ini banyak ditemukan di daerah hutan hujan Afrika. Kelelawar berkepala palu ini merupakan salah satu jenis spesies kelelawar yang berukuran besar. Untuk kelelawar yang jantan bentuk kepalanya besar dan aneh, menyerupai bentuk palu.

Hal ini disebabkan karena sebagian besar toraks yang ada dikepala kelelawar ini merupakan sebuah ruang yang fungsinya untuk beresonansi yang dapat menghasilkan suara dengan bunyi yang sangat keras yang berguna untuk menarik perhatian kelelawar jenis betina. Hewan ini biasanya memakan buah-buahan, juga terkadang ada yang memakan hewan jenis lain.

Berdasarkan jenis makanannya, terdapat tiga jenis kelelawar yaitu :

  1. Jenis kelelawar pemakan buah
  2. Jenis kelelawar pemakan serangga
  3. Jenis kelelawar penghisap darah

Ciri Khusus Kelelawar

Semua makhluk hidup mempunyai ciri dan kemampuan yang berbeda – beda yang bermanfaat untuk kelangsungan hidupnya.

Dengan tidak adanya ciri – ciri yang menjadi pembeda suatu makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya maka tidak ada indikator yang bisa menjadikan suatu makhluk tersebut dikatakan unik.

Dengan ciri – ciri yang dimiliki, maka akan memudahkan makhluk tersebut untuk menangkap mangsa, untuk terbang dan lain sebagainya.

Begitu juga dengan kelelawar yang tentunya juga memiliki ciri – ciri khusus, sebagaimana berikut ini akan dijelaskan mengenai ciri khusus dari hewan kelelawar.

  1. Kelelawar mempunyai kemampuan untuk mengeluarkan dan juga menangkap gelombang ultrasonic yang merupakan bunyi dengan frekuensi sangat tinggi lebih dari 20.000 Hertz. Selain kelelawar yang mempunyai kemampuan ini, lumba – lumba dan anjing juga bisa mendengar bunyi dengan frekuensi sangat tinggi atau bunyi ultrasonic. Kemampuan yang menggunakan gelombang bunyi atau sonar yang biasa disebut dengan kemampuan ekolokasi akan membantu kelelawar dalam menangkap mangsanya atau mencari makanan.
  1. Kelelawar termasuk hewan mamalia yaitu hewan menyusui dan hewan yang juga dapat terbang. Kemampuan ini akan memudahkan kelelawar dalam mencari mangsanya.
  1. Kelelawar juga memiliki indra pembau yang tergolong sangat tajam, sehingga dengan fungsi ini maka kelelawar mampu mengenali mangsanya dengan lebih cepat dan mudah.
  1. Kelelawar adalah salah satu jenis hewan yang bisa tidur dalam posisi yang terbalik. Dengan tidur dalam posisi yang terbalik akan lebih memudahkan kelelawar jika ingin mulai terbang.

 Baca Juga : Ciri Ciri Burung Kecial Kombo Jantan dan Betina

Jenis dan Ciri Khusus Hewan Kelelawar | ilmuhewan | 4.5