Jenis  Dan Cara pengobatan Penyakit Pada Ikan nila

By On Saturday, August 5th, 2017 Categories : Penyakit Hewan

Jenis  Dan Cara pengobatan Penyakit Pada Ikan nila – Memang benar bahwa ikan nila dikenal memiliki daya tahan tubuh lebih beiak terhadap serangan penaykit, sehingga jarang sekali ditemukan nila sakit ketika mereka di budidayakan.

Namun bisa juga serangan penyakit menyerang para nila terutama ketika mereka berada pada fase pembenihan, penentasan hingga pendederan, karena pada fase tersebut rentan sekali mereka terserang penyakit.

Pada umumnya penyakit yang menyerang akan menular melalui aliran air, kontak langsung denbgan si ikan atau melalui udara. Biasanya karena kondisi lingkungan yang tidak baik juga dapat memicu munculnya penyakit pada ikan nila.

Penyakit pada ikan nila memiliki 2 tipe, yaitu penyakit infeksi yang dapat menular dan penyakit non – infeksi yang disebabkan oleh kondiisi lingkuangan tempat tinggal yang buruk.

Baca Juga :

Cara ternak dan budidaya ikan nila di kolam beton

Kandungan dan manfaat ikan nila untuk kesehatan

Ciri-ciri Ikan Hias Dengan Nilai Harga Yang Tinggi

Cara dan Langkah pemeliharaan indukan ikan nila dengan benar

Langka dan Cara perawatan larva ( benih) ikan nila setelah penetasan

Berikut adalah beberapa jenis penyakit infeksi yang menyerang ikan nila ;

  1. Trichodina sp merupakan salah satu mikroorganisme yang menjadi parasit para ikan baik tawar maupun laut. Biasanya mereka akan menyerang bagian luar si ikan, yaitu insang, sirip dan kulit yang ditandai dengan munculnya luka. Anda dapat melakukan pencegahan dengan cara menjaga sanitasi kolam dan pemasangan filter pengendapan pada instalasi pengairan kolam. Jika ikan nila sudah terserang, maka anda dapat melakukan perendaman pada ikan yang sakit selama 24 jam menggunakan larutan garam sebanyak 500 – 1000 mg / liter atau larutan formalin sebanyak 25 gr / liter.
  2. Saprolegniasis merupakan penyakit yang disebabkan oleh jamur dan menyerang larva serta benih ikan. Organ luar adalah bagian yang di serang dengan tanda munculnya benang halus putih kecokelatan atau putih. Cara pengobatannya adalah dengan merendam ikan atau telur yang terserang selama 15 menit menggunakan garam 5 gram / liter atau 1 jam menggunakan larutan malachite Green 1 mg / liter atau bisa juga dengan menggunakan larutan formalin selama 1 – 3 jam sebanyak 200 – 300 mg / liter.
  3. Epistylis spp merupakan salah satu penyakit yang menyerang bagian tubuh luar ikan yang ditandai dengan insang ikan berwarna merah kecokelatan, gerakan lambat, sukar bernafas hingga pertumbuhannya terhambat. Cara penularannya adalah ketika ikan yang masih sehat kontak langsung dengan ikan yang sedang sakit. Gan mencegah lakukan padat tebar ikan. Namun untuk pengobatannya anda dapat melakukan perendaman pada ikan yang sakit pada KMnO4 selama 15 – 20 menit dengan takaran 20 mg / liter atau menggunakan formalin dengan takaran 200 mg / liter selama 40 menit.

Penyakit non-infeksi dapat terjadi karena ;

  1. Kualitas air yang tidak baik dapat menjadikan perkembangan ikan nila bahaya atau perkembangan ikan nila akan terganggu. Guna menghindari hal yang tidak diinginkan, maka pastikan saluran keluar masuk air lancar dan gunakan penyaringan jika sirkulasi air untuk beberapa kolam. Dengan begitu dapat menjadikan air kolam berkualitas dan para ikan nila makin tumbuh dengan baik.
  2. Pakan yang diberikan tidak sesuai takaran dapat menjadi sumber penyakit untuk ikan nila. Apalagi pakan yang berlebih dapat mengendap di dasar kolam dan dapat menimbulkan gas berbahaya.
  3. Genetis juga mempengaruhi ikan nila terserang penyakit atau tidak, jika si nila adalah keturunan dari ikan nila yang tidak sehat maka bisa jadi para ikan nila tersebut dapat terserang penyakit yang sama.
  4. Keracunan dapat pula terjadi akibat pemberian pakan yang kedaluwarsa, akibat timbulnya senyawa beracun pada kolam.
  5. Penangan ikan juga bisa menimbulkan penyakit akibat ketidak hati – hatian saat melakukan penebaran benih dan pemindahan ikan. Bisa jadi si kian terluka akibat jaring yang memicu timbulnya penyakit.
Loading...
Jenis  Dan Cara pengobatan Penyakit Pada Ikan nila | ilmuhewan | 4.5