Jenis Antibiotik untuk Ikan Louhan

By On Thursday, May 11th, 2017 Categories : Info Lainnya

Jenis Antibiotik untuk Ikan Louhan – Ikan louhan merupakan salah satu jenis ikan hias yang mempunyai harga cukup mahal, bahkan mencapai ratusan juta rupiah.

Namun, keindahan warna dan keunikan bentuknya membuat ikan hias ini tetap banyak peminatnya. Sayangnya, harga yang mahal tidak menjamin ikan ini tahan terhadap segala penyakit, ikan louhan justru salah satu jenis ikan yang mudah terjangkit penyakit karena perawatan yang salah, tempat yang kotor, maupun pakan yang tidak higenis

Jenis penyakitnya pun beragam mulai dari kembung, white spot, mulut musuk, dan lain sebagainya. Jika tidak segera ditangani maupun mendapat cara penyembuhan yang salah, bukan tidak mungkin ikan louhan kesayangan Anda tersebut akan berakhir dengan mati.

Baca Juga : Cara Mengobati dan Mengatasi Ikan Louhan yang Kembung

Oleh sebab itu, perlu bagi Anda untuk mengatahui obat-obat antibiotik yang dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang menyerang ikan louhan peliharaan Anda.

Jenis Antibiotik untuk Ikan Louhan

  1. Ciprofloxacin

Antibiotik untuk ikan louhan yang pertama adalah Ciprofloxacin. Antibiotik ini sangat tepat digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang menyerang ikan hias, yang disebabkan oleh bakteri.

Adapun dalam konteks ikan louhan, penyakit yang dapat disembuhkan oleh Ciprofloxacin antara lain penyakit kembung dan white spot yang keduanya sama-sama disebabkan karena bakteri yang ada di air.

Untuk dosisnya sendiri, Anda bisa menyesuaikan dengan tingkat keparahan dari penyakit yang menyerang ikan louhan peliharaan Anda.

Penggunaannya pun cukup mudah, yaitu tinggal melarutkan antibiotik ini pada air akuarium atau dengan mengoleskannya pada bagian tubuh ikan yang sakit dengan menggunakan kapas.

  1. Metronidazole

Kedua, antibiotik yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit yang menyerang ikan louhan milik Anda yakni Metronidazole.

Antibiotik ini berfungsi untuk menyembuhkan penyakit-penyakit atau infeksi yang disebabkan karena mikroorganisme maupun jamur.

Hampir semua penyakit yang menyerang ikan louhan dapat disembuhkan dengan antibiotik Metronidazole karena penyakit-penyakit yang menyerang ikan louhan memang banyak yang disebabkan oleh jamur.

Hampir sama dengan Ciprofloxacin, dosis Metronidazole yang benar untuk menyembuhkan penyakit yang menyerang ikan louhan juga dapat disesuaikan dengan tingkat keparahan yang menyerang ikan louhan.

  1. Dropsi

Antibiotik lain yang bisa menyembuhkan penyakit pada ikan louhan yaitu Dropsi. Antibiotik ini dapat digunakan pada ikan louhan ketika ikan tersebut terkena penyakit kembung, berenang yang selalu berputar-putar, atau mengalami pendaharan.

Cara penggunaan obat antibiotik Dropsi juga sangat mudah karena dapat dicampur dengan air tempat ikan secara langsung maupun dengan cara mengoleskannya dengan kapas pada bagian tubuh yang ikan yang terserang penyakit.

Dosis yang digunakan yaitu berkisar antara 2 – 5 gram setiap kali 1000 liter air setiap 3 hari sekali. Namun, jika kondisi penyakit yang menyerang ikan louhan Anda parah, Anda bisa menambahkan dosis tersebut dua kali lipat.

Itulah beberapa jenis obat antibiotik yang dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang menyerang ikan hias, salah satunya ikan louhan.

Antibiotik tersebut juga bisa dengan mudah ditemukan di setiap apotek yang menjual obat-obatan maupun di tempat yang menjual keperluan hewan peliharaan.

Namun, meskipun penyakit yang menyerang ikan louhan dapat disembuhkan dengan antibiotik tersebut, ada baiknya Anda melakukan pencegahan dengan membersihkan akuarium dan air tempat ikan tersebut paling tidak seminggu sekali, dan memastikan makanan yang akan diberikan kepada ikan louhan Anda sudah dalam keadaan yang higenis.

Baca Juga : Cara Mengobati Penyakit White Spot Pada Ikan Louhan

Jenis Antibiotik untuk Ikan Louhan | ilmuhewan | 4.5