Ini Dia Tipe dan Jenis Kandang Kelinci

By On Sunday, February 28th, 2016 Categories : Kandang

Ini Dia Tipe dan Jenis Kandang Kelinci – Kelinci merupakan hewan yang terkenal dengan kelembutan bulunya dan kesan lucu.

Hal itu dijadikan beberapa orang sebagai alasan untuk memlihara kelinci. Namun disamping itu kelinci juga bisa dijadikan sebagai bahan konsumsi untuk manusia.

Daging pada kelinci mengandung kadar protein yang cukup tinggi. Kelinci dijadikan sebagai konsumsi alternatif selain unggas, daging sapi dan juga kambing. Alasan itulah yang digunakan para tpeternak untuk berternak kelinci.

Untitled

Ada banyak hal yang wajib diperhatikan sebelum memutuskan untuk berternak kelinci. Salah satunya adalah memperhatikan kandang yang akan digunakan sebgai tempat tinggal kelinci.

Baca Juga : Asal dan Penjelasan Kelinci Anggora

Ada dua jenis sistem perkandangan yang sering dipakai peternak dalam berternak kelinci. Sistem kandang yang pertama adalah sistem kandang terbuka. Bisanya jenis kandang ini digunakan oleh peternak intensif.

Jenis selanjutnya ialah sistem kandang terbuka yang biasa digunakan oleh peternak kelinci traditional. Berikut penjelasan lebih lanjutnya:

Kandang kelinci sistem terbuka

Kandnag jenis ini biasanya digunakan oleh para peternak traditional. Namun saat ini banyak pula peternak modern yang menggunakan jenis kandang ini sebagai tempat tinggal kelinci ternak mereka.

Kandang kelinci sistem terbuka sangatlah mudah untuk dibuat. Hanya dengan memberi pagar di sekeliling area yang akan dijadikan kandang. Tinggi pagar sekitar 0,1-1 m, yang terpenting adalah kelinci tidak bisa loncat.

Usahakan membuat pondasiyang kuat dengan menggali yang cukup dalam. Hal ini dilakukan untuk menghindari kelinci kabur dari kandang.

Area kandang ini berupa area tanah terbuka. Namun di dalam kandang ini juga disediakan kandang tertutup agar kelinci dapat beristirahat.

Di dalam kandnag tertutup disediakan tempat minum dan pakan. Lanatai pada kandang harus memiliki drainase agar kondisi kandnag tetap kering.

Keunggulan dari sistem ini adalah kelinci dapat berkeliaran secara bebas. Selain itu pemberian pakan juga tidak terlalu intensif karena kelinci dapat mengais oakan sendiri.

Kekurangan dari sistem ini adalah area yang luas dapat mempengaruhi pertumbuhan daging yang tidak optimal dan juga sistem reproduksi tidak bisa diarahkan.

Kandang kelinci sistem tertutup

Jenis kandang kelinci sistem tertutup sangat cocok digunakan untuk berternak atau intensif. Sistem kandnag ini memiliki keuntungan. Diantaranya adalah perkembangan kelinci lebih terkendali, tidak membutuhkan lahan yang luas dan juga dapat berfokus pada pertumbuhan daging.

Dalam menggunakan kandang kelinci sistem tertutup, setidaknya peternak memerlukan dua tipe kandnag. Dua tipe kandang tersebut adalah:

  • Kandang tipe postal

Kandang tipe postal ini memliki fungsi untuk melakukan proses perkawinan dan membesarkan anak kelinci sebelum disapih.

Anak-anak kelinci disapih ketika berusia sekitar 8 minggu. Tipe kandnag ini tidak cocok digunakan untuk pembesaran, dikarenakan kelinci lebih banyak bergerak agar pakan dapat dikonversi menjadi daging. Kandang tipe ini dapat diletakan di luar maupun di dalam ruangan.

Jika di letakan di luar ruangan gunakan triplek sebagai didnding kandang agar dapat menahan angn dan air hujan.

  • Kandang tipe baterai

Kandang jenis in digunakan untuk kelinci pembesaran. Umumnya kandnag ini berukuran sekitar 60x40x40 cm. Ada baiknya disesuaikan dengan jenis kelinci yang akan diternakkan. Kandang yang luas akan membuat kelinci lebih banyak bergerak. Sedangkan kandang yang sempit akan membuat kelinci stres.

Kandang kelinci tipe baterai biasanya dibuat bertingkat sepert rak. Alsa kandnag harus memiliki sekat untuk menampung kotoran dan air kencing kelinci.

Sekat yang baik ialah yang mudah untuk dilepas agar mempermudah dalam membersihkan kotoran. Bahan yang digunakan untuk membuat kandang dengan menggunakan kawat ram. Namun untuk alasnya gunakan triplek agar tidak melukai kelinci.

Baca Juga : Tips dalam Ternak Kelinci Yang Menghasilkan

Loading...
Ini Dia Tipe dan Jenis Kandang Kelinci | ilmuhewan | 4.5