Hewan yang Bisa Mendengar Frequensi Audio, Infra atau Ultrasonik

By On Tuesday, May 23rd, 2017 Categories : Fakta Unik

Hewan yang Bisa Mendengar Frequensi Audio, Infra atau Ultrasonik –Frequensi atau gelombang suara yang didengar oleh hewan bermasam-macam dan tergantung oleh jenis hewannya.

Mulai dari frequensi suara yang bisa didengar oleh manusia hingga yang tidak bisa didengarkan oleh manusia. Berdasarkan besar frequensinya, frequensi dibagi  menjadi 3 yaitu :

  • Infrasonik (1 Hz – 20 Hz)
  • Audiosonik (20 Hz – 20.000 Hz)
  • Ultrasonik ( > 20.000 Hz)

Apakah kalian tidak penasaran hewan apa saja yang bisa mendengar dari jenis-jenis frequensi diatas? Untuk contoh-contoh selengkapnya silahkan simak berikut ini.

1. Kelelawar

Kalian pasti sudah tahu kan kalau kelelawar merupakan salah satu hewan yang aktif di malam hari untuk mencari mangsa atau makanan.

Saaf mereka beraktifitas di malam hari, mereka tidak menggunakan mata mereka melainkan dengan menggunakan frequensi tinggi yakni gelombang ultrasonik. Batas frequensi yang bisa didengar oleh kelelawar adalah 3.000 Hz sampai 120.000 Hz.

Saat kelelawar terbang, kelelawar memancarkan gelombang ultrasonik dan menerima pantulan suara sehingga bisa mendeteksi berapa jauh jarak tubuhnya dengan benda tersebut.

Oleh karena itu, saat terbang mereka tidak akan menabrak benda walaupun dikeadaan gelap. Dan teori ini, saat ini telah dimanfaatkan oleh manusia untuk mengukur jarak benda seperti mengukur kedalaman laut.

2. Kucing

Kucing merupakan binatang yang sering dijadikan peliharaan oleh manusia. Kucing juga menjadi salah satu hewan yang bisa mendengarkan suara diatas batas pendengaran manusia yaitu 100 Hz sampai 60.000 Hz.

3. Ikan Paus

Ikan paus berkomunikasi satu sama lain dengan mengandalkan frequensi infrasonik, selain itu mereka juga menggunakannya untuk menarik perhatian temannya sebagai bentuk peringatan atau untuk mencari makanan.

Salah satu jenis dari paus yang dikenal dengan bunyi kompleks dan dapat didengat oleh paus lain hingga jarakk lebih dari 600 mill adalah paus bungkuk.

Bunyi ini dapat diartikan sebagai sinyal komunikasi selama migrasi kelompok, peringatan dan bagian dari mekanisme pertahanan.

4. Alligator Amerika

Alligator Amerika jantan menggunakan frequensi ultrasonik pada musim kawin untuk menantang duel kekuatan dan status dengan alligator jantan lainnya dengan tujuan untuk menarik perhatian betina.

Hal ini dilakukan dengan menggoyangkan ekornya secara vertical dalam air dan dapat menyebabkan air bergertar secara vertical disepanjang tubuh mereka sehingga menghasilkan gelombang suara.

5. Anjing

Anjing merupakan salah satu jenis hewan yang sangat sensitive baik penciuman maupun pendengaran sehingga sering digunakan untuk menjaga keamanan atau melacak jejak.

Suara yang dapat didengar oleh anjing yakni suara yang mencapai 40.000 Hz.

6. Lumba-lumba

Lumba merupakan hewan yang terkenal dengan hewan yang pintar dang sangat bersahabat dengan manusia dibandingkan binatang air lainnya.

Lumba-lumba dapat mendengar frequensi suara hingga 100.000 Hz dan menggunakan gelombang ultrasonic untuk berkomunikasi dengan lumba-lumba lain.

7. Gajah

Gajah memiliki kemampuan mendeteksi bunyi yang lebih tinggi dari ikan paus antara 14-40 Hz yakni udara dan tana menjadi medium.

Dengan kemampuan pendengaran yang luar biasa, gajah dapat mengeluarkan bunyi infrasonic yang dapat didengar oleh gajah lain hingga radius 10 km.

Bunyi tersebut biasanya digunkan untuk memberitahu akan bahaya, salam, lokasi makanan, kegembiraan, ketakutan dan lainnya.

System komunikasi dengan gelombang inilah yang dapat mengumpulkan gajah walaupun mereka dalam jarak yang jauh satu sama lain. Dan pada musim kawin, mereka menggunakan gelombang ini untuk menemukan lokasi betina.

Demikian penjelasan tentang frequensi yang dapat didengarkan dari hewan, namun selain yang disebutkan yang diatas tadi masih banyak lagi hewan yang dapat mendengar frequensi-frequensi bunyi tersebut antara lain belalang, tikus, burung merpati dan masih banyak lagi.

Loading...
Loading...
Hewan yang Bisa Mendengar Frequensi Audio, Infra atau Ultrasonik | ilmuhewan | 4.5