Hewan Peliharaan Anda tiba-tiba pendiam? Jangan-jangan Exercise Intolerance

By On Sunday, July 23rd, 2017 Categories : Penyakit Hewan

Pengertian Penyakit  Exercise Intolerance dan Cara mengatasinya– Memiliki hewan peliharaan sering kali hanya karena si hewan lucu dan menggemaskan tapi mereka tidak mengerti situasi-situasi tertentu yang terjadi pada hewan peliharaan mereka.

Apakah hewan Anda memiliki gejala yang tba-tiba pendiam, tidak gesit, atau lebih dominan pemurung?,

Bisa jadi ia terkena Exercise Intolerance. Apasih itu?

Exercise Intolerance adalah salah satu gejala penyakit yang terjadi pada hewan bisa kucing atau anjing dan hewan apapun.

Tapi lebih sering menyerang hewan rumahan atau peliharaan seperti anjing dan kucing.

Baca Juga : 

Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Hewan Marmut

Pengertian dan Cara Mengobati Penyakit Zoonosis Pada Hewan Peliharaan

Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Orf Pada Hewan Kambing

5 Penyakit Hewan yang Disebabkan Virus

Jenis-jenis Penyakit Hewan Yang Menular

Dengan gejala sebagai berikut peliharaan Anda lesu tidak bergairah bahkan cenderung lebih kearah pendiam. Segeralah membawa mereka ke Dokter Hewan untuk konsultasi bagaimana keadaan mereka.

Exercise Intolerance selalu menjadi petunjuk utama dan awal adanya ketidak stabilan kesehatannya seperti, adanya alergi, radang pada saluran pencernaan, ddiabetes, dan penyakit lainnya.

Info yang belum diketahui oleh para pemilik adalah penyebabnya Exercise Intolerance pada hewan peliharaannya.

Pada hewan yang usianya dapat dikatakan masih muda, penyakit atau gejala ini dalam skala serius dapat disebabkan karena penyakit infeksi. Seperti FIV, FeLV, Parvovirus, Panleukopenia.

Gejala itu bisa juga dibarengi dengan demam, anemia, malnutrisi, serta pneumonia. Karena adanya persinggahan parasit pada tubuh atau organ tubuh si hewan seperti cacing, protozoa, dan ektoparasit.

Parasit itulah yang menyebabkan Exercise Intolerance terjadi, karena itu dapat menyebabkan anemia.

Nah, lain lagi jika ini terjadi pada hewan yang sudah berumur dewasa. Karena dapat disebabkan oleh kelebihan berat badan, radang tulang, kanker, infeksi, diabetes, dan penyakit jantung.

Rendahnya jumlah sel darahmerah dalam sirkulasi drh (anemia) dapat mengganggu metabolisme pada tubuh hewan. Disebabkan adanya penghambatan saluran oksigen keseluruh organ yang tidak bekerja optimal.

Terhambatnya pengolahan oksigen juga bisa disebabkan oleh penyakit jantung. Sebab itu, hewan yang mengalami anemia dan jantung akan lebih mudah mengalami Exercise Intolerance.

Semua hewan yang mengalami Exercise Intolerance harus segera dibawa ke dokter hewan agar mengetahui tindakan apa yang seharusnya diambil atau dilakukan oleh pemiliknya.

Namun, jika masih di rumah ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan dengan mempraktikan beberapa hal dan tindakan seperti :

  1. Buatlah suasana rumah nyaman dan mengakibatkan hewan menjadi nyaman. Sediakanlah tempat empuk dan lembut agar mereka merasakan kenyaman saat merasa tidak enak kondisi tubuhnya.
  2. Cobalah untuk mengecek temperatur secara berkala jika Anda menemukan kondisi hewan lesu. Nah pada kondisi itulahyang dinamakan masa Inkubasi Virus dan Bakteri. Lakukanlan pengecekan minimal 1-2 jam sekali. Ingatlah selalu temperatur yang normal bagi hewan peliharaan Anda yaitu berkisar antara 37.5 sampai 39.5 Celcius. Jika suhu atau temperatur mereka diatas batas normal segeralah dibawa ke dokter hewan yang Anda percayakan.

Sebelum kita emutuskan untuk memelihara hewan di rumah, maka pastikan kita paham dan mengerti cara mengatasi gejala apapun yang terjadi pada hewan kesayangan kita.

Agar selalu melihat siklus tumbuh kembangnya si hewan, jangan sampai kita lalai dalam memahami mereka sehingga saat mereka terkena penyakit atau alergi akan sesuatu dan ternyata kita tidka tahu tindakan atau solusi apa yang harus dilakukan.

Peringatan ini terutama untuk para pecinta hewan yang hanya melihat lucu dan gemasnya hewan saja tapi tidak memperhatikan apapun yang terjadi pada ewan peliharaannya. sehingga pemilik tidak dapat mengetahui secara mendalam.

Loading...
Loading...
Hewan Peliharaan Anda tiba-tiba pendiam? Jangan-jangan Exercise Intolerance | ilmuhewan | 4.5