Hewan-Hewan Berikut Ini Terkenal Pintar

By On Thursday, March 9th, 2017 Categories : Info Lainnya

Hewan-Hewan Berikut Ini Terkenal Pintar – Binatang diciptakan oleh Yang maha Esa sebagai makhluk yang tidak berakal. Akan tetapi, bukan berarti bodoh.

Dengan segala kemampuan luar biasa yang dimiliki, hewan hewan berikut ini terkenal pintar dan dapat beradaptasi dengan baik pada lingkungannya untuk bertahan hidup dan berkembang biak.

Berikut ini adalah hewan hewan yang terkenal pintar di se-antero bumi:

Portia Labiata (Laba-Laba Pelompat)

Kecerdasan laba laba pelompat sudah teruji dengan sebuah penelitian di mana para peneliti mencoba untuk memberikan ritme yang harus dihafal oleh laba laba. Hasilnya sungguh mengagumkan, laba laba dapat menghafal dan mengingat target tertentu yang diujikan.

Tikus

Sering jadi hewan percobaan tikus ternyata memilki kecerdasan yang baik di antara binatang lain. Tikus juga bisa mengalami rasa sedih, senang dan emosi lainnya. Uniknya lagi, tikus pandai menemukan jalan keluar dari labirin yang sangat rumit.

Burung Gagak

Burung gagak di Palestina yang diamati sejumlah peneliti menunjukkan kecerdasan yang mengagumkan. Mereka membuat peralatan sederhana untuk bertahan hidup.

Misalnya memanfaatkan remah roti untuk memancing ikan dari sungai agar keluar, membuat pisau dari rumput keras untuk memetik buah. Serta menunggu mobil yang lewat di jalan untuk mencuri makanan di atap mobil.

Anjing Border Collie

Anjing terpintar di dunia ini berasal dari Skotlandia. Sering menjadi anjing gembala yang membantu menggembala ternak domba berjumlah ribuan. Anjing jenis ini juga kerap menjadi sahabat tim SAR untuk mencari korban bencana alam yang sulit terdeteksi.

Gurita

Gurita yang terbesar di dunia pernah ditemukan mencapai ukuran 30 meter panjang dan berat hampir lebih dari 250 kg. Kecerdasan gurita bisa dilihat dari ukuran otaknya yang cukup besar. Peneliti menempatkan kepiting di dalam toples, lalu gurita pun bisa membukanya.

Kakatua Abu-Abu Africa

Kakatua adalah burung yang memiliki kecerdasan tinggi. Tapi, jenis kakatua abu abu dari Afrika adalah burung terpintar di dunia.

Bukan hanya pandai meniru suara atau ucapan saja, ia juga bisa menjawab pertanyaan yang dilontarkan dengan baik melalui sejumlah latihan. Daya ingat yang tajam juga mampu menentukan warna, bentuk serta angka dengan sangat baik.

Gajah

Dilihat dari ukuran tubuhnya, ternyata otak gajah juga menjadi otak terbesar dari seluruh hewan darat. Tidak heran jika gajah dikaruniai memori yang sangat tajam untuk mengingat rute jalur migrasi di alam bebas.

Gajah juga bisa mengenali emosi, seperti menangis, tertawa, marah dan sebagainya. Di sejumlah tempat pelatihan gajah liar, bahkan gajah ternyata juga pandai melukis.

Monyet Rhesus

Karena kecerdasan yang tinggi, monyet jenis ini pernah dikirim sebagai astronot dalam misi ke luar angkasa. Monyet rhesus dikenal memiliki unjuk emosi yang baik seperti marah, sedih, senang bahkan mereka bisa bunuh diri saat putus asa.

Lumba-Lumba Hidung Botol

Untuk hewan laut yang cukup cerdas, lumba lumba adalah salah satu yang tidak bisa dipungkiri. Banyak atraksi lumba lumba yang menunjukkan bahwa memori atau daya ingat lumba lumba sangat tajam dalam mengenali warna, bentuk atau angka.

Otak lumba lumba juga dapat melakukan komunikasi dengan cara mengenali suara melengking. Sensor bunyi inilah yang membantu bertahan hidup di lautan luas bahkan mencari koloni yang terpisah. Angkatan laut USA memanfaatkan jasa lumba lumba untuk membersihkan ranjau di laut.

Simpanse

Untuk menguji kecerdasan simpanse. Seorang professor di Jepang bernama Tetsuro Matsuzawa dari Primate Research Institute of Kyoto University.

Membuat sebuah tes memori angka 1-9 yang cepat dan rumit. Para sarjana matematika Jepang dibuat pusing dengan tes ini. Namun, simpanse yang dijadikan bahan percobaan justru menyelesaikan semua tes dengan santai dan mudah.

Loading...
Loading...
Hewan-Hewan Berikut Ini Terkenal Pintar | ilmuhewan | 4.5