Hewan Berikut Ini Memiliki Perlindungan Diri Paling Menakjubkan

By On Friday, October 28th, 2016 Categories : Info Lainnya

Hewan Berikut Ini Memiliki Perlindungan Diri Paling Menakjubkan – Beberapa spesies hewan diciptakan oleh Tuhan dengan tubuh yang lebih besar seperti gajah, badak, singa, harimau, buaya agar dapat menakuti mangsa-mangsa mereka.

Sedangkan beberapa spesies hewan yang lain memiliki bentuk yang unik dan menyeramkan agar dapat menakuti mangsa-mangsa mereka.

Pada kesempatan kali ini, kita tidak akan membahas spesies hewan yang memiliki bentuk tubuh besar atau spesies hewan yang memiliki bentuk unik dan menyeramkan.

Akan tetapi, kita akan membahas tentang spesies hewan yang memiliki perlindungan diri paling menakjubkan. Lalu hewan apa saja yang memiliki perlindungan diri paling menakjubkan?

Berikut beberapa hewan yang memiliki perlindungan diri paling menakjubkan tersebut.

  • Cuttlefish;

pertahanan1

Hewan dengan bentuk tubuh kecil ini, memiliki mekanisme pertahanan diri yang menakjubkan yaitu dengan melakukan penyamaran sesuai warna dan bentuk di lingkungan sekitarnya secara cepat.

Sehingga dengan kemampuan yang dimilikinya, cuttlefish mampu mengecoh dan melarikan diri dari pemangsanya.

  • Motyxia Sequoia;

pertahanan2

Saat siang hari, spesies dari kaki seribu ini memiliki bentuk yang mirip dengan spesies kaki seribu lainnya. Akan tetapi, saat malam hari dan terutama ketika ia merasa terancam.

Motyxia Sequoia akan mengeluarkan cahaya dari dalam tubuhnya yang digunakan sebagai tanda agar pemangsa yang akan memangsanya menjauh.

Namun jika sang pemangsa tidak pergi menjauh dan tetap memangsa Motyxia Sequoia, pemangsa tersebut akan merasakan cairan sianida serta bahan kimia busuk lainnya yang dikeluarkan dari seluruh pori-pori tubuh Motyxia Sequoia.

  • Kadal Bertanduk;

pertahanan3

Selain memiliki duri yang menyelimuti kulitnya, kadal bertanduk juga memiliki pertahanan diri lainnya yang sangat menakjubkan.

Ketika ia merasa terusik oleh kedatangan pemangsa, kadal bertanduk akan menyemprotkan aliran darah dari bawah matanya dan mengakibatkan pemangsanya kaget.

Saat inilah (pemangsanya kaget), ia akan memanfaatkan waktu tersebut untuk melarikan diri sejauh mungkin dari posisi awalnya tadi.

  • Sigung;

pertahanan4

Mendengar namanya saja, tentu kita akan langsung membayangkan bentuk tubuhnya dan bau menyengat yang dikeluarkannya.

Sigung memiliki pertahanan diri yang menakjubkan, sebab ketika ia merasa terancam akan mengeluarkan bau tidak enak dan menyengat.

Bau tersebut berasal dari dua kelenjar yang ada di bawah ekor mereka yang menghasilkan campuran antara bahan kimia dengan sulfur dan menghasilkan bau sangat tidak enak.

  • Burung Nasar Kalkun;

pertahanan5

Hewan ini memiliki bentuk tubuh seperti burung nasar pemakan bangkai dan burung kalkun.

Ketika ia merasa terancam karena adanya pemangsa yang akan memangsanya, burung nasar kalkun akan mengeluarkan seluruh isi di dalam perutnya.

Sehingga, para pemangsa yang akan memangsanya tidak jadi memangsanya karena merasa jijik dan menjauhinya.

  • Hagfish;

pertahanan6

Hewan ini adalah salah satu hewan pra sejarah yang masih bertahan hidup dari seleksi alam, karena hagfish sudah ditemukan sejak 300 juta tahun lalu.

Hewan ini memiliki perlindungan diri yang menakjubkan, sebab ketika terancam tubuh hagfish akan mengeluarkan zat lendir yang kemudian tercampur dengan air laut.

Zat tersebut akan menyebar dan membuat ikan yang akan memangsanya teracuni.

  • Kodok Berambut;

pertahanan6

Hewan ini memiliki rambut pada keempat kakinya, namun rambut tersebut bukanlah rambut yang sesungguhnya. Melainkan, serpihan dari kulit mereka.

Akan tetapi bukan serpihan tersebut yang digunakan kodok berambut sebagai perlindungan diri merekan, akan tetapi yang digunakan sebagai perlindungan diri adalah tulang kaki mereka.

Tulang kaki tersebut akan terpecah dan akan mejadi cakar tajam yang dapat melukain pemangsanya.

Loading...
Loading...
Hewan Berikut Ini Memiliki Perlindungan Diri Paling Menakjubkan | ilmuhewan | 4.5