Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Hewan Berikut Dapat Bertahan Hidup Tanpa Air Selama 5 Tahun

By On Tuesday, March 7th, 2017 Categories : Fakta Unik

Daftar Hewan Yang Bertahan Hidup Tanpa Air – Menurut sebuah penelitian, manusia masih bisa bertahan hidup tanpa makanan selama kurang lebih sebulan hanya dengan meminum air putih saja.

Tetapi, jika manusia tidak bisa minum air selama satu minggu saja, maka bisa berakibat fatal yaitu kematian.

Yap, kekurangan cairan atau dehidrasi adalah sebuah gangguan kesehatan yang memiliki dampak buruk hingga kematian. Maklum saja, dalam tubuh manusia 70% terdiri dari cairan.

Air adalah hal utama agar makhluk hidup bisa melangsungkan kehidupannya.

Namun tahukah kamu, bahwa tidak semua makhluk hidup akan segera mati tanpa menemukan air. Sejumlah hewan luar biasa ini diberikan anugerah berupa kemampuan bertahan hidup tanpa air hingga rata rata lebih dari 5 tahun. Wow… hewan apakah mereka?

Ini dia ulasannya…

Kura – Kura Galapagos

Mekanisme tubuh kura kura raksasa dari Galapagos sungguh unik. Mereka mengatasi kekeringan yang sering melanda di pulau Galapagos dengan memanfaatkan organ vital berupa kandung kemih.

Baca Juga : Hewan Paling Malas di Dunia

Ketika kura kura Galapagos memakan sayuran atau hijauan, mereka akan mengisi kandung kemih dengan air. Air ini akan didaur ulang atau dipakai lagi pada musim kemarau dengan cara melalui pori pori dinding kandung kemih.

Katak Australia Dapat Bertahan Hidup Tanpa Air Selama 5 Tahun

Seolah punya persediaan kantung kantung air di dalam tubuh. Katak Australia mengatasi kekeringan di musim kemarau dengan sangat baik.

Penyimpanan air di dalam tubuh berada pada jaringan tubuh, insang serta kandung kemih. Apabila sudah diisi penuh, maka katak Australia tidak membutuhkan air lagi selama 5 tahun.

Amazing! Jenis katak pohon juga menghemat air dengan cara melapisi tubuh dengan semacam lilin yang membungkus tubuhnya.

Ketika mereka hibernasi di dalam tanah, saat permukaan tanah terdengar diguyur hujan, katak akan kembali ke bentuk normal dan mendapatkan air di atas permukaan tanah.

Tikus Kanguru

Tikur kanguru memanfaatkan air liur untuk cadangan air selama musim kemarau. Caranya dengan menempatkan pada kantong pipi yang lokasinya berbeda dari rongga mulut.

Sementara itu, mereka juga memanfaatkan kembali limbah urin menjadi air yang bisa digunakan di dalam tubuh untuk mengatasi dehidrasi.

Thorny Devil

Hewan yang bernama latin, Moloch Horridus ini mengatasi kekeringan di musim kemarau dengan memanfaatkan bagian permukaan kulitnya.

Thorny Devil dari Australia memiliki kemampuan bertahan tanpa air yang sangat luar biasa. Sekalipun tubuhnya tertutup dengan duri duri tajam. Namun, di antara duri tersebut terdapat pori pori yang memanjang dan isinya adalah air.

Dari tahun ke tahun, isu global warming yang semakin menggema ke seluruh dunia menjadi masalah global yang harus dipecahkan bersama.

Jangan melakukan tindakan bodoh dengan membuang sampah sembarangan atau melakukan pencemaran. Saatnya melakukan penanaman hutan kembali dan lebih banyak berkebun untuk menciptakan lingkungan bumi yang lebih asri dan kondusif.

Tidak menutup kemungkinan jika hewan hewan yang bertahan hidup tanpa air tersebut melakukan semua kemampuan luar biasanya karena ulah manusia yang sering mengganggu keseimbangan alam.

Hutan yang seharusnya menjadi tempat tinggal dan konservasi satwa, malah dijadikan pemukiman dan vila vila yang tidak berhuni.

Jangan sampai anak cucu kita kelak hanya melihat sejumlah hewan hewan yang memiliki kemampuan luar biasa untuk bertahan hidup tanpa air tersebut hanya melalui buku atau internet karena kepunahan. Mari kita jaga bumi kita agar tidak semakin panas dan bisa menjadi tempat nyaman untuk semua orang tinggal.

Baca Juga : Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Lumpuh Pada Bebek

Loading...
Loading...
Hewan Berikut Dapat Bertahan Hidup Tanpa Air Selama 5 Tahun | ilmuhewan | 4.5