Hama, Penyakit dan Cara Mengatasinya Pada Ikan Manfish

By On Tuesday, August 8th, 2017 Categories : Penyakit Hewan, Perikanan

Cara Mengobati Penyakit Ikan Manfish – Ada yang tahu apa itu ikan manfish?

Kalau pernah menonton film animasi bertemakan dunia bawah laut seperti Finding Nemo, atau Sharks Tale, pasti pernah melihat sekilas ikan angelfish.

Ikan manfish atau yang lebih dikenal dengan angelfish atau freshwater angelfish, punya nama latin Pterophyllum scalare. Ikan manfish punya jumbai panjang seperti tali yang tersambung dengan sirip, sirip yang memanjang ke atas, dan sekilas bentuknya seperti segitiga.

Warnanya bermacam-macam, mulai dari hijau abu kuning, hitam keabu-abuan, hitam putih, dan perak. Pada beberapa jenis manfish, jumbai bisa sangat panjang dengan bentuk yang berbeda-beda.

Baca Juga : Jenis dan Daftar Harga Ikan hias Flame Angel

 Ikan ini berasal dari benua Amerika, tepatnya di daerah Peru, Colombia dan Brazil. Lebih tepatnya di sungai Ucayali di Peru dan sungai Amazon di Brazil.

Ikan ini dapat ditemukan di dalam rawa-rawa, atau daerah genangan air dengan tumbuhan dangkal, dengan air yang bersih. Ukurannya bisa mencapai 20 cm.

Manfish termasuk ikan omnivora, bisa memakan ganggang maupun udang-udangan kecil. Sulit untuk membedakan manfish jantan dan betina, namun manfish jantan punya bentuk tubuh yang lebih ramping/pipih.

Biasanya manfish jantan ukurannya lebih kecil. Ikan manfish yang bisa dipelihara adalah ikan manfish yang berumur 7 bulan. Untuk jenis-jenisnya pun bermacam-macam, mulai dari silver, zebra, black lace, veiltail, marble, dan pearl scale.

Untuk pemeliharaan, ikan manfish bisa memakan cacing atau jentik nyamuk.  Ketika bertelur, ikan manfish bisa mengeluarkan 500 sampai 1,000 butir telur. Ikan manfish termasuk ikan yang ramah, dan cocok untuk dipelihara dengan ikan manfish sejenis lainnya.

Namun, itu terjadi ketika usia manfish masih muda. Beranjak dewasa, ikan manfish menjadi lebih agresif dan menjaga teritorialnya. Penyakit apa saja yang bisa menyerang manfish?

  1. LCK, yaitu sejienis parasit yang muncul, dan manfish sangat rentan terkena penyakit ini. Hal ini disebabkan oleh air yang tidak bersih, kondisi akuarium yang terlalu padat, dan pola makan yang tidak sehat.
  2. Gastric cryptosporidiosis, yang disebabkan disebabkan oleh kondisi air yang kurang bersih.
  3. Berbagai jenis cacing bisa menjadi hama bagi ikan manfish, seperti cacing jarum dan cacing insang.
  4. Berbagai jenis ikan hias yang agresif, juga bisa menjadi hama bagi ikan manfish. Contohnya adalah ikan parrot, lohan, arwana dan piranha.
  5. Luka borok pada ikan, karena ikan manfish stress dan menabrakan diri ke bagian akuarium yang keras. Bisa juga karena serangan kutu.
  6. Sisik menggembung, karena bakteri akibat kondisi air yang kurang baik.
  7. Kondisi bagian tubuh ikan yang membusuk, atau timbul bercak-cercak.
  8. Mata yang berkabut, biasanya disebabkan oleh virus.

Bagaimana cara mengatasi penyakit pada ikan manfish?

  1. Kondisi air harus benar-benar bersih. Jangan sampai muncul cacing dan kutu. Karena itu, air yang dipakai untuk memelihara manfish harus sering diganti, sesuai kebutuhan, terutama jika kondisi makhluk hidup di dalam akuarium cukup padat.
  2. Jangan memelihara terlalu banyak jenis ikan di dalam akuarium dengan ikan manfish. Jika terlalu banyak ikan yang dipelihara, kondisi air akan cepat keruh, dan manfish mudah terkena penyakit.
  3. Jika ada tanda-tanda ikan manfish atau ikan lain yang terkena penyakit, segera pisahkan dari akuarium, karena akan mengganggu dan menular ke ikan-ikan lainnya.
  4. Bila ikan terkena penyakit, bisa menggunakan jenis obat untuk ikan seperti Gesund, untuk melawan virus dan bakteri.

Demikian artikel tentang hama, penyakit dan cara mengatasi penyakit pada ikan manfish.

Baca Juga : Ciri dan karakteristik Ikan hias Coral Beauty

Loading...
Hama, Penyakit dan Cara Mengatasinya Pada Ikan Manfish | ilmuhewan | 4.5